The London Trip: All About The London Pass

Menggunakan fasilitas kartu city pass ketika mengunjungi sebuah kota untuk pertama kalinya sudah menjadi salah satu kebiasaan kami berdua sejak nikah. Pertama kali kami berkenalan dengan tipe kartu seperti ini adalah saat liburan perdana kami ke Berlin tahun 2011 lalu. Waktu itu kami merasa WelcomeCard Berlin & Tiket Museum Island yang kami beli sangat-sangat worth the money banget dan semenjak itu setiap kali liburan kami pasti nyari info tentang kartu yang sama. Sejauh ini sih selain WelcomeCard Berlin, kami sudah pernah menggunakan kartu GO dari kota Gothenborg dan Stockholm Card di wilayah Swedia dan Paris Museum Pass untuk wilayan Eropa.

Karena itulah, begitu rencana liburan ke London kemarin sudah fix, kami berdua langsung cari info tentang London Pass. Apalagi gaya liburan kami yang emang sukanya mengunjungi objek wisata mainstream cocok banget dengan tujuan kartu ini, yaitu memberi diskon sebanyak mungkin ketika menikmati tempat-tempat turis di kota London.

Harga London Pass sebenernya sih ga bisa dibilang murah juga. Bisa dipilih berdasarkan jumlah hari, price rangenya dimulai dari £59 untuk 1 hari, hingga £159 untuk 10 hari. Selain itu masih ada pilihan kartu yang berlaku 2, 3 dan 6 hari. Mihil yaaaks? Tapi yaaaa.. harga tiket masuk ke berbagai tempat turis di London emang mahal-mahal bookk, jadi ga mungkin juga London Passnya tiba-tiba jauh lebih murah.

Well eniho, kami sendiri akhirnya memutuskan untuk membeli London Pass setelah sibuk itang-itung kira-kira total pengeluaran jika menggunakan atau tanpa passnya. Kami memesan 2 buah kartu yang berlaku 3 hari plus sekalian kartu Oyster TravelCard untuk berkeliling di kota London menggunakan tube dan bus. Harga yang kami bayarkan adalah £113.50/orang sudah termasuk diskon 15% yang ditawarkan oleh website London Pass dan kartu Oyster TravelCard dengan nominal £25 (bisa diisi ulang di stasiun jika kurang). Ketika akan membeli tiket di website resmi London Pass, gue diberikan 2 pilihan. Mengambilnya di London atau dikirim langsung ke Swedia. Berhubung malas kalau harus jalan ke tengah kota dulu untuk mengambil kartu, kami pun memilih yang dikirim aja ke Swedia. Biayanya nambah lagi sekitar £7.95. But atleast begitu sampai London, kami sudah langsung bisa menggunakan kedua kartu tersebut.

london pass

Paket kartu London Pass £88.50 + Oyster TravelCard dengan isi £25 = total harga £113.50/orang. Kita akan dapet juga sebuah booklet berisi info lengkap tentang kegunaan kartu ini  + fasilitas diskon-diskon yang ditawarkan.

Awalnya, rencana kami adalah langsung menggunakan London Pass begitu kami tiba di London. Tapi sayang karena alasan ini itu, rencana kami harus diubah dan akhirnya kami baru bisa menggunakan kartunya pada hari ke-2 kami di sana. Selama 3 hari tersebut kami berusaha semaksimal mungkin menggunakan kartu untuk membayar tiket masuk beberapa tempat tujuan wisata di wilayah London.

Rincian kami menggunakan London Pass adalah sebagai berikut ini:

————————————————————————————————— +

Total : £97.25 – Harga beli kartu London Passnya £88.50 = irit £8.75/orang

Sayang, karena harus ganti hari, cuaca yang ga mengijinkan dan sempet salah ambil rute bus, kami gagal mengunjungi Westminster Abbey (£20.00/adult price), Shakespeare’s Globe Theatre (£15.00/adult price) dan ikut Thames River Boat Cruise (£18.00/adult price). Kalau saja semua berjalan sesuai rencana, kami bisa menambah total pengiritan hampir £61.75/orang selama 3 hari kami di sana.

So… the big fat question… is the London Pass actually worth the money?

Menurut kami berdua, kartu London Pass ini cukup worth to buy jika memang gaya liburan kita suka mengunjungi objek wisata terkenal dan berbayar (banyak juga tempat wisata di London yang gratis). Tentu aja sebelum membeli kartu ini, kita udah harus punya plan tempat-tempat mana aja yang akan didatangi dan harga tiket masuk tiap tempat tersebut. Selain itu harus rela pula seharian penuh menclok sana sini supaya semua terasa lebih optimal. Tapi berdasarkan pengalaman kami kemarin, walaupun gagal banget dalam memaksimalkan kartu london pass (we pretty much only used this card for 2 days dan membuang 1 hari penuh.. hiks hiks  :sigh:   :tears:  ), kami tetap “balik modal” dan ngirit sekitar £8.75/orang. Lumayan kan buat beli KFC atau lipstik baru gituuuuh.. hahahaha

Tips dalam menggunakan London Pass:

  • Usahakan beli kartu pass via website mereka dan ga langsung di tempat. Sering banget mereka memberi “diskon” 10-20% tergantung lama hari yang kita pilih.
  • Supaya tambah lebih murah, pilih opsi mengambil kartunya di London.
  • Atur tempat tujuan berdasarkan lokasi. Seperti contohnya kalau mau mengunjungi Tower of London, bisa sekalian juga lirik-lirik ke London Tower & Shakespeare’s Globe Theatre yang masih dalam daerah yang sama. Atau kalau ke Westminster Abbey bisa sekalian ikut Thames River Boat Cruise yang letaknya berdekatan sehingga penggunaan kartu bisa full maksimal.
  • Selain bisa dipakai sebagai tiket masuk ke beberapa tempat wisata, kartu ini juga memberikan fasilitas diskon di beberapa tempat. Salah satu contohnya bisa ditukar di meja informasi mall Westfield untuk mendapat kartu VIP yang memberikan diskon di beberapa merchat tertentu atau diskon di M&M’s World. Lumayan lah..

Semoga info tentang London Pass ini bisa membantu yang berniat jalan-jalan ala turis di London  :mrenges:   :mrenges:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

26 thoughts on “The London Trip: All About The London Pass

  1. cerita4musim

    Gw suka koleksi tiket masuk gitu ya Be kl traveling tp kalau pake entrance pass kek gini jadinya ga dapet tiket lagi deh 🙁
    tp emang sih city pass ini guna banget, apalagi kl kota nya mahal !

    Reply

    1. Bébé

      aaaah iyaa.. biasanya langsung scan dari kartu ya Feb. Iyaaa.. kalo emang niatnya puter2 tempat wisata berbayar di kota mahal kayak London, berasa banget iritnya.

      Reply

  2. Arman

    Worth the money kalo dipake ya be… Hehehe.

    Reply

    1. Bébé

      ahahaha bener Man. Harus bisa ngira2 kepake optimalnya berapa hari dll biar ga kebuang2 kayak gue kemarin.. hiks hiks hiks

      Reply

  3. Yulia

    klo gw rasa saat bawa anak, pass beginian kurang bisa maksimal ya be meski tetep menghemat.
    dulu pernah pake london pass mo pake buat nonton bioskop klo ga salah (masih bisa ga sih) tapi ga kejadian karena ga keburu haha.

    Reply

    1. Bébé

      masih bisa sekarang buat diskonan nonton bioskop.. 😀
      iyaaa.. harus yang siap menclok sana sini yang bisa manfaatin kartunya full. dan harus fleksible juga bisa atur2 waktu sesuai kondisi & cuaca

      Reply

  4. yance

    wahh kapannn yaaa akuh ke Londonn…hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Aamin mbaaa… aku juga mupeng pingin ke Jepang.. 😀

      Reply

  5. zilko

    Iya Beee, biaya tiket masuk tempat-tempat wisata di London memang mahal bener ya. Dulu sebelum naik, tiket masuk Tower of London £20 kan. Dan berhubung aku nggak terima buat bayar segitu, ya udah akhirnya foto-foto dari luar ajah, ahahahah… . Westminster Abbey juga gitu, mau masuk nggak jadi soalnya tiketnya mahal banget!

    Reply

    1. Bébé

      Emang Ko.. Makanya kalo emang penasaran pingin liat dalemnya tempat2 kayak gitu, aku bilang si london pass lumayan banget sih. Asal ngatur waktunya fleksible dan kuat jalan banyak seharian.

      Reply

  6. De

    kalo untuk alat transportasi ada kartu pass nya juga kah, be?

    macam JRpass nya Jepang, yang cuma bisa dibeli di luar Jepang dengan nunjukin visa di passport (jadi emang khusus utk wisatawan)

    Reply

    1. Bébé

      Setauku untuk turis mereka nawarinnya si oyster visitor card ini mba. Tapi belinya bisa langsung di london juga. ga harus dari luar UK.

      Reply

  7. Pypy

    Kalo masih ada iritnya berarti worth the money ya Be 😀

    Reply

    1. Bébé

      Bangeeeeet.. Hahaha setidaknya udah balik modal + some more ?

      Reply

  8. Sally Christiani

    Hello mba.. Saya baca London trip nya seru banget yahh.. Saya rencana ke London 6 hari. Kl saya beli London pass nya yg unk 6 hari, sistem nya gimana ya ? Kita tinggal tunjukin aja pass nya di tempat wisata yg kita mau tuju dan udah ga perlu bayar lagi selama 6 hari yah ? thanks

    Reply

    1. Bébé

      Yup.. bener banget. Tinggal kasih liat aja ke petugas yang ngecek tiket di pintu masuk. Ga perlu antri2 lagi.Btw, kalau 6 hari di sana menurutku belum tentu perlu pass yang 6 hari juga loh. Kecuali emang tiap hari pasti ada lokasi wisata yang memang mau dituju. Kalau ga, sayang banget soalnya.

      Reply

  9. shintadaniel

    pas banget kok menclok di postingan ini… rencana minggu depan mau ke London, masih ragu2 mau beli london pass apa enggak secara cuacanya menjelang winter.. belinya online pas udah sampe sana aja kayaknya, liat kondisi cuaca dulu…

    Reply

    1. Bébé

      Aaaa.. ikuuut ke London ??
      Iya mending gt. Kl udh beli duluan, mau ga mau harus dipake soalnya. Kl ga berasa sayangnya. ?

      Reply

      1. shintadaniel

        oooh iya Be, london pass kalau nggak dipake kan bisa refund yaa… 30 days money back guarantee, tapi aku belum baca terms and conditionnya sih…. huh masih galau

        Reply

      2. shintadaniel

        Be ternyata london pass ga bisa utk london eye ya? Hiks, ngarep..

        Reply

        1. Bébé

          Ga masuk.. ? aku juga ngarep bisa kmrn ahaha..

          Reply

          1. shintadaniel

            Be, makasiih banyak yaaa, akhirnya bisa landed safely and enjoy the journey berkat baca review London passnya yg informatif dan jalan2 ke Londonnya di blog ini…..

            Reply

  10. Dalla Lani

    Mba mau tanya.. kemarin beli pass 3 hari, 1 harinya dipake ke hop on hop off kan. Berarti besoknya kemana-mana pake oyster card ya? melalui apa ya kalo boleh tau. bus kah atau kereta bawah tanah gitu?

    Reply

    1. Bébé

      Iya, sehari bisa pake bus hop on/off. Tapi kalau pakai bus, mending difokusin satu line karena ternyata London itu maceeeeeet. Jadi menurutku harus punya oyster card juga pas jalan2 pakai bus hop on/off. Oyster card bisa dipake di bus sama kereta bawah tanah kok. Paling cepet kemana2 naik kereta, cuma kadang harus byk jalan ganti line di stasiunnya. ?

      Reply

  11. Indry

    Bisa minta web nya ngga ya? Thank u

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P