A New Chapter

feature-img

Nyaris setahun yang lalu, gue menulis blogpost ini, yang bercerita tentang keengganan gue melepas harapan untuk mendapat pekerjaan di bidang desain. Saat itu gue seperti masuk ke dalam masa-masa trance, dimana gue non-stop berusaha memperbaiki portfolio gue supaya terlihat lebih “menjual”, tentunya dengan harapan bahwa suatu hari nanti ada yang tertarik untuk menawarkan gue pekerjaan.

Namun sejak gue mulai sekolah, keinginan untuk mencari pekerjaan seperti terhenti sementara. Niatannya sih gue mau fokus dulu kelarin sekolah sampai tahun depan, baru setelah itu usaha lagi cari-cari lowongan pekerjaan.

Hatiku masih belom siap terpotek-potek lagi.

Tapi punya suami yang lebih tebal rasa penasarannya, gue pun terbawa kegigihan dia untuk terus nyoba-nyoba apply sana sini. Ga cuma memoles contoh desain yang dipajang di portfolio, gue juga membuat sebuah “mini website”, dimana perusahaan-perusahaan yang gue kirim lamaran pekerjaan bisa melihat cover letter dan cv gue secara online di website tersebut. Cover letter pun gue bikin templatenya sehingga hanya cukup mengganti beberapa paragraf supaya lebih personalize sesuai perusahaan yang dituju.

Dan usaha gue itu cukup membuahkan hasil sih… Beberapa kali gue mendapat undangan untuk mengerjakan work sample, baik untuk posisi desain ataupun frontend developer. Cuma yah.. lagi-lagi.. setelah itu masih ditolak juga dan gue pun lelah. Beneran lelah.

Sudahlah… balik fokus sekolah dulu. Mikirin kerja nanti aja. Karena memang saat itu load dan tingkat kesulitan tugas-tugas gue cukup menguras pikiran.

Cumaaa… kalo ga ngeyel itu bukan Bubu namanya. Dia tetep kekeuh penasaran. Akhirnya gue bilang ke suami, “ya kalo kamu mau apply-apply ya udah sana.. it’s all ready.. I just don’t want to know“. Secara semua bahan-bahannya udah siap, tinggal modify sedikit dan it’s all good to go.

Dan benar aja… setelah itu setiap hari si Bubu ngecek LinkedIn atau job database website dan kalau ada yang dia rasa menarik, langsung dikirim deh lamarannya. Sementara Bubu maju ke medan perang, gue lebih bergerak di belakang layar. Gue sibuk mengupdate porto dengan tugas-tugas sekolah yang baru gue selesaikan, mengedit tampilan webite dan membetulkan halaman about me, etc. Memastikan usaha Bubu membantu gue ga terbuang sia-sia.

And setelah beberapa kali kesempatan interview untuk beberapa posisi berbeda (UX designer & Front-end Developer)… gue mendapat email undangan interview online dari sebuah perusahaan yang membutuhkan intern untuk posisi visual designer. I was like “Heeeeeeh…” ahahaha.. Akhirnya ada yang nyangkut juga…

Long story short, di interview pertama, gue dan kedua owner perusahaannya mengobrol santai tentang background (pendidikan dan pekerjaan) gue. Selain itu gue mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil design yang gue pajang di portfolio (dan ternyata desain-desain yang gue kerjakan tahun lalu itu lah yang menarik perhatian mereka.. OMG).

Selang beberapa hari gue ditawarkan untuk mengerjakan work sample (yang gue submit 2 hari setelahnya). Setelah itu kami mengadakan interview lanjutan dimana gue harus presentasi work sample yang gue kirimkan. And 2 days after, I got the job.

Alhamdulillah, Akhirnya ya Allah… ?

Posisinya sendiri sekarang memang “hanya” seorang intern, tapi atleast it’s a paid intern. Setelah 6 bulan, if all goes well (Bismillah, InsyaAllah), gue akan diangkat resmi menjadi pekerja tetap sebagai junior visual designer. Kelihatannya memang seperti downgrade yaa, sudah punya pengalaman 5 tahun pun musti mulai dari intern lagi. But hey, selama masih halal, menghasilkan uang dan dibidang yang selama ini gue impi-impikan.. Why not. I need to start somewhere, ya kan?

So.. this is it.. The start of a new chapter of my life. Finally got the job on the field that I’ve been dreaming of.

Agak nerveous sih… mulai kerja lagi setelah sekian lama. Apalagi setelah berbagai macam penolakan. Self esteem gue masih rendah banget. Makanya mungkin itulah alasan kenapa posisi intern ini cocok banget buat gue. Memberi gue waktu untuk membangun kembali perasaan percaya diri dan merasa nyaman balik kerja kantoran. Gue pun masih akan tetap melanjutkan sekolah gue sebagai front-end developer. Nanggung tinggal setahun lagi sampai kelar. Alhamdulillah tempat kerja pun meng-OK kan keinginan gue untuk tetap bisa sekolah sampai tahun depan. Tinggal babak belurnya aja sih musti bagi-bagi waktu antara sekolah-kerja-rumah-anak-suami-diri sendiri. Mungkin dalam beberapa bulan kedepan gue udah mahir jurus membagi dirinya Naruto :muscle: .

Masih ga berasa real kalau perjalanan gue selama 2 tahunan terakhir ini akhirnya memberi hasil. It might not be the most ideal job position, but ah bodoamatan! ahahahaha.. :rockandroll:

And one more thing.. Saat-saat seperti inilah gue merasa menulis blogpost itu berkesan banget. Bisa melihat ke belakang, reflect back segala up and down yang terjadi. Membuat gue makin merasa bersyukur akan segala yang gue miliki sekarang. It’s been a tough journey. But I’m so glad I didn’t stop till I’m proud.

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

36 thoughts on “A New Chapter

  1. Olive

    Selamat ya bebe. Enjoy the new job

    Reply

    1. Bébé

      Thank you mbak ❤️

      Reply

  2. pinkuonna

    Selamat, Bebe ? dan semangat untuk menjalankan semua perannya ya ?? semoga makin sukses di tempat baru ??

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiin.. makasiiiih doanyaaa ☺️❤️

      Reply

  3. Tanti

    Selamat dan semoga sukses, Bebe! \o/ Ikut senang :))
    Aku merasa sedikit banyak relate dengan situasimu… Dari dulu ingin bisa kerja di UN tapi kok susah banget.. Terus akhirnya beberapa bulan lalu berhasil dapet walaupun melalui jalur paid volunteer. Biasanya posisi ini diambil orang-orang yg lebih mudaan krn orang2 seumurku udah sibuk jadi manajer atau apa lah.. Tapi yaa mungkin ini jalan yg terbaik.. Toh jalur tiap orang beda-beda kan 🙂
    (Maaf jadi curcol ^^)

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih ??. Tetap semangaaaat. Siapa tau ini jalan pembuka juga untuk kesempatan berikutnya ??

      Reply

  4. Christa

    Horee, congrats ya bebe!

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuu ☺️☺️

      Reply

  5. Emaknya Benjamin br. Silaen

    Selamat ya Bebe 😉 . Aku selalu baca postingan2 sebelumnya, baca yg terbaru ini ikutan senang akhirnya tercapai yg kamu raih, bisa ngebayangin di negara yg bahasanya berbeda dg tanah air pasti susahhhh mau dpaat job sesuai yg kita impikan.

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Nell ?☺️. Aaah iyaaa bahasa emang masih jadi kendala nomor satuku nih. Yg job baru ini kebetulan pakai bhs inggris sehari2nya.. jadi lebih nyaman (dan mungkin makanya gol ??)

      Reply

  6. Mia

    Kak beee selamaaat!!!!!! ????
    Iyaaa suka banget kalo baca post2 lama terus kaya “eeeh iya ya dulu aku biling gini gitu”
    Jadi kangen ngeblog lagi nih hahahaha!

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Mia.. ?
      Nah iyaaa.. semalem aku baca2 ulang posting lama, jadi beneran kangen lagi ngeblog. Cm bingung kayak ga ada bahan cerita gt ?

      Reply

  7. Dixie

    Selamat Mbaaak! Salut banget sama perjuangan & kegigihannya 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Dixie… ☺️ Alhamdulillah ada yg nemenin di sebelah supaya maju terus

      Reply

  8. Hayu Hamemayu

    Selamat Bebeeee, happy for you!

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Hayuuu ☺️☺️

      Reply

  9. Arman

    waaahhh congrats ya be!!!

    Reply

  10. Puti Manira

    gudluck semoga lancar ya

    Reply

  11. denaldd

    Selamat ya Be untuk kerjaan barunya. Lancar2 dan sukses.

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Den ?? aamiin ?

      Reply

  12. dewi

    Selamat Bee untuk chapter barunya.. wooow sekolah, kerja, rumah, anak, suami, diri sendiri, di negara dgn bahasa yg berbeda pulaak.. U rock girllll…

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuu.. ? hahaha semoga sih hanya terlihat rempong di tulisan ajaa.. aslinya lebih managable

      Reply

  13. sdrsashaa

    mbak beee, congraaats 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuuu ☺️?

      Reply

  14. Lorraine

    Selamat Be & good luck supaya internshipnya ok dan bisa terus kerja di situ.

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. thank you Mbak ??

      Reply

  15. Aninda

    Selamat Mba Bebe..
    Duh, terharu banget akhirnya usaha ga mengkhianati hasil ya Mba..

    Semoga lancar-lancar terus internshipnya dan bisa diangkat jadi pegawai tetap.
    Aamiin..

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiiih ☺️☺️ Aamiiiin.. semogaaa ??

      Reply

  16. niee

    Selamat ya mbak be. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Niee ☺️

      Reply

  17. veronica5277

    Barakallah… beneran kudu fight tu yang bagian bagi waktu buat kantor, sekolah, rumah. Selamat yaaa

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih.. semoga sih pas udah nemu ritmenya, bisa kepegang semua ?

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.