Genap Seminggu

Ga berasa, udah genap seminggu aja sejak kepulangan kedua orang tua gue balik ke Indonesia. Setelah tinggal bareng selama kurang lebih 7 bulan, begitu mereka pulang, langsung berasa bokk betapa sepinya rumah ini. Biasa ada yang sibuk kedumbrangan di dapur siang-siang iseng bikin cemilan atau hanya sekedar nyanyi-nyanyi bareng bocil supaya anteng. Sekarang.. sepi..

7 bulan.. lumayan lama juga yaaah.. hahaha

Emang untuk kunjungan ortu kemarin ini sengaja banget kami apply visa khusus yang memperbolehkan ortu tinggal di Swedia sampai max 1 tahun. Abis dulu kan mereka cuma sempet ngeliat Jo secara langsung sampai umur 2 bulan dan pas ketemu lagi anaknya udah 1,5 tahun. Masa-masa Jo mulai  bisa ini itu hanya diliat via video chat. Makanya pas adek E mau lahiran, gue tawarin ortu untuk tinggal lebih lama. Biar lebih puas main bareng cucunya. Maklum, cucu-cucunya baru ada di sini semua.

Eniho…

Ga seperti sebelum-sebelumnya gue seperti patah hati ketika ortu musti balik ke Indonesia, kali ini walau terasa berat tapi gue ga sampai ngedrop mellow yang banget-banget. Mewek sih teteup. Cuma ga separah dulu-dulu lah. Mungkin karena ketika hari H mereka pulang, suami tiba-tiba sakit jadi ga bisa nganter ke bandara, so semua harus gue yang handle sendiri (dengan bantuan tetangga orang Indonesia & ibu mertua). Jadi kesempatan untuk nangis pun baru ada di sela-sela bengong sendiri di rumah aja.

Ga cuma terkesima dengan kondisi gue sendiri, gue pun kaget akan mudahnya Jo beradaptasi dengan kondisi yang ada. Gue dan Bubu awalnya ngira Jo bakalan riweh lah di beberapa hari pertama semenjak kepulangan ortu gue, saking nempelnya mereka bertiga selama berbulan-bulan. Tapi dari begitu kami pulang dari bandara, dia kayak udah ngerti kalau Uti & Tatung udah ga di Swedia lagi. Ga sekali pun dia nanya “mamma, Uti mana?” atau teriak panggil Tatungnya seperti yang dia sering lakukan. Sempet sekali di pagi hari pertama setelah ortu gue pulang, dia berantem sama Bubu waktu sarapan dan mulai berteriak-teriak seperti biasa. Saat itu keluar kata “Tatuuuung!!”, kelakuan yang emang jadi senjatanya si Jo kalo berantem sama bapaknya pasti larinya ke tatung. Tapi begitu dia denger kata itu, kayak langsung ngeh “oh iya, tatung udah ga di rumah lagi” langsung dia ganti fokus dan lanjut berantem lagi sama papanya. Begitu mau ngobrol sama Utinya pun dia minta gue nelpon nyokap via video call tanpa diajarin.

I was amazed!

Dan tentunya bersyukur banget transisinya berlangsung tanpa drama.

So now, saatnya kembali ke dunia nyata. Mulai kompak-kompakan lagi sama suami dalam nyusun sistem operasi di rumah supaya semuanya beres, walau hanya berdua saja. Alhamdulillah, sejauh ini apa yang kami rencanakan masih berjalan dengan lancar. Si kakak, seiring umurnya yang makin besar juga lebih gampang dikasih tau. Yah well, tetep sih kadang masih suka ngajak berantem ibunya. Setidaknya bisa sedikit dilepas lah karena adeknya mulai masuk masa-masa cuma mau ngedemplong sama induknya terus.

Yah pada akhirnya memang harus dijalani apa adanya toh.. dihadapi sajalah dengan senyum ☺️☺️?.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

32 thoughts on “Genap Seminggu

  1. Sibubu

    Ahh jo hebaaatt …. kadang gitu ya be, anak kecil itu selalu bikin takjub, sehat sehat selalu semuaaa hug

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. aku underestimate si kakak banget. Ternyata dia lebih ngerti dr yang aku duga.

      Aamiin.. masama.. sehat2 semua yaaa

      Reply

  2. Arman

    Wuiii asik banget ortu lu disana 7 bulan… Tp pasti sedih banget ya dan berasa sepi pas udh pulang….

    Reply

    1. Bébé

      Iya Man. Seneng bgt Swedia ada visa khusus gt, jadi bisa dimanfaatkan sama ortu. Tp ya pas pulang.. langsung deh mellow ??

      Reply

  3. gillsunshine

    Lama yaaaa uti sama tatung. Aku juga sempet mikir kalo baca blog atau liat ig yang fotoin kan tatung, lama benerrr .. anyway, semangat lagi ya mamake!!!! hug hug

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha kok ga pulang2? ??

      Yesss!! Makasih semangatnyaaa ☺️☺️

      Reply

  4. monda

    7 bulan udah terbiasa rumah rame, pastilah terasa bedanya ditinggal ya…
    semoga bisa handle 2 balita sendirian ya Be..

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. semoga ??. Bisa ga bisa, harus bisa ya mba ??

      Reply

  5. Lia Harahap

    Dari dulu sampe sekarang belom pernah tinggal terpisah sama orang tua. Jadinya suka kepengen tinggal sendiri biar mandiri.

    Tapi nanti kalo udah terpisah pasti ngerasa hal yang sama deh. Hehehehe. Apalagi aku gampang mellow anaknya.

    Untungnya Jo bisa adaptasi yaa 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iya.. ntar berasa deh kalo udh tinggal sendiri. Tapi semoga pindahnya ga jauh2 ya, jd kalo kangen maSih gampang main ke rumah ortu ☺️☺️

      Ho’oh.. bangga banget sama si kakak.

      Reply

  6. Ajheris

    Lama juga ya be 7 bulan. Klo aku uda pasti deh mewek terus. Apalagi suasana mendukung di desa sepi. Tapi baguslah semua ama terkendali dan jo juga bisa ngerti ya.

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba sengaja lama. Biar berasa main sama cucu2nya. Ho’oh bersyukur bgt aku si kakak ternyata ga rewel. Udah takut bgt dia bAkalan bingung ?

      Reply

  7. Melissa Octoviani

    lama banget be sampe 7 bulan… tapi menyenangkan ya karena ada bala bantuan…

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. untung bgt di sini bisa minta visa lama gt buat ortu. Jadi dipuas2in deh ??

      Reply

  8. yance

    wihh 7 bulan….2 bulan lagi melahirkan loh be…( kidding ya ). ihh lama juga yaa ortumu disana, pastinya kangen berat tuhh sama cucu2nya kalo udah balik Indo mah. Secara lagi lucu2nya juga….

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iyaa. Kalo hamil lagi udh bentaran brojolan ??

      Banget2 kangennya. Untung skrg ada video call yaa

      Reply

  9. pinkuonna

    Semangat Bebe dan Bubu 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Maaciiih ☺️☺️

      Reply

  10. shintadaniel

    aduuuh kasian Jo kangen yaa sama Uti & Tatung, tambah pinter jadi kakak ya Jo….

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. Makasih tante ☺️☺️

      Reply

  11. niee

    Beneran pasti terasa ya mbak ada dan gak ada ortu di rumah. Apalagi udah lama sampe 7 bulan gitu. Tetep semangat tinggal berempat ?

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. dari rame bgt jadi agak sepi ?. Makasih Niee.. harus dijalani aja yaaa

      Reply

  12. dixiezetha

    Waah enak banget sampe 7 bulan gitu. Emang kalo ortu pulang berasa bgt sedihnya ya Mbak, jadi kerasa kosong dan ga enak gitu. Semangat Mbak Bebeee 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya pas dapet visanya lama, jadi sekalian deh☺️. Makasiiih ☺️

      Reply

  13. Tina Latief

    Pasti kerasa banget mba kekosongannya, biasanya rame. Semangat Mba Be.. next time semoga ngumpul bareng lagi

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih ☺️☺️

      Reply

  14. qonita

    kakak Jo pinter banget xD

    Reply

  15. tissa

    be sampe sekarang gw masih ga kebayang loh gimana kalo mesti tinggal beda negara bahkan benua sama ortu. Padahal semenjak tinggal sendiri pun gw lebih ngerasa comfort di rumah gw dibanding rumah ortu. mungkin kalo beneran jauh di mata baru brasa nya kali ya..semoga keluarga dan ortu selalu diberikan kesehatan dan rejeki biar bisa sering berkunjung ya,be..either lo yang mudik ato ortu yang ke swedia

    Reply

  16. tiwie

    Semangat mommy Jo, adjust lagi sama papaBu. Tapi kyaknya kakak udah mulai bisa dijadiin partner yaa ? kalo dirumah.

    Kalo kangen uti tatung bisa vidcall gampang. Kalo pen di fotoin #tatungisdebest gimanah? ?

    Reply

  17. Si mpok

    Halo Bebe Bubu, salam kenal. Saya Lia, tinggal di dk. Seneng baca blog nya sama foto2 cantiknya. Oh iya, kalau boleh tau utk undang ortu sampai 7bln itu nama visa nya apa ya? Kebetulan lg pengen undang ortu juga. Mungkin aja di dk ada tipe visa yg mirip sama di swedia.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P