Drama Facebook

Sekitar 3-4 bulan yang lalu (gue udah lupa persisnya kapan), ketika lagi asik browsing foto-foto di IG, tiba-tiba gue ga bisa nge lope-lope posting yang muncul di timeline. Alasannya karena link alamat blog bebenyabubu.com yang gue gunakan di profile bermasalah. Saat itu gue kira hanya IG gue yang error. Biasalah, namanya juga aplikasi HP, kadang suka ajaib dan akhirnya bener sendiri setelah HP di restart atau App-nya di install ulang.

So, gue pun mencoba kedua hal tadi, restart HP dan install ulang Instagramnya.

Ternyata ga ngaruh. Gue masih ga bisa ngelike foto-foto yang ada.

Sempat juga gue akalin linknya dengan menulis shortlink dari wordpress (linknya berubah menjadi wp.me) yang awalnya diterima oleh IG. Tapi nanti setelah beberapa lama sistemnya IG ngeh kalau link itu ternyata refer ke bebenyabubu, ya balik lagi gue ga bisa ngelike siapa-siapa dan bolak balik muncul notifikasi mengenai link bermasalah gue di profile. Hiks

Gue pun mencoba ngeklik link “Tell Us” yang disediakan di kolom notification yang muncul di IG, yang dimana hanya mencapai halaman error page dari pihak FB (IG kan punya FB ya).

ketika gue nyoba ngakalin link-nya dengan menggunakan shortlink wordpress.. teteup ga mau

Curiga masalahnya ga cuma ada di IG, gue pun iseng ngoba ngelink salah satu post gue ke Facebook. Biasanya langsung muncul pilihan mau nulis keterangan apa, bla bla bla, standar lah kayak mau bikin status biasa. Kali ini muncul notifikasi seperti ini…

OK, FIXED. Ternyata memang ada yang report blog gue ke facebook sebagai link dengan content yang abusive.

ABUSIVEEEE????

Entah konten apa dari blog ini yang dianggap orang yang report abusive. Apakah posting gue soal foto-foto makanan atau cerita sehari-hari berhasil meng-abuse hati yang report? Entahlah.. Hanya yang ngelapor dan Tuhan yang tau. (which btw, cukup butuh 1 orang yang ngelapor ke FB dan langsung bisa diblock atau butuh berkali-kali dari orang yang berbeda yang ngereport baru berfungsi sih?).

Eniho, gue sendiri bukanlah orang yang aktif banget menggunakan FB untuk ngepromoin blog gue. Gue juga ga kehilangan income dengan dilaporinnya blog ini ke FB sebagai link yang abusive. Tapi yang pasti gue merasa HAK gue diambil dengan semena-mena. Hak gue sebagai pemilik blog yang seharusnya bisa dengan bebas ngeshare post gue kemanapun gue mau. Karena selama ini gue merasa konten blog gue biasa-biasa aja. Ga pernah berusaha menyudutkan pihak tertentu. Isinya juga kebanyakan soal foto, makanan, jalan-jalan, cerita random. Jadi beneran ga paham sampe bisa dianggap “abusive” or whateva deh, tuh gimana awalnya.

Di post ini juga gue ga mau misuh-misuh soal who, why and how-nya. Karena ya gue ga tau siapa pelakunya dan alasannya apa. Daripada nanti kebanyakan suudzon ini itu, jadi mending gue fokus ke cara benerin problemnya aja lah.

Trus gimana?

Setelah gue baca-baca, orang-orang yang kena kasus disalah report gini biasanya susah dapet akses lagi untuk share ke FB (dan satu grupnya). Masalahnya customer servicenya FB pun ga melayani kasus per kasus kayak gini. Untunglah, ketika gue curhat colongan di IG story tentang masalah di atas, ada beberapa teman yang berbaik hati bantuin cari solusi yang bisa gue coba. Sayangnya, kali ini rasanya gue ga bisa berusaha sendiri dan butuh bantuan banyak orang untuk membenarkan masalahnya. Karena setelah gue coba report balik kalau blog gue diblock dengan tidak adil (nyoba berbagai macam link yang dikasih di FB), sampai sekarang masih sukses aja terblokir dengan sempurna.

Jadi, dengan post ini, gue mohon bantuan teman-teman yang sedang membaca post  ini  (dimana kalian tahu lah blog ini seperti apa isinya), meluangkan waktu sebentar untuk mengisi form di link ini. I know I’m asking too much of your time, but who knows, kalau makin banyak yang mengisi form, blog ini ga diblock lagi sama FB dan IG.

Atas masukan dari Leony, ini contoh form yang bisa diisi:

Untuk pilihan “What does the link lead to?”, bisa dipilih “Other”. Untuk alasannya, gue ga bisa kasih jawaban template karena takut juga kalau jawabannya semua sama malah nanti dikira spam.

Atas bantuannya, super thank you, terima kasih banyak sebelumnya ya manteman.

Haaaaah… Why the drama???

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

31 thoughts on “Drama Facebook

  1. l.sastri

    So sorry to hear about that. That’s awful that someone reported as an abusive site. Sorry, I’m not a techie can’t help much. Hopefully, it will get solved soon.

    Reply

    1. Bébé

      Terima kasih doanya. Boleh minta tolong isi formnya juga kah? Kalau misalnya ga ngerepotin 🙏🙏

      Reply

  2. niee

    waaahhh. bisa jadi gitu ya mbak. udah aku isi ya formnya mbak. semoga gak diblock lagi sama FB 🙏

    Reply

    1. Bébé

      Makasih banyak ya Niee 🙏🙏 iya semoga ngaruh deh 👍

      Reply

  3. Lia Harahap

    Done, mbak. Semoga cepat kelar ya masalahnya.

    Reply

    1. Bébé

      Makasih banyak Lia udah meluangkan waktu buat ngisi 🙏🙏

      Reply

  4. ohdearria

    Oh my God, koq bisa sampe di block gitu sih Be??? Ribet amat ya. Mungkin whoever did that salah ngetik kali, jadinya kenanya di kamu. Btw, done it. Hope it will fix soon.

    Reply

    1. Bébé

      Kalau salah report, agak sulit sih mba. Soalnya sebelum report pilihannya banyak bgt. Makanya sampe skrg ga ngerti karena ada yg report atau dr fb yg otomatis ngeblokir. Entahlah.. hiks hiks

      Btw, makasih atas bantuannya 🙏🙏

      Reply

  5. gegelin2

    Done, qaqaaa.. Halah ada-ada aja ya. Mo ngakak ih pas dibilang blog-nya abusive oops, sorry! 😆 Anyway, good luck! 😉

    Reply

    1. Bébé

      Makasih udah bantuin ngisi yaaaa.. ^_^

      Reply

  6. Hayu Hamemayu

    duh mbak, kok bisa ya, kalau report gitu setahuku ga cuma satu orang deh kayaknya, pakai direview dulu gitu sama FB, apa mungkin dihack ya mbak? atau coba cek ada ga di web mbak Bebe ini yang ada tulisan tiga huruf x, FB sensi banget dengan tiga huruf x yang berjejer, dikira abusive content, jadi dia kayak otomatis ngeblockir gitu, dulu FBku juga pernah mau posting trus distop sama FBnya dibilang: “your content is not appropriate” gitu, trus setelah kudelete tiga x itu jadi bisa deh

    btw, formnya uda kuisi mbak, semoga cukup membantu 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu, aku awalnya sempet ngira juga dari salah satu plugins yg aku pake di blog. Tp setelah dicek ternyata ga ada yg bermasalah juga. Post ku selama ini pun ga ada yg pakai tiga x. Apalagi dulu2 ga pernah bermasalah dan akhir2 ini aku jarang ngepost juga.

      Kalo dihack, sejauh ini aku masih bisa akses akun2ku baik blog/fb/ig. Jadi kalau ada konten yg diubah atau gmn, seharusnya ketauan ya.

      Makanya bingung juga kok sampe bisa keblokir. Hiks hiks

      Makasih banget ya atas waktunya 🙏🙏

      Reply

  7. Arman

    done. moga2 segera solved ya!

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. makasih banyak ya Man.. 🙂

      Reply

  8. Emaknya Benjamin

    Sptnya ada yg ga suka sama kamu kali Be, soalnya klo salah klik lapor ga mungkin kan banyak halaman yg harus diisi klik dulu. Pas aku masih punya akun fb klo lagi inbox an mau kasih link berita sering ga bisa juga Be, blocked content alasannya. Aku prnh laporin teman fb krn share berita hoax atau yg gambar berdarah-darah gitu, ybs juga tiap jam bisa share banyak konten males bener haha, jd ku unfollow ajalah, trus kubilang ke ybs aku laporin dia haha krn teman dekat ku langsung bilang aja.

    Be komenku sblmnya pakai id wp ga muncul sptnya masuk spam. Btw aku sdh isi formnya yaa 😉 .

    Reply

    1. Bébé

      Ah iya, komen2nya masuk spam semua Nel 😮. Tapi udah aku mark un-spammed supaya lain kali ga nyasar kesana lagi.

      Nah itu kalau salah klik kayaknya kemungkinannya kecil yah. Tapi yaah.. entahlah. Bingung juga alasannya apa.

      Makasih banyak udah bantu isiin formnya. 🙏

      Reply

      1. Emaknya Benjamin

        Bebe kemarin aku isi kotak yg tengah, dapat jawabannya katanya fbnya ga melayani laporan perorangan, ini jawabannya:

        Subject: Re: Report a blocked website or content

        Hi,

        Thanks for taking the time to submit this report. While we don’t currently provide individual support for this issue, this information will help us identify bugs on our site.

        To get answers to common questions and help from other people on Facebook, visit:

        https://www.facebook.com/help/?ref=cr

        Thanks,

        Reply

        1. Bébé

          Ahaa… aneh banget 🙁 Makasih infonya Nel. Aku udah edit di atas untuk pemilihannya ambil yang other aja kalau gitu.. ^_^

          Reply

  9. leonyhalim

    Be, udah gue lakukan tuh reporting. Tapi kayaknya ada bagusnya lu bikin guidelines ke temen-temen yang mau bantu lu report. Apalagi cara reportnya itu kan in English dan buat gue aja agak “bingungin” gimana kategoriin reportnya.

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Le udah bantu isi formnya. 🙏

      Ah, gw kira udh lumayan straight forward formnya. Udh gw taro di atas sih skrg screenshot formnya supaya ada bayangan ngisinya gmn.

      Reply

  10. ajheris

    Bingung juga ya ada yang report gt trus langsung main terima aja😞, rasanya ga adil bgt. aku uda coba isi be. tp notifnya u sekrang fb nya lom bisa terima request gt. gue juga bingung 😏

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba.. hiks..
      kayaknya emang udah ga bisa lagi ya direport balik.. Entahlah.. Tapi makasih udah nyoba mba.. ^_^

      Reply

  11. puti

    done be.. semoga bisa balik cepet yah, gw juga pernah tuh reported by someone di facebook jd gak bisa login sapaaa yg report gw yahhh huhu apa jgn2 gr kmrn sering dukung eks gub dki jakarta yah hahaha..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. langsung mainannya di report ya Put.. 😀

      Aamiin.. semoga cepet bisa lagi deh. Makasih udah bantuin ngisi yaaaah.. ^_^

      Reply

  12. Pypy

    Ga bisa memproses ut saat ini.. Begitu jawabannya.. hikss.. Kok ada yg tega ya, sirik kali 🙈🙈 *suujon *maafkan *abisnya kzl

    Reply

    1. Bébé

      Hiks… emang kayaknya ga bisa lagi direport balik Py.. banyak temen2 yang ga bisa juga 🙁 Makasih udah dicoba ya Py…

      Reply

  13. Puasa Facebook - BebenyaBubu

    […] sekitar kira-kira dua bulan terakhir ini gue puasa facebook. Bukan karena ngambek website gue diblock. Cuma sedang lelah aja sama FB. Selama ini gue buka FB juga cuma buat chat di messengernya dan […]

    Reply

  14. Megha Setyawan

    ya ALLAH jahat banged yg sampek mikir bgtu , aq aja kl suntuk maen ksini bs lgsg senyum2 sndiri krn ada tulisan dr ibuk ibuk yg tema biasa aja bs enak banged dibaca

    Reply

    1. Bébé

      Huhu ga tau tuh kenapa ampe digituin. Semoga sih cuma karena error ato apalah. Sedih aja kl emang beneran ada org yg report 😔

      Reply

  15. tissa

    laahh komen gw blm ke sent..hahaha keburu ilang..done ya be dan gw pun jg reply nya yg we dont currently provide individual support bla bla bla itu..semoga cepet normal lagi yaaa..

    Reply

  16. Yosia Adyasta

    Semoga kelar ya urusannya. Padahal WP nya bagus banget.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P