Cooking Diary – Pasta and Meatballs with Tomato Sauce

Pasta & Meatballs with Tomato Sauce

Selama ini kalau lagi mau buat pasta plus meatballs (mau bilang bakso kok rasanya ga cocok yaa… pake meatballs aja ya nyebutnya), biasanya mertua yang nyedian udah jadi tapi dibekuin biar tahan lama dan aku tinggal nambahin saosnya aja. Kali ini mertua ga ngasih jatah, jadi mau ga mau harus buat sendiri deh…

Aku minta tolong si bubu untuk nanya resep ke ibunya, tapi curiganya sih dia agak2 lost in translation gitu deh.. akhirnya ya musti cari sendiri di internet dan ketemu resep ini.

Aku sendiri cuma pake resep buat meatballs-nya aja (itu juga diganti2 sedikit), sementara untuk saos tomatnya ngarang2 sendiri… sok canggih gitu lah.. 😛

so marilah kita mulai..

Meatballs:

  • 2 sendok makan olive oil
  • 1/2 bawang bombay, cincang halus (kalau bisa sealus2nya deh)
  • 1 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 600 g daging giling
  • 1/2 sendok makan rosemary
  • 1 butir telur yang dikoncok dulu
  • garam dan lada hitam secukupnya
  • 3 sendok makan olive oil

Caranya:

  • Tuang 2 sendok makan olive oil di panci kecil
  • Masukkan bawang bombay dan bawang putih
  • Tumis dan biarkan sampai layu dan agak kecoklatan, angkat dan dinginkan.
  • Campur daging giling dengan bawang yang tadi ditumis.
  • Masukkan rosemary dan telur lalu aduk sampai rata
  • Bumbui dengan garam dan lada hitam secukupnya.
  • Untuk mencoba, goreng sedikit dan kemudian tinggal di sesuaikan dengan selera masing2.
  • Tambahan: Kalau udah puas dengan rasanya, buat bola2 daging yang ukurannya jangan terlalu besar (dikira2 aja), kemarin aku jadi sekitar 17 buah.
  • Masak dengan olive oil sampai matang.

 

Bahan2 Saos Tomat:

  • 2 kaleng crushed tomato (biasanya 1 kaleng 400g)
  • 3 sendok makan saos tomat
  • 2 sendok makan tomato puree
  • 1 sendok teh gula
  • 1/4 bawang bombay yang dicincang halus (kalau suka bawang bombay, lebih banyak juga gpp)
  • 1 bawang putih yang dicincang halus juga
  • 1 sendok teh oregano
  • 1 sendok teh basil
  • 1 sendok makan minyak goreng (aku sih pakai olive oil)

Caranya:

  • Tumis bawang bombay & bawang putih sampai wangi dan layu.
  • Masukkan crushed tomato, saos tomat, tomato puree. Jangan lupa dicoba.
  • Masukkan gula, oregano, basil. Dicicip dan sesuaikan dengan selera kalau kurang ini itu.
  • Masukkan meatballs dan rendam di dalam saos. Biarkan sampai matang.

Saran penyajian:
Campur pasta & saos kemudian taburkan keju diatasnya.. ^__^

Untuk pastanya aku bilang saos ini cocok pakai jenis pasta apa aja. Aku kadang2 pakai macaroni, kadang spaghetti, kemarin malah nyoba yang baru lagi pakai farfalle pasta yang bentuknya kayak pita. Cuma paling aman sih pakai spaghetti ya… ^__^

Kemarin aku motong2 bawang bombay untuk campuran meatballs-nya gede2 banget. Akhirnya pas dicampurin ke daging lebih susah dan waktu digoreng kadang suka duluan gosong dibanding dagingnya. Karena itu di atas aku tulis sebisa mungkin cincang bawang sealus2nya dan kalau kayaknya kebanyakan, ga usah dipake semua (sisanya bisa buat ditaro di saos kok). Rosemarynya sendiri aslinya aku ikutin resep yang dari internet, tapi jadinya terlalu dominan. Makanya di resep ini aku tulis dikit aja, dan misalnya nanti ternyata kurang ya tambah aja sampai pas.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

2 thoughts on “Cooking Diary – Pasta and Meatballs with Tomato Sauce

  1. Zilko

    Wuih, menarik, kapan-kapan layak dicoba nih! Tapi aku nyobanya kayaknya bakal jauh disederhanakan deh (pake bumbu-bumbu “biasa” aja, wkwkwkwkw). Habis beberapa bumbunya kayaknya ribet gitu deh namanya

    Reply

    1. Bébé

      hahaha.. loh bumbu2 ini malah biasa loh di eropa.. Kalau disini kayak rosemary, basil (basilika), oregano biasanya dijual di kontainer2 kecil dan udah jadi bubuk kering. Sejauh ini sih setiap ke supermarket yang berbeda selalu ada. Mereka juga jual yang fresh, tapi aku males beli karena seringnya cuma pake sedkit, sisanya dibuang2. Coba aja mampir2 kebagian bumbu kering, siapa tau ketemu. Kalau tomato puree di Swedia bentuk kemasannya kayak pasta gigi. Ga tau deh di Belanda kayak gimana..

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P