Cooking Diary – Ayam Goreng Asam Manis

Dapet resep ini dari aplikasi Masak Apa dari detikfood yang aku download beberapa bulan lalu. Aplikasinya sendiri gratisan dan diupdate setiap beberapa minggu. Lumayan banget untuk cari2 inspirasi.

Resepnya sendiri ga ribet2 banget. Dibanding sama ayam goreng mentega mah ini jauh lebih simple.

Bahan2nya adalah:

  • 300 gr daging ayam
  • 1 siung bawang putih – diparut
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 butir telur ayam – dikocok rata
  • 100 gr tepung kanji

Untuk Sausnya:

  • 30 gr bawang bombay – dicincang
  • 1 siung bawang putih – dicincang
  • 50 gr paprika merah, iris kasar
  • 2 sendok makan saus cabai botolan
  • 250 ml air
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok teh tepung kanji yang sudah dilarutkan oleh air

Cara Masaknya:

  • Aduk irisan ayam dengan bawang putih, merica dan garam hingga rata.
  • Tambahkan telur, aduk hingga rata
  • Taburi tepung kanji, aduk rata
  • Goreng potongan ayam sambil ratakan tepungnya hingga kering dan matang. Angkat dan tiriskan.

Cara Masak Sausnya:

  • Tumis bawang putih dan bombay hingga layu
  • Masukkan paprika, aduk hingga layu
  • Tambahkan bahan lainnya
  • Masak hingga mendidih dan kental
  • Sajikan ayam dengan sausnya.

Verdict:

Ayam Goreng Asam Manis

Proses buatnya lumayan mudah dan rasanya ternyata enak juga. Ada beberapa items yang aku ubah sedikit, seperti ayamnya aku ga persis 300 gr, tapi cuma 2 potong ayam fillet dan tepung kanjinya aku ga pakai semua 100 gr, tapi kira2 aja sampai ayamnya ketutup semua sama tepungnya.. Aku ga pakai semua karena aku ga tau nanti hasil jadinya gimana, jadi biar ga gagal2 amat, aku kira2 aja. Tapi kayaknya dipakai semua juga gpp sih. Untuk sausnya aku ga tau kalau di resto bentuknya kayak apa (doh) , tapi kayaknya sih hasilnya ga beda jauh. Aku cuma pakai 1 sachet cabai ABC karena si bubu ga suka pedes. Cuma pakai 1 aja dia udah misuh2 pedes (nottalking) , tapi walaupun cuma 1, udah cukup berasa kok pedes2nya. Yang paling aku suka itu bumbu di ayamnya… itu enak banget, cuma makan sama nasi + saos tomat juga kayaknya mantap. Mungkin lain kali aku buat ayamnya aja tanpa saus-nya ^___^ lumayan potong kecil2 jadi kayak makan ayam pok2 atau chicken popcorn yg dijual di hokben itu loh..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

8 thoughts on “Cooking Diary – Ayam Goreng Asam Manis

  1. rina

    hmm…kudu nyoba deh kayaknya..btw foto2 apartemen yang udah jadinya bagus, kiyut hehe…kemaren mau komen di situ eror 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. Kenapa bisa error ya?? (thinking) mungkin pas koneksi hostingnya lg down.. :((

      Waaa makasih.. Ruang tamunya masih blm kelar nih.. Tp males ke Ikea buat belanja2 lagi.. >_<

      Reply

    1. Bébé

      It tasted yummy too.. lol… ^_^

      Reply

  2. utary

    Haduh mbak, ngiler aku liatnya, kayanya gampang ya bikinnya, besok aku mau coba buat juga ah..

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. yang ini ga rumit resepnya.. aku juga suka.. ^_^ pingin bikin lagi, tapi gantian sama resep lain dulu deh.. 😛

      Reply

  3. Food Parade 2 | { a Memory Bliss }

    […] Nah yang ini adalah hasil percobaan ke 18491246196419 x. Hehehehe.. Tengil yak? ga ding, ga sebanyak itu. Tapi udah cukup sering aku nyoba bikin ayam asam manis karena si bubu suka. Masalah yang sering (kalo ga mau dibilang selalu) aku alamin setiap kali aku bikin resep ini adalah saos asam manisnya yang kayaknya ga nyatu antara si air dan saos cabe+saos tomat. So pada percobaan kali ini aku masukin airnya dikit-dikit sambil diaduk supaya nyatu terus. Dan hasilnya.. memuaskan. Warna saosnya jadi orange pekat dan ga pucet seperti aku dapatkan biasanya. Untuk liat resepnya bisa langsung menuju ke postingku yang ini. […]

    Reply

  4. yustine

    Mba, kalo bumbu rendang indofood ada jual gak ya di helsingborg? Btw, Aku tinggal di halmstad mbak, salam kenal, hehehe…

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P