[Need Help] User Tester for My Prototype

Salah satu kursus yang gue ambil sekarang adalah UX/UI design. Kursus ini kurang lebih mengajarkan bagaimana caranya membuat sebuah item menjadi user friendly. Dari tombol-tombol di kompor atau mesin cuci, sampai desain aplikasi dan website yang digunakan secara online.

Salah satu point penting dari tugas-tugas yang gue kerjakan adalah bagaimana pengalaman para usernya dalam menggunakan desain yang gue buat. Apakah sudah intuitiv, enak diliat, dan lain sebagainya.

Di post ini, gue ingin meminta tolong kalian untuk membantu gue menjadi test user prototype aplikasi banking yang gue buat.

Jadi, salah satu tugas gue adalah gue minta untuk membuat sebuah mobil application untuk sebuah bank fiktif yang bernama Sverigebanken. Aplikasi ini harus berfungsi seperti layaknya aplikasi perbankan yang ada di pasaran. Jadi bisa digunakan untuk mengecek saldo, transfer, mengaktifkan kartu, dsb. Tentu aja, karena ini baru prototype dan penilaian lebih ke arah “user experience”, aplikasinya tidak berfungsi secara sempurna. Para test user hanya bisa menekan tombol-tombol tertentu yang sudah gue aktifkan untuk menunjukkan flow yang gue inginkan.

Seperti layaknya proses pembuatan aplikasi di dunia nyata, gue butuh banyak masukan dari para test user. Sebenarnya untuk tugas ini gue hanya butuh 3 orang yang bisa gue tunjukkan prototypenya secara langsung (alias dari dunia nyata), tapi gue penasaran juga apakah aplikasi gue ini sebenarnya sudah cukup memiliki nilai User Experience yang tinggi atau belum.

Karena itulah, jika kalian sedang ada waktu luang, bolehkah mencoba prototype gue di link di bawah dan kemudian mengisi survey yang gue sudah siapkan. Pertanyaan di survey menggunakan bahasa Swedia dan Bahasa Inggris, semoga cukup membantu saat melakukan penilaian. Aplikasinya sendiri sayangnya hanya menggunakan bahasa Swedia, tapi akan gue jelaskan di bawah setiap fungsinya.

The prototype

PS: Aplikasi ini didesain untuk digunakan di tablet atau ipad. Karena itu akan lebih mudah digunakan di komputer atau tablet. 😊 Tentu masih bisa dibuka juga di HP, tapi harus dalam kondisi posisi HP diputar menjadi landscape.

Tombol yang bisa digunakan:

  • Login Meny (Login Menu) – Byt inloggningssätt (Ganti cara masuk)
  • Meny (Menu) – Kort Erbjudande (Penawaran Kartu Kredit/Debit), Hantera Meny (Setting Menu (hanya tombol pertama yang aktif), “More” (3 dots icon) (Tombol “More” dengan bentuk 3 titik), Konto 1 (Nama rekening “Konto 1”), Savings (Nama rekening “Savings”)
  • Konto (Rekening) –  Konto 1, Savings
  • Betala Överföringar (Pembayaran/Transfer) – Ny Överföringar (Transfer baru – seluruh langkah bisa dilakukan dengan menekan tombol Forsätt)
  • Betala Överföringar(Pembayaran/Transfer) – Ny Betalning (Pembayaran baru – seluruh langkah bisa dilakukan dengan menekan tombol Forsätt)
  • Kort (Kartu Kredit/Debit) – Aktivera kort (Aktifkan kartu), Internetköp (Belanja Online ON/OFF), Spärra kort (Matikan kartu), Läs Mer (Baca selengkapnya),(Pilihan pertama di list kartu), Kamera erbjudanden
  • Logga Ut (Keluar dari App)

The survey form

Untuk waktu dan jawabannya, saya ucapkan Terima Kasih.. 🙏

— oo —

Update 17 Juni 2018: Terima kasih semua atas bantuannya mengisi form survey. Bantu banget untuk memperbaiki tampilan prototype sebelum dikumpulkan ke guru kursusnya. Alhamdulillah, nilai akhir kursus kemarin dapet A.. thihihi..  :thumbsup:

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

14 thoughts on “[Need Help] User Tester for My Prototype

  1. Dwi

    Bagus appsnya 👍👍 terus kebetulan komposisi warnanya mirip banget sama OL-banking gw, jadi kaya’ beneran 😊

    Kasih masukan dikit ya. Pas di bagian Betala/Överföringar, kl submenu udah dipilih, submenu yang lain langsung di grayout. Seandainya salah klik nih, mau klik Ny Överföringar tp kepencet Stående överföringar (skr sih belom bisa diklik), musti klik Menu Betala/Överföringar lagi. Apa nggak mendingan dibiarin aktif aja ya submenunya?

    Overall suka sama appsnya, have fun kursus dan mengutak-utik apps ya.

    Reply

    1. Bébé

      Pas satu submenu udah dipilih, yang lain berubah warna sih. Tapi nanti coba linknya diganti masih aktif semua. Thank you masukannya. 🙏

      Reply

  2. Marina

    Salam kenal dari silent reader-nya, kak Bebe 🙂

    Menurut saya, overall desainnya udah ok. Pemilihan warnanya pas buat tema banking dan enak dilihat.
    Secara komposisi, site-nya kelihatan simple dan gampang buat di-navigate. Buat fitur2nya juga, logo2nya gampang dimengerti maksudnya buat apa.
    Cuma ada satu bagian dari desain kak Bebe yang saya rasa kurang sreg, lambang US Dollar di piggybank logonya
    Secara ini kan bank Swedia, saya rasa lebih cocok kalo lambangnya Kronor Swedia aja
    Sekian masukan dari saya 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Haloo.. salam kenal juga.. 😊
      Makasih masukkannya.. udah sempat ngisi surveynya juga ga? Kalau ada waktu, aku minto tolong isiin yah. 😉

      Untuk logo, aku ga bisa ganti soalnya itu dikasih sama gurunya. Ceritanya itu logo dari klientnya si Sverigebanken memang begitu bentuknya. 😊

      Reply

      1. Marina

        Sama-sama 🙂
        udah, kak…sebelum posting comment-nya

        Oow…I see

        Reply

  3. Justisia Nita

    aku klik prototype-nya tapi katanya linknya udah gak valid, gims dong?

    Reply

    1. Bébé

      Aku barusan coba (dan minta tolong temen di Indonesia untuk buka linknya juga) kok masih bisa ya? ☹️ Jadi bingung 🤔

      Reply

      1. Justisia Nita

        hhhhm… apa karena sinyalku yang gak oke ya?

        Reply

        1. Bébé

          Waaah.. yang ini masuk folder spam 😅

          Reply

      2. Justisia Nita

        Syudah bisaaa dan syudah isi surveynyaaaa

        Reply

        1. Bébé

          yeaaaaaay… 💃🏻 Terima Kasih sudah meluangkan waktunya 🙏

          Reply

  4. Lorraine

    Hai Be, Barusan aku lihat app prototypenya, bagus 👍🏽. Ini app untuk mobile device ya tujuan akhirnya bukan design untuk PC kan? Kalau untuk mobile device aku rasa ngga perlu ada cursor. Misalnya tetap mau dipakai, usul mungkin lebih terang lagi warnanya, opacitynya dikurangi. Kalau ini webdesign untuk PC, aku ngga lihat breadcrumb. Untuk log in & log out prosesnya cepet, loading idem. Aku ngga bisa bahasa Swedia, ada ngga fungsi password forgotten? Dan apakah nantinya ada menu untuk setting & about me dengan data user?

    Reply

    1. Bébé

      Wah, komennya masuk spam folder. Baru keliatan sekarang mbak.. 😅
      Appnya didesain buat tablet mbak. Jadi kalau dibuka di ipad atau tablet lainnya, ga ada kursornya, bisa langsung dipencet aja layaknya app biasa. tapi kalau dibuka di PC, harus pakai kursor sebagai pengganti jempol.. hehehe..

      Untuk login, ah iya, aku belum liat2 lagi setting kalau lupa password. Untuk data user, karena ini app khusus bank, jadi datanya cuma data rekening dan transaksi aja mbak. Belum kepikiran sih bikin about me/user data itu. Tapi makasih masukannya. Jadi kepikiran yang sebelumnya ga keinget sama sekali. 🙏

      Reply

      1. Lorraine

        Sukses ya Be sekolahnya. Aku mau tes prototype begini, suka juga sih. Apalagi untuk lihat user friendly, tampilan layout & functionality.

        Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.