The Food List

Kesempatan pulang kampung yang jarang datang membuat gue cukup kalap ketika disuruh membuat list “things to do” saat di Indonesia. Pinginnya seeeeeeh daku diajak liburan ke Bandung, Bali, Belitung, Malang, atau Lombok gituuuh. Tapi karena ujung-ujungnya kepentok budget, ya ga kesampean deh. Huhuhuhu.. Karena itulah, daripada meratapi yang tidak bisa terjadi, akhirnya gue bikin list yang lebih realistis aja, yaitu…. “The Food List” alias daftar makanan/minuman yang musti dicoba selama di Jakarta.

Secara Jakarta itu selalu aja ada makanan/minuman baru yang ajaib dan susah dicari di Swedia, kesempatan pulkam ini sungguhlah cocok sekali dijadikan alasan ajang untuk uji coba. “Kapan lagi kan Buuuu” adalah kalimat sakti mandraguna yang selalu gue pakai untuk ngerayu pak suami yang kadang suka geleng-geleng kepala akan pilihan makanan gue.

So… setelah nyaris satu bulan di Indonesia, alhamdulillah ya udah lumayan banyak menu yang gue coba, baik itu yang lagi ngehitz ataupun yang  klasik. Sejauh ini daftarnya adalah sebagai berikut:

1. Jus Mangga Hitz

Minuman ini dibeli nyokap waktu kami jalan-jalan ke mal Aeon yang baru dibuka. Walau harganya bisa dibilang lumayan mahal (50rb/gelas) tapi ternyata antriannya selalu mengular. Yang beli pun ga selalu puas cuma 1 porsi. Kata emak, selama ngantri itu ga aneh ngeliat 1 keluarga masing-masing megang 1 gelas sendiri. Makjaaaan, padahal menurut gue porsinya tuh gede banget loh setiap gelasnya. Kami aja butuh 3 orang dewasa untuk ngabisin. Soal rasa, ya enak sih. Jus mangganya kerasa banget tanpa banyak tambahan air. Tapi ya itu tadi, porsi jumbonya bikin lumayan eneg juga kalau musti ngabisin sendiri (kecuali emang lagi haus yee).

Size jumboooo

2. Es Cincau Hijau

Salah satu minuman yang gue ngidam banget selama di Swedia adalah Cincau Hijau. Ga kayak cincau hitam yang masih gampang dicari di toko Asia, yang warna hijau itu rasanya belum pernah gue temukan sama sekali. Makanya begitu pulkam ini, minum es cincau hijau udah menjadi salah satu misi utama.

Pokoknya harus nemu!

Dan ternyata, pencarian cincau hijau ga segampang yang gue kira. Di Eat & Eat dekat rumah, tempat terakhir kali gue temukan cincau hijau, udah ga menjualnya. Di penjual pinggiran pun ga ada. Kata adek gue baru rame yang ngejual cincau itu saat-saat deket buka puasa. Yah, nasib amat ga ngepas bulan ramadhan pulkamnya.

Sampai akhirnya kami menginap di Ancol dan makan malam di sebuah resto persis sebelah hotel. Liat-liat menu dan tettereteeeet *efek suara terompet*, tertulis es cincau hijau.

Yeaaaaaaaay…

Bentuknya pun indah sekaliiii…

Olala… ???

Selain es cincau versi hiperbola ini, gue juga sempat mencoba es cincau hijau versi biasa di salah satu resto di mal. Walau ga seheboh yang gue coba di atas, tapi cincaunya lebih berasa dan potongannya pun besar-besar. :good:

3. Ketoprak

Sebagai salah satu makanan favorit, ga mungkin lah gue melewatkan untuk mencicip Ketoprak saat pulkam ini. Ga perlu lagi rempong nyiapin segala printilan sendirian, sekarang tinggal manggil tukang ketoprak langganan nyokap dan berenti di depan rumah. Rasanya enyak, harganya murah. What more could one ask for?

Note: yang ini lupa difoto saking udah napsu pingin makannya.. LOL

4. Martabak Manis isi Keju

Snack yang sampai sekarang masih sukses bikin gue penasaran (walau udah ketemu resep yang sesuai selera), bikin gue ga bisa melewatkan mencoba versi rasa warbiasaknya. Kebetulan dekat rumah ada penjual martabak bangka yang endueesss banget, bahkan setelah disimpen di kulkas beberapa hari, yang tentu aja ga gue lewatkan untuk pesan.

Uurrghh, penasaran gimana caranya bisa bikin martabak seenak iniiii ???

5. Sushi Tei

Yang satu ini ga mungkin lah dilewatkan ketika pulkam ke Indonesia. Ga hanya salah satu resto sushi favorit, tempat ini juga menyimpan memori berharga sebagai lokasi tempat makan bareng pertama sama suami. Sejauh ini, untuk soal rasa masih tetap sama seperti dulu, cuma sayang sushi favorit gue Golden Roll nampaknya sudah dihapus dari menu standar. Hiks hiks hiks.. padahal selalu menanti bisa makan menu itu setiap kali ke Sushi Tei.

Selalu happy makan di sana ??

* * * *

Selain kelima makanan dan minuman di atas, gue juga udah sempat mencicipi Durian asal Aceh (oleh-oleh dari sepupu gue yang tinggal di sana), Dimsum, Gado-gado, Bebek goreng, Soto Betawi, Ayam Goreng Kremes, Gurame Goreng, Pempek, Pizza ala amerika (yang doughnya tebel-tebel) dan yang pasti ga ketinggalan… ayam Keepcih.

Sekarang, gue masih penasaran akan snack-snack ngehitz seperti Hokkaido Cheese Tart, berbagai macam Kopi Susu ngehitz (Kopi Tuku kayaknya enak ya?), The Halal Guys dan Korean BBQ.

Ada masukan kira-kira makanan/minuman/snack apalagi yang harus/bisa gue coba selama di Jakarta dan sekitarnya?  :like_food:  :like_food:

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

28 thoughts on “The Food List

  1. Puji

    Mie ayam dan bakso ga ketinggalan kan Mba Bee? 😀

    Reply

    1. Bébé

      Oh iyaaaa… itu udah juga. Lupa masukin di list ??

      Reply

  2. Tiwie

    Ayo Be wiskul ala2,,, puaskan keinginanmuh ??? #nyetanin wkwkwkwk…
    Hampir semua yg di “ngidam”in disana udh pada kepenuhin yaak.. ayoo, jajal lagi semuanya xixixi…

    Kalo ke bandung kasi tau yak,, sapa tau bisa jajan bandung kunafe sama2 ??

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iyaaaa digeber nih biar ga ada yang kelewatan ??

      Siiiip… ??

      Reply

  3. Aninda

    Hai kak bebe salam kenal.
    Cobain Dum dum thai drink yang milo coffee for the win deh kak. Endeesss.
    Hokaido cheese tart itu enak bgt, menurut ku sih enakan itu daripada pablo ya.
    Terus jgn lupa cobain salted egg chicken nya eatlah.

    Reply

    1. Bébé

      Aku jadi pingin coba semua. Eh yang Hokkaido lebih enak dari Pablo? Huaaaa ? jadi penasaran nyoba Pablo juga skrg ?

      Eatlah itu merek/restonya kah? ?

      Reply

      1. Aninda

        Iya, menurut ku enakan hokaido kak bebe hehehe.
        Eatlah itu menu andalan nya salted egg chicken. Better sih gofood aja kak.

        Reply

        1. winkthink

          Setujuuu..jauh lebih enak Hokkaido. Pablo mah jauh..baik harga maupun rasa kalah banget.

          Reply

  4. Maya

    gue kok bacanya aja udah nambah timbangan sekilo ya huahahahaha…
    Jus mangga itu emang lagi hits, dan gue baru bisa nyoba pas udah pengangguran karena kalo hari biasa antrinya gak segila kalo weekend. Dan kaga abis tuh biar minum berdua sama pak suami, makanya heran sama yg kuat ngabisin 1 gelas sendiri hahahah
    Hmmm banyak loh dari listnya Bebe yg gue juga belom coba kayak kopi tuku itu, the halal guys juga belom 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. iya porsi jumbonya luar biasa. Tapi kayaknya emang diniatin buat minumnya sharing kali yaaa ?

      Ahaha itu juga asal aja masukin list biar makin banyak pilihannya ?

      Reply

  5. gillsunshine

    Ayam geprek, sis 🙂
    gyutandon terus seafood! sate padang! sate taichan … soto haji bang mamat, dumdum, mie ayam, bakso, terus es podeng, es doger …. hahaha ini nguarin daftar sendiri

    Reply

    1. Bébé

      Muahahahahahahaha lengkap ya Gill ???

      Reply

  6. Tanti

    Cobain Ojju yang Rolling Cheese Be, enaak 😀

    Btw kalau ada rencana kopi darat di Jakarta boleh lah kabar-kabarin via blog atau IG.. 😛

    Reply

    1. Bébé

      Ojju itu apakah? Mereknya atau makanannya? ?? aku kudet bangeeeet

      Hahaha ntar kalo ada yaaa.. sampe sekarang belum siiih ☹️

      Reply

      1. Tanti

        Haha waktu aku baru balik ke Indo juga overwhelmed banget karena banyak makanan baru… Masuk dua tahun disini dan belum kecoba semua 😛

        Ojju nama restorannya, resto Korea gitu…. Ada di Tebet, GI, sama Gandaria City: https://www.zomato.com/jakarta/ojju-tebet

        Yang paling khas dari situ yg Rolling Cheese Ribs/Chicken-nya… Jadi Iga sapi atau ayam bumbu korea terus dikasih gulungan mozarella, yumms bangeet

        Reply

  7. dinaisyana

    es cincau hijau di Kelapa Gading banyak loh, depan gereja gw juga jual. Kayanya lo harus cari di tempat yg agak2 pecinan gitu Haha.
    Gw gatau list makanan ngehits, gw sendiri belom nyoba makanan yg hits2.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha ternyata gw mencarinya di tempat yang salah yaa. Pantesan ga ketemu2. Seriusan di deket rumah gw ga ada sama sekali ???

      Yang ngehitz juga cepet banget gantinya Din.. kalo diikutin mah blenger lama2. Belom tentu semua enak juga ?

      Reply

  8. tissa

    be hokkaido kan di MetMol ada..GoFood ajah kalo mager..hahaha beberapa hari lalu juga gw GoFood in si hokkaido ;p

    Reply

    1. Bébé

      Eh ada?? tapi yang gue pingin coba yang Pablo itu Tis. Beda lagi ya tipe cheese tartnya? ??

      Reply

  9. tissa

    eh iya kalo lo doyan thai tea cobain merk chapayom deh (di GGP depan guardian ada cm ga ada dessert kaya di cabang2 lain,bisa GoFood juga) klo suka rasa thaitea yang pekat menurut gw sih chapayom lebih enak dari si dumdum..emang sih harga nya lebih mahal tapi enaakk

    Reply

    1. Bébé

      Gue ga terlalu suka thai tea sih. Tapi penasaran rasanya. ?? GGP ternyata segala aya yaaaaa ??

      Reply

  10. aftri

    Akhirnyaaa, Sushi Tei jugaa :)))

    Gw kalo di Jakarta ya paling demennya Sushi Tei, Bebek Goreng Suryo (ada di GI dan Jl. Suryo), Pepper&Lunch, sama Pancious (dulu ini wajib seminggu sekali, sebelum/abis ngegym.. haha). Ga ada selera baru malah. Nyoba inget2 juga ga muncul2 XD

    Kalo cake-cake gitu, udah paling maknyuss emang beli martabak siiiyy. Semua udah downgrade rasanya, gara2 budapest, hongkong tart khas elu dan cheesecake-nya Malmö. Haha.

    Puas-puasin ya, Be! XD

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. kena downgrade ya Tri.. ??
      Iya akhirnya ngerasain Sushi Tei lagi.. nah Pancious udh nyoba juga tapi bukan dessertnya ? harus kesana lagi buat makan dessert nih ?

      Reply

  11. Melissa Octoviani

    ayam geprek be… lagi ngehits banget itu ayam hehehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Itu mirip ayam penyet ya Mel? ??

      Reply

  12. Woro

    Aaaaak jadi pengen juga es cincau hijau liat ini, kok cakep amaaaat bentukannya 😀

    Reply

  13. sibubusilpi

    aku mah kurang suka hokkaido sih be … nasi padang piyeeee ?! bikin kangen tak itu?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *