Börja med nya skolan / Mulai sekolah SFI lagi

*judul diatas bukan terjemahan langsung…

Setelah nganggur sekitar 2 bulanan akhirnya mulai Senin kemarin aku mulai sekolah juga. Kali ini aku ditempatin di NK Data Center oleh SFI Helsingborg. Lokasinya ga terlalu dari rumah, kira2 400 – 500 meter aja. Enak banget tinggal jalan kaki dan ga perlu buru2 ngejar2 bus. Sebenernya sih ada sekolah SFI yang jauh lebih deket, bener2 di depan komplek apartemen. Tapi menurut guru sekolahku di Malmö dulu, NK Data Center ini bagus banget. So yeah, aku sih percaya2 aja dan seneng banget akhirnya dimasukin disana.

Ternyata kata2 guruku yang dulu itu bener juga. Setelah aku perhatiin kayaknya aku juga suka sama sekolah baruku ini. Jadwal harian adalah salah satu alasannya. Dulu di sekolah lama, setiap harinya aku baru tau akan belajar apa setelah sampai di sekolah. Kali ini aku udah ngerti kalau hari ini akan belajar gramatik, percapakan, dll dll, dan besok belajar yang lain lagi. Lebih seneng aja kayak gitu, setidaknya lebih terarah aja. Hal lain yang aku suka adalah guru2nya yang kalau bicara cepet banget. Emang sih hasilnya aku lebih banyak plengo2nya setelah dengerin mereka ngomong.. tapi rasanya lebih tertantang aja untuk ngerti mereka ngomong apa. Dan yang terakhir adalah murid2nya yang lebih beragam. Sebelumnya di sekolah lama, mayoritas murid2nya berasal dari negara2 Arab, yang pada akhirnya mereka lebih banyak berbicara dengan bahasa mereka sendiri… Kali ini ada yang dari Kosovo, Poland, Jerman, Cina, Libanon, Iraq, Venezuela, Yunani dan Serbia.. pokoknya campur2.. Jadi mau ga mau ya harus ngomong pakai bahasa Swedia kalau ngobrol walaupun lagi saat istirahat. Artinya bisa lebih cepet terbiasa kan…

Semoga lah bisa kelar SFI cepet2.. Masih ngincer banget SFI Bonus-nya… ^^

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

8 thoughts on “Börja med nya skolan / Mulai sekolah SFI lagi

  1. Zilko

    Good luck sama les bahasa Swedianya! Btw, sekali pertemuan gitu berapa lama sih? Dan seminggu berapa kali?

    Di Belanda ini juga ada gitu program intensif dimana pertemuannya seminggu hampir 40 jam gitu loh. Jadi ya progress-nya emang cepet banget, hahaha Kalau aku ambil kelas yang biasa aja jadi seminggu 2x dan masing-masing pertemuan 1 jam (mana sempet ambil yg intensif? hahaha ). Tapi ada tes listening setiap setelah pertemuan dan sebelum kelas harus belajar dulu buat persiapan. Jadi totalnya seminggu kira-kira 8 jam gitu deh belajar bahasanya, hehehe.

    Reply

    1. Bébé

      tack..

      Sekarang sih Senin – Jumat, 4 jam/hari.. Waktunya kadang pagi 8-12, kadang siang 12.30 – 16.30.. Tapi mulai tahun depan berubah cuma jadi 4 hari/minggu.. Ada juga yang sistem intensif yang 8 jam/hari.. tapi kalau intensif gitu bosen banget ga sih??

      Kalau di kantor gitu pakai bahasa inggris ya ngobrolnya?

      Reply

  2. Candela

    Loh be, sebenernya lo sekolah apaan sih?? Bukan sekolah bahasa ya?? Kok bisa ada penempatan2 gitu, kaya orang mau kerja abis training aja, hehehe^^ Terus, dapet bonus juga?? Bener2 kaya kerja… enak banget.

    Reply

    1. Bébé

      Sekolah bahasa, tapi di Helsingborg ga bisa milih sendiri sekolah tempat kita belajar nanti.. Jadinya dipilihin gitu lah.. ;D
      Trus kalau bonusnya itu dari pemerintah Swedia-nya.. Kalau lulus SFI paling lama 15 bulan dari pertama kali dateng ke Swedia atau 12 bulan dari pertama kali mulai sekolah, bisa dapet bonus yang jumlahnya lumayan juga.. Tapi ya itu gara2 gue ada jeda 2 bulan karena pindahan kota, jadinya ga tau deh nih bisa atau ga.. huhuhuhu

      Reply

  3. Ely Meyer

    memang mau tidak mau ikut juga berbahasa lokal kalau sekolah bahasa, inget pas dulu msh sekolah bhs Jerman
    semoga dapat bonusnya ya 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Amiiin.. semoga mba.. ^^ harus banyak latihan nih..

      Reply

  4. Chita

    Bahasa Swedia tuh mirip-mirip ama basaha Jerman or yang lainnya kah?
    Aku nggak kebayang kalo nggak ada mirip-miripnya. Pengalaman sekarang di Oz yang bahasa Inggrisnya beda dengan orang Amrik aja udah bikin stress, apalagi kalo beda banget yah??

    Tapi kalo demi cinta apa siy yang nggak bisa hihihihi… 😉

    Good luck yah!! *bonus..bonus..bonus… hehehehe*

    Reply

  5. Bébé

    hmm.. kalo mirip sih mirip negara2 tetangganya, kayak Denmark, Finlamd atau Norway.. Tapi ada beberapa kata juga yang mirip Jerman. Tapi kalau menurut temanku yang orang Jerman, bahasa Swedia jauh lebih gampang darpada bahasa dia sendiri…

    Hahahaha… lebih tepatnya sih “kalo buat duit, apa sih yang ga bisa?” hehehehe… thank u doanya.. ^__^

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P