Cooking Diary: Bihun Goreng

Melihat bihun kering tergeletak tak berdaya di dapur setelah kemarin nyoba bikin ketoprak, bumil kepikiran untuk dibuat bihun goreng aja. Apalagi rasanya udah laaaamaaaaa banget dari sejak terakhir kali nyoba bikin bihun goreng di rumah. Ngubek-ngubek website dan ketemu satu resep yang kayaknya kok cucok karena bahannya punya semua di rumah. Ga pake lama langsung deh dibuat dan Alhamdulillah… hasilnya memuaskan bangeeeet. Mirip abis kayak bihun goreng yang biasa dijual...

Cooking Diary: Ketoprak

Halo semuaaaaa… Bumil bikin ketoprak lagi dong…. Sebelumnya, masih inget kan ketoprak buatan bumil waktu lagi ngidam-ngidam dulu? kalo lupa, bisa diliat bentuk rupawannya di post yang ini yaaah. Nah beberapa hari terakhir ini, gara-gara liat foto di IG-nya Nisa, bumil pun kepikiran untuk bikin ketoprak lagi deh. Tapi belajar dari dari kesalahan-kesalahan masa lalu, percobaan kali ini pun lebih ambisius dan pake niat banget lah. Resep yang bumil akan...

Cooking Diary: Ayam Kriwil

Beberapa hari yang lalu di sebuah post aku nulis kalau gara-gara badai salju akhirnya ga jadi beli ayam KFC di Copenhagen. Di post berikutnya, mba Tintin ternyata berbaik hati ngebagi resep Ayam Goreng Kriwilnya sebagai alternatif pengganti ayam KFC. Mumpung emang lagi keabisan ide mau masak lauk apa buat makan malem plus kebetulan lagi ada potongan ayam yang nganggur di freezer, akhirnya kemarin aku coba juga deh resepnya. Bahan-bahannya sebagai...

Cooking Diary: Es Cendol

Waktu kemarin jalan-jalan ke Amsterdam, kami nyempetin mampir ke salah satu restoran Indo yang cukup tenar dikalangan orang-orang Indo, yaitu “Si Joe“. Di sana aku mesen ketoprak dan es cendol yang lumayan enyak, apalagi udah 2 tahunan ga ngerasain lagi makanan Indo kayak gitu jadi tambah endus aja rasanya di lidah. Berhubung di Amsterdam lebih gampang cari bumbu Indonesia dibanding di Swedia, pas udah hari terakhir di sana kami pergi...

Cooking Diary: Semur Bola-bola Daging

Semenjak keluargaku tinggal di Swedia, yang tadinya megang peranan sebagai tukang masak sehari-hari itu kan aku, kali ini tanpa ba bi bu tugasnya langsung diambil alih sama mamaku. Aku sempet berontak juga sih, abisan kan itu teritoriku yang paling absolut. Masa sekarang diacak-acak.. huaaaaa.. Tapi setelah beberapa hari, akhirnya aku nyerah juga. Ternyata lebih enak cuma ngeliatin aja beliau sibuk sendiri masak dan aku tinggal duduk manis nungguin makanannya jadi....