Cooking Diary: Roti Unyil Sosis Keju

Ketika berhasil membuat roti cokelat untuk pertama kalinya beberapa minggu yang lalu, di akhir post gue berjanji kepada diri sendiri untuk nyoba resep roti yang isinya ga manis. Selain biar tau perbedaan cara buatnya, gue juga udah kangen banget pingin makan roti isi sosis atau keju gitu. Soalnya di Swedia tuh ga ada deh model-model roti isi sosis yang empuk, embes-embes macam di Indonesia. Rotinya kalo ga model roti tawar, ya croissant gitu lah. Manis-manis semuaaah. Kan aku bocaaaaan!! Karena udah penasaran banget, supaya ga terus-terus kepikiran, akhirnya semalam gue nyoba nyari resep roti isi sosis. Sempat ketemu beberapa resep tapi yang nyantol banget di hati itu resep Roti Unyil Sosis Keju-nya Tintin Rayner yang dipost di cookpad. Berhubung gue suka banget resep Chiffon Cokelat-nya si Tintin ini, jadi agak yakin lah kalau rasa rotinya bakalan OK juga.

Resep udah ketemu, sekarang tinggal urusan eksekusinya saja. Karena si Bubu musti ngantor walaupun hari Minggu, jadi dari pagi harinya gue udah nyiapin mental. Why? Supaya ga gampang spaneng kalau tiba-tiba si kakak rewel, ngajakin berantem. Setelahnya ya berusaha ngikutin isi resep sebaik-baiknya. Mungkin karena ini bukanlah percobaan bikin roti yang pertama kali, ketika ngikutin resep yang tertera, gue udah ga ngerasa lost lagi. Lebih pede gitu lah. Udah mulai ngeh, perubahan adonannya gimana, harus apa selanjutnya, etc etc.

Eniho, saat bikin roti unyil ini, walaupun bahannya beda banget, tapi dari cara pembuatan nyaris mirip dengan cara bikin roti cokelat sebelumnya. Bedanya hanya kali ini hasil adonannya jauuuuh lebih soft, fluffy. Beneran deh lembuuuuut banget. Waktu ngembangnya pun jauh lebih cepat dibanding roti cokelat. Mungkin karena jumlah ragi yang dipake juga bedanya 2x lipat kali ya, plus pake kuning telur juga. Oh iya, karena pas sebelum dipanggang adonan rotinya dikasih oregano di bagian atas, begitu matang tuh seruangan langsung wangiiiii banget. Haaaaah.. enyak enyak enyak..

Bahan-bahan roti unyil. Ragi instantnya udah gue campur ke tepung dan dibiarin sekitar 10 menitan sebelum dicampur bahan-bahan yang lain. Lupa nyiapin sosis dan keju ??

bentuk adonan sebelum dicampur mentega dan garam

Setelah ditambah mentega & garam lalu dimixer selama ± 30 menitan dengan kecepatan paling rendah

Sebelum proses proofing pertama, selama 1 jam

dan voila, langsung mengembang 2x lipatnya

Dipisah-pisah menjadi adonan kecil-kecil sekitar 25 gram/piece. Jadinya… buanyaaaaaaaaak ?

Di isi potongan sosis ayam+keju lembaran

Penampakan sebelum diproof lagi selama 1 jam

Oles-oles kuning telur dan tabur biji wijen & oregano

Makin ngembang lagi ketika dipanggang

Dan akhirnya jadi deeeeeeeeh… 

Roti Unyil Sosis Keju

Seratnya lembuuuuuuuuuut banget dan kejunya meleleh pas digigit.. oooh nyam nyam nyam

Resep Roti Unyil Sosis Keju

Bahan 1

  • 350 gram Tepung Protein Tinggi
  • 150 gram Tepung Serba Guna
  • 125 gram Gula pasir
  • 3 butir kuning telur
  • 1 butir putih telur
  • 75 ml susu cair
  • 150 ml air dingin banget
  • 10 gram ragi instant
  • 16 gram susu bubuk

Bahan 2:

  • 5 gram garam halus
  • 100 gram unsalted butter, suhu ruang

Bahan isian:

  • 40 potong sosis, masing-masing ukuran panjangnya 6-7 cm
  • 40 potong keju dengan ukuran sama (misal pakai cheddar)

Topping:

  • Biji wijen, Oregano kering
  • 1 butir Kuning telur

Cara Pembuatan

  1. Campur bahan 1, kecuali air dingin. Mixer perlahan sambil dituang air sedikit demi sedikit. Begitu adonan sudah kalis (lepas dari pinggir wadah), ga perlu tuang air lagi (tadi gue pakai kira-kira 100ml).
  2. Masukkan bahan 2, mixer terus  sampai adonan tercampur rata dan elastis (pakai standing mixer, speed 2 sekitar 20menitan).
  3. Tuang ke wadah yang sudah dioles mentega. Tutup dengan plastic wrap atau kain basah. Biarkan mengembang sampai menjadi 2x lipat ukuran awal (sekitar 1 jam)
  4. Ketika sudah mengembang, kempiskan adonan (kalo gue ditinju gitu deh.. hahaha), bagi menjadi adonan-adonan kecil dengan berat masing-masing sekitar ± 25 gram (kalau mau yang ukuran kecil, baginya menjadi 15-20 gram/piece, tapi jadinya buanyaaaaaaaaaaaaaaak banget). Biarkan adonan istirahat selama 15 menit.
  5. Siapkan bahan isian. Ambil satu adonan dan diroll memanjang. Letakkan bahan isian di ujung adonan dan gulung sampai habis.
  6. Letakkan adonan jadi di loyang yang sudah diolesi mentega, biarkan mengembang sampai ukurannya 2x lipat (sekitar 1 jam).
  7. Panaskan oven ke suhu 190°C.
  8. Olesi adonan yang sudah siap dipanggang dengan kuning telur, taburi oregano dan biji wijen.
  9. Panggang selama 10 menit di bagian tengah oven, panas api atas bawah.
  10. Biarkan dingin di cooling rack. Hidangkan hangat lebih enyaaaaak.

Porsi: ± 38 potong roti (iya, banyak yaaaah)

* * * *

Seperti yang udah gue tulis di atas, resep roti ini hasilnya lembut banget. Seratnya ga bikin seret di leher dan overall tastenya enyak. Kalau di resep asli ukuran per potong rotinya jauh lebih kecil dari yang gue buat (15-20 gram), tapi jumlahnya pun jadi lebih banyak. Aku tak sanggup lah ngegulung etc etc kebanyakan. Pegel mak! Untuk isinya, karena gue pakai keju lembaran yang dijual di sini (modelnya beda dibanding keju cheddar lembaran yang dijual di Indonesia), saran gue sih mending pakai keju cheddar blok yang dipotong memanjang 1 cm x 6 cm gitu. Biar lebih mirip roti unyil aslinya.

So.. roti unyil udah tercoret dari daftar, next time ngejajal resep apa lagi yaaaaaaah… ??

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

14 thoughts on “Cooking Diary: Roti Unyil Sosis Keju

  1. shintadaniel

    Weeedeeew kalau dijual disini, yg di Bogor kalah niii… hihihihi….

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. bisa aja qaqa ?

      Reply

  2. Ata

    Wooooa Kak Bebeee cakep amat roti unyilnya, mau nyobain tapi kayanya aku gedein dikit lagi (lah, ga jadi roti unyil lagi dong, Ta?), abisnya kebayang ngegulung rotinya PR banget ya :’))))

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iya seukuran yg aku bikin ini juga udah ngabisin sekitar 45menitan. Ga kebayang kalo yg ukuran asli di resepnya.. horror ??

      Reply

  3. Arman

    Abis ini bisa buka toko roti unyil di swedia… 🙂

    Reply

  4. denaldd

    Duh Be, langsung ngiler. Kalo tetanggaan, mending pesen ke kamu aja haha. Aku angkat tangan kalo bikin roti.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. ini juga baru nyoba2 bikin roti Den.. penasaran dan bosen cake terus. ?

      Reply

  5. Pypy

    Setujuu.. Buka toko roti unyil deh Be, pasti orang sana juga bosen sama croissant2 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. aamiin.. doain ya Py.. 😀

      Reply

  6. niee

    iihhh mbak be hebat banget ngebaking ?

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha makasih Niee.. orangnya suka penasaran sih ?

      Reply

  7. Adek E's First Birthday Party - BebenyaBubu

    […] dan Selasa dihabiskan untuk membuat goodie bags Lidah Kucing, Rabu istirahat, dan Kamis gue bikin Roti Unyil isi Sosis Keju untuk cemilan anak-anak. Jumat siang gue pakai untuk ngungkep ayam bumbu kalasan + goreng kerupuk, […]

    Reply

  8. Cooking Diary: Easy Pizza Rolls Recipe - BebenyaBubu

    […] sukses membuat roti unyil isi sosis dan keju, gue kembali penasaran pingin mencoba resep roti isian lainnya. Kebetulan banget Ira — sang […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *