Cooking Diary: Putu Mayang

Ketika ortu berencana datang ke Swedia musim panas tahun lalu untuk ketemu cucu-cucunya, gue langsung sibuk mikirin barang-barang yang pingin dititip bawain. Yah, secara kesempatan untuk pulkam jarang, kesempatan kayak gini haruslah dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Kali ini gue minta tolong nyokap untuk bawain beberapa cetakan kue-kue tradisional Indonesia yang hampir ga mungkin ditemuin di Swedia atau negara sekitar. Dan betapa bahagianya gue ketika nyokap niatin untuk bawa cetakan Putu Mayang di dalam kopernya.

The thing is, Putu Mayang itu adalah salah satu jajanan pasar favorit gue dan udah bertahun-tahun gue penasaran pingin bisa bikin Putu Mayang sendiri. Daripada manyun tiap kali kepengenan kan, mending belajar cara buatnya deh.

Karena itulah, dengan tersedianya cetakan Putu Mayang yang udah dibawain nyokap plus pas juga nyokap yang bantuin bikin, hari ini gue akhirnya menjajal juga bikin Putu Mayang untuk pertama kalinya.

Hasilnya…

KURANG ENAK KAKAK!! ahahahahaha..

Resep yang gue pakai pada percobaan perdana ini adalah resep yang gue temukan di salah satu buku masak yang dibawain nyokap dari Indonesia. Bahan-bahan yang dipakai super simple banget walaupun cara membuatnya ga sesimpel bahannya. Tapi setelah dicetak dan dikukus kok ya teksturnya ga selembut Putu Mayang yang gue coba di Indonesia. Rasanya pun seperti ada yang kurang. Entalah apa.

Untuk saos gula merahnya, yah 11/12 lah sama Putu Mayangnya. Gagal juga. Rasanya maniiiis banget dan tingkat kemanisannya itu bahkan udah melewati standar nyokap yang suka banget sama gula. Ga cuma kemanisan, tapi saosnya pun berasa agak aneh karena kebodohan gue. Ceritanya pingin kreatif dan inovatif, gue mengganti ketidakadaan daun pandan dengan daun jeruk. Udah bisa ditebak, bukannya makin enak, malah jadi agak amburadul. Nyahaha..

Tapi tentunya, percobaan ini tidak akan menjadi yang pertama dan yang terakhir. Seperti biasa, kalo gagal begini bukannya bikin gue kapok tapi malah bikin makin penasaran. Semoga sih suami dan anak ga keburu bosen gue jejelin Putu Mayang terus.  :devil:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

20 thoughts on “Cooking Diary: Putu Mayang

  1. qonita

    huahahaa…kreatif be ganti daun pandan pake daun jeruk..
    tp tampak enak..bagi dung kakak

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha ? kalo sok tau ya jadinya gitu deh Nit. Sini yuk siniii ??

      Reply

  2. denaldd

    Padahal penampakannya bener2 menggiurkan lho Be. Pengen jilatin layar Hp hahaha. Btw, putu mayang ini petulo kah? Aku ngertinya kalau bentuknya kayak gini di kotaku namanya petulo daaann aku doyaaan banget. Ga ada yg jual di Den Haag *kayaknya ya

    Reply

    1. Bébé

      Iya bener sama. Rasanya enak yaa kalo bener bikinnya ?? Yang ini masih ajaib.
      Kayaknya karena butuh cetakan khusus yaa, jadi jarang ada yg bikin.

      Reply

  3. Ajheris

    Bentuknya uda cakep kok be. Kok perasaan rasanya enak juga. Tp namanya masak pasti ga selamanya mulus sesuai keinginan ya. Semangat terus

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. rasa masih bisa dimakan lah mba. tapi belum seenak kalau di jual di pasar2 gitu.. Beneeeer.. apalagi kalo baru nyoba resep2 baru. Kadang belom dapet feelnya.. cieleeeeh hahahaha

      Reply

  4. Melissa Octoviani

    padahal penampakannya uda menggiurkan ya be…

    Reply

    1. Bébé

      penampakan udah cukup mengundang lah ya Mel.. Hihihi

      Reply

  5. dixiezetha

    Penampakannya padahal bikin ngiler banget Mbaak. Semoga percobaan berikutnya lebih sukses yaa 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Thank you.. iya nih, kemarin baru nyari2 resep baru lagi yang kayaknya lebih bnayak dipake orang.. LOL

      Reply

  6. monda

    cetakannya seperti apa sih Be..?
    itu penampilannya udah cakep banget lho

    aku juga doyan putumayang ha.. ha.., tapi suka kecewa belinya nggak bener2 pas sama selera
    sekarang banyakan rasanya tawar deh dan berasa tepung

    Reply

    1. Bébé

      Nanti coba aku posting fotonya di komen ini.. lupa foto terus kemarin.. huhuhu
      Iya ya mba? mungkin saking banyaknya saingan, jadi ngejar harga murah tapi sejadinya gitu kali yaaa..

      Reply

  7. dewi Nielsen

    Semangat!! coba lagi 😉 Aku juga gitu, buat pempek pertama kali rasanya ntah gimana-gimana 😀 ha ha ha..tapi ya namanya kt merantau ya..susah kalau udah kepengen makan makanan tanah air..:D

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih.. hihihi.. iya, kalo lagi kangen akhirnya coba2 aja deh buat sendiri. soal rasa, yaaaaah.. hasil keringet sendiri mah akhirnya dimakan aja deh.. huahahaha

      Reply

  8. leonyhalim

    Yang di indo tuh kayaknya lebih agak mengkilap dan bening ya Be? Apa mungkin dikasih tepung hunkue ya? Entahlah hahaha. Gue belum pernah bikin juga, biasa tinggal makan.

    Reply

    1. Bébé

      kalo gue liat dari resep ncc sih pake santan Le. itu kayaknya bedanya.. huhuhu

      Reply

  9. Woro

    Kenapa jauh banget Be daun Pandan daun Jeruk ahahaha kek sambel dong 😆 tapi kan foto nya ciamik be, rasa yaudalah ya ahahaha

    Reply

    1. Bébé

      ahjhahahhaha itulah saking kepinterannya Wor.. jadinya malah ngawur.. Nah.. yg penting foto kece kaaan.. lol

      Reply

  10. zilko

    Hahaha, kurang enak ya Be. Tapi penampakannya kayaknya lumayan kok! Hahaha 😆

    Reply

  11. sarah

    Wah potonya mengundang selera . Ga nyangka kalo ternyata… Salam kenal mbak

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P