Cooking Diary: Chiffon Cake Cokelat

Setelah berhasil menaklukkannya di percobaan yang ke-6, Chiffon Cake menjadi salah satu kue cemilan andalan yang sering banget gue buat di rumah. Kalo lagi pingin yang embes-embes ya pasti baliknya bikin kue ini lagi. Apalagi resep Chiffon yang gue dapat dari Bude gue gampang banget bahannya dan ukurannya pun ga terlalu besar (cuma pakai 4 telur aja).Buat ngesnack serumah mah jumlahnya ga berlebih banget. Karena udah nyaman bikin Chiffon, gue jadi suka penasaran akan varian rasa lain dari kue ini. Sempet cap cip cup inisiatip ngerubah beberapa bahannya, eh kok hasilnya kurang greget. Makanya pas liat postingan foto Chiffon Cake Cokelat ini di Pathnya Indah Mumut, langsung penasaran pingin nyoba juga, dan ternyata.. enyaaaaak..

Chiffon Cake Cokelat

Resep Chiffon Cake Cokelat

Bahan-Bahan:

Bahan A:

  • 6 butir kuning telur
  • 70 gr Minyak sayur
  • 130 gr Susu cair
  • 160 gr Dark Chocolate batangan – lelehkan dan biarkan dingin
  • 30 gr Cocoa bubuk
  • 60 gr Tepung protein rendah
  • 10 gr Tepung Maizena
  • ½ sdt Baking Powder
  • ½ sdt Baking Soda

Bahan B

  • 6 butir putih telur
  • 100 gr Gula pasir (ini bisa disesuaikan dengan selera)
  • ½ sdt Cream of tartar (optional)

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 160°C
  2. Kocok lepas kuning telur dengan whisk, masukkan susu, minyak dan cokelat leleh. Aduk rata pakai whisk.
  3. Masukkan bahan campuran tepung (teks biru) sambil diayak. Aduk menggunakan whisk sampai halus dan tidak mengerindil. Hasil adonan kental.
  4. Kocok putih telur sampai mulai berbusa, masukkan cream of tartar. Lanjutkan kocok putih telur sampai mulai mengental, tuang gula sedikit demi sedikit dan aduk terus sampai kaku (stiff peak).
  5. Campur kocokkan putih telur ke dalam adonan cokelat secara bertahap (dibagi menjadi 3-4 tahap) dan aduk dengan teknik ngangkat, bisa menggunakan spatula atau whisk (personally gue lebih memilih ngaduknya menggunakan whisk kecil).
  6. Tuang ke dalam loyang Chiffon 20cm yang TIDAK diolesi apapun. Panggang di bagian bawah oven selama 50 menit.
  7. Keluarkan dari oven dan langsung balik sampai kue dingin (bisa disangga botol atau menggunakan kaki yang ada di cetakan).
  8. Dengan pisau yang disisir di bagian tepi dan tengah, keluarkan kue dari cetakan.

Sumber resep: IG @tintinrayner (Japanese Dark Pearl Chiffon Cake)

Hasilnya:

Enak buangeeeet… Rasanya nyoklat abis, manisnya juga pas banget dan yang pasti teksturnya lembut dan super moist. Karena kuenya ga terlalu manis, cocok banget kalau dimakan bareng vla vanilla yang kental atau ice cream vanilla.. Oh so yummeeeeeeeh. Saking enaknya, kue ini gue buat 2 x hanya dalam selang waktu satu minggu aja. Begitu abis, langsung kepingin nyoba lagi.

pakai vla vanilla… enyak abiisss

Gram vs Mililiter

Di dua percobaan yang gue lakukan, ada perbedaan yang mencolok, yaitu jumlah bahan cair yang digunakan di dalam resep. Jadi kalau diperhatikan di resep di atas, bahan minyak dan susu nya menggunakan ukuran Gram dan bukan Mililiter. Perihal ini udah gue tanyakan ke empunya resep di Instagram, tapi sayangnya pertanyaan gue ga dijawab. Jadi ya sudahlah, daripada penasaran, akhirnya gue bikin sendiri 2 kali. Pertama dengan gram dan yang kedua menggunakan mililiter. Kalau gue ukur keduanya ke mililiter sih bedanya ga terlalu jauh banget. Tapi namapun kue yang agak-agak temperamental yaaah, kadang beda-beda tipis juga suka bikin hasilnya beda juga.

Dan setelah dicoba, secara penampakan keduanya terlihat hampir sama. Keduanya sukses mengembang dan ga bantet. Hanya teksturnya aja yang sedikiiit lebih lembut dan moist ketika menggunakan ukuran gram. So, untuk kesempatan berikutnya gue akan ikutin pakai gram ajaaah.

Hasil Chiffon Cake Cokelat menggunakan ukuran gram untuk bahan cair

Hasil Chiffon Cake Cokelat menggunakan ukuran mililiter untuk bahan cairnya, ga keliatan beda jauh yaaa.. 😀

Conclusion

Finally… Resep ini cocok untuk yang suka kue yang nyoklat banget. Kadar kemanisannya tentu bisa disesuaikan dengan selera masing-masing (di resep yang dishare sih gulanya antara 100-120 gram). Cara bikinnya pun menurut gue gampang. Bagian yang paling tricky udah keduga, pasti pas ngocok putih telur sampai kaku dan kemudian nyampurin ke adonan cokelat jangan sampai terlalu encer supaya ga bantet. Tapi rasanya dibanding resep Chiffon lain yang udah gue coba, sepertinya resep Chiffon Cake Cokelat ini agak lebih friendly deh.

Ada yang pernah nyoba resep ini juga? Suka juga kah? Pakai ukuran Gram atau ml?

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

9 thoughts on “Cooking Diary: Chiffon Cake Cokelat

  1. Rietsi Vicia

    Waaah enak banget ini… fotonya bagus mbak bikin mupeng 😀

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih.. suka coklat juga yaa? 😊😊

      Reply

      1. Rietsi Vicia

        Doyaan.. apalagi suamiku 😀

        Reply

  2. misshappyhippo

    Mbak bebe, pernah ngalamin gak pas bikin chiffon cake, setelah didinginin kuenya malah lepas dari loyangnya dan cari agak ciut ke tengah gitu? kira2 kenapa yah, boleh bagi tipsnya dong mbak, kuenya cakep banget sih. 😀 trims yah mbakk

    Reply

    1. Bébé

      Pernah deh kayaknya. Jadi kuenya setelah dingin agak berpinggang di bagian tengah. Itu kayaknya karena ngaduk putih telurnya kelamaan kali yaa.. jd terlalu encer adonannya. Atau putih telurnya belum sampai stiff peak udh dicampur. Biasa sih masalahnya di dua situ aja tuh. 😅😅

      Reply

      1. misshappyhippo

        Sip mbak be, nanti dicoba ngaduk putih telurnya lebih bener! makasih tipsnya.. 😀

        Reply

  3. zilko

    Aduh itu kuenya sungguh menggoda banget Be!!

    Reply

  4. fitri anita

    tambah ahli nih bebe..

    Reply

  5. Tiwie

    Hoo, baru tau alasan kenapa baking ini kue ampe 2x. Ternyata Krn beda takaran yaah, aku kira Bebe doyaaaan bgd Ampe gak jeda lama udah buat lagi kue chiffon 😂😂😂

    Kirim sini Doong kuenyaa 😘

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P