“Nonton” K-Drama via Recaps

Bagi gue, untuk menikmati K-drama secara khusuk itu butuh komitmen yang cukup besar. Sudahlah harus konsen supaya ngerti mereka lagi ngomongin apa, misalnya di tengah-tengah adegan penting ada bocil yang ribet minta ini itu tuh… haaaaah… langsung ga mood lagi deh. Karena itulah, sejak beberapa tahun terakhir ini gue lebih sering “menonton” k-drama dari recaps aja.

But, btw, emang recaps itu apa siih?

Jadiii… di saat sebuah K-drama tayang di stasiun TV, setiap episodenya kemudian direcap oleh berbagai macam komunitas. Recap di sini pun ga sekedar ringkasan singkat dari episode yang dimaksud. Tapi benar-benar penjelasan per-scene yang muncul di episode tersebut. Ga lupa juga beberapa potongan screenshot melengkapi cerita yang dituliskan oleh sang recapper (kalo ga salah ini sebutannya).

And the reasons why I love recaps…

  1. Gue bukanlah orang yang terpengaruh akan spoiler, jadi poin satu ini tentulah bukan masalah besar untuk gue.  :joyful:
  2. Alasan terbesar gue sampai suka banget baca recaps karena rasanya kayak lagi baca cerpen bersambung yang hybrid dengan komik (karena screencap yang dipasang sepanjang post). Benar-benar menghemat waktu gue banget. Yang seharusnya kalau nonton drama aslinya itu gue musti meluangkan waktu sekitar 1-1½ jam per-episode. Kalau baca recaps, mungkin dalam satu jam, gue udah bisa menikmati 4 -5 episode.
  3. Misalnya gue kehilangan mood ngelanjutin sebuah seri di tengah jalan, gue masih bisa ngerti lah setidaknya ceritanya sampai selesai seperti apa.
  4. Kebalikannya pun begitu, bisa jadi awalnya gue ga tertarik untuk mengikuti sebuah drama, tapi setelah baca recap beberapa episodenya, jadi malah penasaran untuk nonton dramanya secara langsung.
  5. Ditambah lagi recaps memungkinkan gue untuk menikmati genre k-drama yang biasanya jarang gue mau nonton. Seperti contohnya k-drama yang berbau-bau horor, lengkap dengan berbagai penampakan makhluk gaib yang menyeramkannya. Cukup scroll buru-buru aja ke bawah dan ga perlu repot fast forward sana sini selama baca. Hiks, aku kan cemeeeen  :hide:   :mrenges:

Dan dari berbagai macam recappers k-drama, favorit gue sampai sekarang adalah dramabeans.com (DB). Cara para penulis recap di DB dalam menceritakan kembali setiap episodenya tuh enak banget flownya dan kadang mereka juga suka nambahin komentar-komentar kocak di sela-sela recap. Ga ketinggalan, di bawah recap mereka juga menyempatkan untuk beropini tentang episode yang dimaksud. Apakah plotnya makin seru, makin ga karuan, perkembangan karakter-karakternya gimana, etc. Asik aja sih, jadi selalu ada alasan untuk berdiskusi di kolom komentar di bawahnya (tapi sampai sekarang gue belum berani sih ikutan komen.. nyahahaha).

But yeah… di tengah-tengah kerempongan ngurus bocil-bocil yang lagi aktif-aktifnya, ternyata selalu ada jalan untuk colongan me-time..  :smirk:

Ada yang sama kayak saya?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

4 thoughts on ““Nonton” K-Drama via Recaps

  1. tiwie

    Poin ke 3 mu itu, aku bgd Be. Kalo udh nonton lama2 trus udh smp tengah dan dirasa males nerusin. Suka nyesek di akhir aja,,, jadinya berasa mubazir udh nonton sekian eps 😰 tp g tau endingnya

    Reply

  2. Nadia Khaerunnisa

    What a solution! Must try nih buat aku yg parno ketagihan dan abis waktu tapi penasaran ama KDrama wkwkwk

    Reply

  3. Avi

    Setujuuu..kerempongan mengurus 1 balita dan 1 batita menjadikan recap drama aka sinopsis solusi terbaik utk bisa tetap mengikuti kdrama tanpa menyita banyak waktu..klo aku biasanya buka web yg berupa kumpulan link beberapa recapper semacam portalsinopsis dkk supaya lebih gampang hihi..salam kenal mba bebe..

    Reply

  4. Lia Harahap

    Samaaa! Aku nonton biasanya dari Dramafever. Malah kalau mau nonton lengkap, tonton cut nya dulu. Kalo ada yang greget ya nonton full.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P