Life Lately

November hampir habis, jadi musti nyempetin ngepost supaya bulannya ga bolong lagi πŸ˜…

So.. my life lately…

Masih dipenuhi tugas-tugas dan latihan dari sekolah. Ga ada yang baru hiks.. 😭

Setelah “lulus” ujian topik study sebelumnya (HTML & CSS) di awal Oktober lalu, kelas kami pun maju ke topik berikutnya, yaitu JavaScript (JS). Ga seperti HTML & CSS yang gue merasa lebih nyaman dan PD, untuk JS gue stress dari awal. Karena gue merasa ga mudeng blas sama konsepnya. kata ini datang dari mana, fungsinya apa, trus kok lanjut ke situ. bla bla bla..

AKU MUMETH!!!

Tapi ternyata, setelah sebulan berlalu, gue mulai menangkap konsep-konsep dasar dari bahasa (pemograman) baru ini. Walaupun di sana sini tetap ada episode nangis dan menatap kosong layar komputer karena ga ngerti blas musti ngapain, tapi sejauh ini gue sudah berhasil membuat beberapa “program” kecil-kecilan yang cukup gue banggakan. Bangga, just because mereka berjalan sesuai yang gue rencanakan πŸ˜…πŸ˜‚. Yang penting ga dapet error merah di console mah gue udah seneng banget lah πŸ˜†.

Dari beberapa program tersebut, ada dua yang sudah bisa gue share karena kebetulan udah gue upload ke portfolio gue.


Program pertama: Game Tic-Tac- Toe

Game ini gue buat sebagai salah satu tugas obligatoris yang harus gue kumpulkan kalau ingin mendapat nilai yang cukup untuk lulus mata pelajaran JS yang gue kerjakan sekarang. Intinya sih ya gue diminta untuk membuat game tic-tac-toe menggunakan JS. Tugasnya sih cukup sampai gamenya bisa dimainkan dua orang dan kalau bisa juga melawan AI (alias komputer).

Karena gue kadang-kadang suka agak ambisius ya, game yang gue buat ga hanya bisa dimainkan dua orang, tapi juga bisa melawan komputer (yang masih bloon banget, ga ada logiknya kalo make a move πŸ€£πŸ™ˆ). Ga hanya itu, game ini juga bisa dimainkan di mobile devices. Jadilah begitu gamenya nyaris selesai, gue minta kakak Jo sebagai tester pertama. And like i said, berhubung komputernya masih bloon, jadi si kakak selalu menang tiap game, dan rekornya sampai saat ini Joberhasil menang 15 poin lawan 0 πŸ€£πŸ˜‚πŸ€£. Bagusnya sih anaknya jadi ga pundung pas main karena selalu merasa menang.. hahaha.

Hasilnya…

Designnya simple aja karena keburu stress coding supaya bisa berfungsi

Kalau ada yang penasaran pingin main juga, bisa langsung menuju ke link ini atau klik gambar di atas yaaa..


Program kedua: Quiz Game

Kalau game sebelumnya adalah tugas wajib yang harus gue kerjakan untuk mendapat nilai, game kali ini hanya sekedar tugas latihan aja supaya menambah tantangan dalam belajar JS di sekolah. Kan ngikutin pepatahnya om Tony Stark, “Sometimes you got to run before you can walk!”.

So basically, that’s what I did. Begitu ada latihan membuat game trivia, gue pun langsung kerja membabi buta. Ga cuma sekedar programnya bisa jalan, tapi harus keliatan agak kece juga. Padahal ya pas baca bahan pelajaran di sekolah saat itu gue cuma bisa komentar “THIS IS MADNESS!!” sambil ngeliatin monitor dengan muka panik. Tapi yaah.. melangkah dengan prinsip “HADAPI !!”, abis itu tetep aja dikerjain juga latihannya.. hahaha…

Hasilnya… ya begini deh…

yup bisa dinikmati di hp juga loooh

So, di game quiz ini, player bisa memilih 1 dari 4 kategori yang tersedia dan tingkat kesulitan pertanyaan yang diberikan. Setelahnya akan ada 10 pertanyaan dan di akhir game akan terlihat berapa banyak pertanyaan yang terjawab dengan benar. Dan karena gue jahat, jawaban yang benar ga akan gue kasih liat yang mana. So if you don’t know from the start, then you’ll never know which one is it.. MUHAHAHAHAHAHA!!! :evil-laugh:

List pertanyaannya sendiri bukan gue yang bikin dan gue connect ke public server yang memang menyediakan berbagai macam pertanyaan untuk trivia. Jadi kadang suka random banget aja pertanyaannya. Sampai sekarang pun, kalau gue ga cheating dengan ngecek jawabannya pas main game ini, pasti ga pernah dapet poin sempurna. Bahahaha.

Penasaran pingin main? Bisa banget di coba di link ini atau klik gambar di atas.


So yeah.. that’s pretty much how my life looked like for the past few weeks. Masih berusaha juggling antara ngerjain tugas (yang kadang bikin stuck di depan komputer berjam-jam sampe lupa makan, masak, mandi πŸ˜…πŸ€£), ngurusin bocah (yang lagi sering sakit karena perubahan cuaca), and just enjoying life outside school (dengan nontonin K-drama cencunyaaah).

It looks somewhat boring, but I still enjoy it so far… Karena nanti saat gue dapet kerja (positive dong ya pasti langsung dapet kerja abis ini.. Aamiiin πŸ’ͺ🏻), kondisinya pun pasti 11/12 dengan sekarang. Malah mungkin lebih hectic karena sekarang gue masih punya waktu untuk self-study di rumah, jadi masih berasa ada “libur”nya lah, ga perlu ke sekolah tiap hari.


Untuk yang iseng mencoba salah satu atau mungkin kedua program yang gue buat di atas, boleh dong masukan-masukannya supaya gamenya lebih seru/lebih gampang digunakan lagi. Tack sΓ₯ mycket! Arigatou! Kamsahamnida!

More about BΓ©bΓ©

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

4 thoughts on “Life Lately

  1. ExParisienne

    Waah keren lho Be…dulu belajar JS nggak sampai bikin game bhkan udah lupa knp jd bljr JS 🀣

    Reply

  2. leonyhalim

    Be, kok betah sih programming. Gue dulu pindah major krn ga betah temen sekelasnya banyakan cowo2 geeky and I spent lots of time inside the lab. Tp emang kalo coding jalan itu, dunia terasa indaaahhh banget.

    Reply

  3. Krisna

    Inspiring ya kehidupan belajar dan keseharian, berkeluarga di sweden.
    Lg mikir2 jadi expat jg, but simply do not know how. Any suggest Mbak?
    -salam kenal + salut

    Reply

  4. Mia

    aku abis main game yg quiz, seru juga XD
    sementara itu aku baca html aja pusing semangat kak be!!!!

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge πŸ˜‰

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.