Cooking Diary: Easy Pizza Rolls Recipe

Pizza Roll

Setelah sukses membuat roti unyil isi sosis dan keju, gue kembali penasaran pingin mencoba resep roti isian lainnya. Kebetulan banget Ira — sang junjunganku dalam soal nyoba resep-resep, beberapa bulan yang lalu ngepost di akun Instagramnya sebuah resep baru, yaitu Pizza Rolls. Pertama kali lihat bentuknya gue langsung jatuh cinta. Roti yang digulung dengan isi selayaknya pizza biasa. Sounds and looks so yummmmy…  :like_food:

Pas banget saat itu gue masih punya bahan-bahan yang dibutuhkan. Jadi ga pakai lama, resepnya langsung gue coba. Walau memang ga plek ketiplek sih. Contoh perbedaannya seperti, kalau Ira menggunakan bread maker untuk membuat adonan rotinya, gue menggunakan stand mixer biasa. Resep isiannya pun gue ga sama persis seperti yang Ira tulis. Cuma itulah enaknya resep ini, cara pembuatannya ga persis 100%, hasilnya tetep ok buanget.

Seperti biasa, resepnya gue tulis di blog sebagai catatan gue pribadi (karena sekarang cuma kesimpan sebagai screenshot di hp aja.. takut ilang). Kalau di blog jauh lebih enak liatnya dan gue bisa sekalian ngebawel juga di sini.. hehehe

Mirip banget kayak pizza yaaaaa

Dan kemudian digulung deh

Pizza Rolls

Potong rata menjadi 9 pieces

Resep Pizza Rolls

Pertama kita harus buat adonan “pizza dough”nya dulu. Untuk resep roti ini, gue juga nyontek dari IG-nya Ira yang ternyata hasil copas juga dari resep punya mba @elizasetiawan. LOL. Eniho, setelah gue lihat ternyata bahan-bahannya mirip resep roti unyil yang biasa gue buat. Fiuuh untunglaaaah. Setidaknya gue ga lost banget untuk cara pembuatan rotinya. Karena seperti yang tadi udah gue bilang, gue ga ngikutin caranya Ira yang menggunakan Bread Maker.

Bahan-bahan Roti:

  • 250 gram tepung protein tinggi
  • 120 ml air/susu (gue pakai susu)
  • 1 butir telur
  • 42 gram mentega (gue pakai unsalted butter)
  • 1 sdt ragi instant
  • 3 sdt gula
  • 4 sdm susu bubuk
  • ½ sdt garam

Bahan-bahan Isian:

  • Saos spaghetti botolan (kalau gue lebih memilih saosnya diolah lagi sampai benar-benar rasanya sesuai selera)
  • Sosis, iris kecil-kecil
  • Bawang bombay, iris kecil-kecil (kemarin gue ga ada bombay jadi diskip)
  • Keju Cheddar, parut
  • Keju Mozzarella, parut

Cara Pembuatan:

  1. Campur tepung, telur, ragi, gula dan susu  bubuk di mangkuk mixer. Menggunakan attachment untuk roti, aduk sebentar sambil menuang susu.
  2. Ketika adonan sudah mulai mengental dan agak lepas dari sisi mangkuk, masukkan garam dan mentega. Mixer lagi selama 30 menitan dengan kecepatan rendah sampai adonan kalis dan elastis.
  3. Tutup mangkuk dengan plastik atau lap, biarkan adonan mengembang sampai 2x lipatnya. Sekitar 1-2 jam, tergantung kondisi dapur.
  4. Setelah mengembang, kempiskan adonan roti dan letakkan di meja. Giling melebar dan bentuk segi empat.
  5. Panaskan oven ke suhu 180°C
  6. Olesi adonan roti dengan saos spaghetti.
  7. Taburi irisan bawang dan sosis. Tutup dengan parutan keju-kejunya.
  8. Gulung adonan roti dan potong menjadi 9 bagian sama besar.
  9. Tata di loyang yang sudah diolesi minyak atau dialasi baking paper. Gue menggunakan loyang segi empat.
  10. Oles bagian atas roti dengan saos spaghetti dan tabur sedikit keju mozzarella.
  11. Diamkan adonan selama 15-30 menit (tergantung kondisi ruangan) sampai mengembang memenuhi loyang.
  12. Panggang selama 25-30 menit hingga mulai kuning kecoklatan.
  13. Sajikan saat hangat.

* * * * *

tekstur rotinya… 

Verdict

Yang gue suka dari resep Pizza Rolls ini adalah betapa fleksibelnya bahan-bahan yang digunakan untuk isian. Dari jenis saos, sosis, keju, mau pakai bawang atau ga, semua terserah kita sang pembuat roti. Gue pribadi lebih suka kalau saosnya udah gue bumbui dulu dan ga langsung dari botolan. Menurut gue, saos ini adalah salah satu elemen paling penting yang bikin keseluruhan rasanya OK atau memble.

Keju yang gue gunakan kemarin juga seadanya yaitu keju untuk gratang dan pizza. Jadi ga harus niruin 100% supaya hasilnya OK. Adonan rotinya juga lembut dan cocok dipadukan dengan isiannya yang agak basah.

Hasilnya pun juga banyak dan porsinya besaaaaar. Biasanya kalau bikin, gue selalu bisa nyimpen beberapa di freezer untuk dimakan nanti. Manasinnya juga gampang, cukup dimicrowave aja selama 2-3 menit.

Suami, seperti biasa, udah pasti suka-suka aja. Yang gue sangat lega adalah kenyataan kalau anak-anak juga habis ludes makannya. Secara mereka ribet banget kalau udah urusan makanan. Pusing pala barbie mikirinnya.

Ada yang suka bikin Pizza Roll juga? ada input buat bahan saosnya?

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

12 thoughts on “Cooking Diary: Easy Pizza Rolls Recipe

  1. Thea

    kepengen coba buat juga jadinya kak Be~ looks yummyyyy

    Reply

    1. Bébé

      Hayu dicoba jugaaaa.. :yes:

      Reply

  2. Rere

    Wooow looks so yummy😋😋 mau coba aj kapan2..

    Reply

    1. Bébé

      Iya Re.. buat cemilan bocah2 pasti suka deh.. 😉

      Reply

  3. dian_ryan

    duh enak banget itu pizzanya, ngilerrr baca postngan ini dikala lapar melanda

    Reply

  4. Maya

    duh jadi makin pengen punya oven hahahahah

    Reply

    1. Bébé

      ayo langsung direalisasikan May :dance:

      Reply

      1. Maya

        Bahahaha tempatnya gak adaaaa 😆

        Reply

  5. nengsyera

    input soal saos ya? coba pake saus rasa rendang dg toping daging giling atau sambel roa abis itu pake toping tuna. eh tp nak anak ga bs makan ya? hehehe
    aq suka bikin pizza di rumah soalnya suami suka ngemil. sampe stok keju mozarella skilo di kulkas hahaha. yg nyebelin dr keju mozarella marutnya susah banget, huhu scara aq belinya bentuk blok bukan parutan.

    Reply

    1. Bébé

      Hiks sayangnya suami ga suka yang pedes… tapi boleh juga kapan2 dicoba.. :like_food: :like_food: makasih masukannya :thumbsup:

      Reply

  6. niee

    mbaakk. aku jadi laper 😆

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P