Cooking Diary – Udang Panggang Saus Putih

Akhir2 ini si bubu pingin menu makan malamnya lebih divariasi lagi.. Emang sih sebelum2nya menu makan malam itu kalau ga ayam ya daging sapi giling.. antara dua itu aja puter2 menunya.. Ayam goreng mentega, ayam panggang, ayam bakar, ayam goreng.. Pokoknya udah berbagai macam gaya deh. Sementara daging gilingnya juga sama.. Spaghetti saos bolognese, meatball, dll. Sekarang Alhamdulillah sih udah mulai berkembang. Apalagi setelah aku ngerti kalau ternyata di toko2 asia itu jual berbagai macam seafood, kayak ikan gurame, udang galah, kodok, calamari, sampai gorengan kaki naga pun ada. Jadi pilihan menunya pun bisa makin banyak.

Seperti biasa, aku ngikutin resep dari aplikasi Masak Apa. Udah nyoba beberapa resep mereka, hasilnya ternyata selalu enak2 loh. Si bubu selalu komen kalau rasanya pas. Ditambah lagi biasanya bahan2 yang mereka pakai lebih gampang dicari sama kita2 yang tinggal di LN. Jadi ga keburu males bikin karena ga tau harus beli bahan2nya dimana. Kali ini aku nyoba buat udang panggang saus putih.

Daaaan… hasilnya adalah seperti di bawah ini…

Bahan:
750 g kentang, kupas,kukus, potong-potong
2 sdm keju cheddar parut
Saus Putih:
1 sdm margarin
50 g bawang Bombay
250 g udang sedang, kupas, rebus
1 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
1 lembar bay leaf
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
3 sdm keju cheddar parut
Taburan:
1 sdt daun peterseli cincang

Cara membuat:

  • Tumis bawang Bombay hingga layu.
  • Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
  • Taburi terigu, aduk hingga rata.
  • Tuangi susu, aduk hingga kental.
  • Tambahkan bumbu dan keju, didihkan. Angkat.
  • Siapkan pinggan tahan pans, semir margarin.
  • Susun kentang di dasar pinggan.
  • Tuangi saus putih, ratakan.
  • Panggang dalam oven panas selama 30 menit.
  • Angkat, taburi peterseli, sajikan panas.

Untuk 4 orang

Resep asli bisa diliat di: http://us.detikfood.com/read/2009/11/06/111829/1236515/362/udang-panggang-saus-putih

Untuk rasanya… Creamy dan cheesy bangeeeet.. padahal kita pakai kejunya juga kurang lebih sama seperti yang ada di resep. Kalaupun lebih paling ga beda2 amat. Tapi entah kenapa berasa banget rasa kejunya. Ditambah rasa udangnya.. hmmmm… enaaaaak. Biasanya aku kalau makan kentang ga bisa banyak2. Selalu ngerasa begah dan eneq padahal baru makan sedikit. Kali ini karena ketutup saos putih plus udang, ga berasa lagi deh tuh eneqnya. Udah gitu cara buatnya pun ga susah. Intinya cuma rebus kentang, trus taro di piring tahan panasnya. Selesai buat saos putihnya langsung siram ke piring, panggang deh.

Buat yang lagi cari2 resep alternatif, aplikasi masak apa ini aku bilang lumayan juga. Resepnya selalu update dan yang paling penting itu adalah aplikasinya gratis. Untuk layanan resep terbarunya pun free… Kurang apalagi coba..

PS: Post ini bukan post berbayar loooh..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

18 thoughts on “Cooking Diary – Udang Panggang Saus Putih

  1. Anggie

    Waah.. beneran kok bagus pic-nya bebe.. *biardilemparudangnya.. 🙂
    Fotonya pake kamera seri berapa sey.. *biarditimpukkamera…

    Reply

    1. Bébé

      Siap2 nadah udangnya yaaaa… nih aku kirim dari sini…

      kalau kameranya masih ga berani nimpuk.. nunggu dibeliin baru dulu ya sama si bubu..

      Reply

  2. epi

    gorengan kaki naga itu apa be? haduh ngiler deh liat udang saus putih nya 😀 ga berasa amis ya be udang di panggang gt?

    Reply

    1. Bébé

      Itu loh yang kayak buntelan trus ada tangkainya.. Biasanya sih bahan dasarnya daging ikan. Tapi kalau kaki naga disini pakai daging kepiting.. enyaaaaaak…

      Ga kok, kan sebelumnya direbus dulu udangnya.. Jadi enak2 aja rasanya.. ^_^

      Reply

  3. Nova

    aku percaya kalo ini enak! udah keliatan dari fotonya be.
    malem2 liat foto begini jd laper lagi deh

    Reply

    1. Bébé

      Ayooo bikin jugaaa, nanti kirim kesini yaaa..

      Reply

  4. Zilko

    wuih bener tuh kayaknya mantap udang panggang saus putihnya!!

    Reply

    1. Bébé

      mantap bangeeeeet mana gampang lagi caranya, bikin makin mantap..

      Reply

  5. Doewi

    Siii….ada gunanya gue liat blog mu dev….kaya gue hari ini, ngak da waktu banyak buat masak buat misua karena Aidan lagi sakit plus emaknya juga ikutan walhasil Resep ini akan gue coba buat makan malemÖP thank babe….sering2 post yang banyak menu2 masakanya nengÖ=

    Reply

    1. Bébé

      siaaaap… Aidan sakit apaaa?? kecian.. salam kecup ya buat Aidan biar cepet sembuh

      Yoi yang ini gampang, soalnya cuma modal rebus2 aja, apalagi udang disini seringnya udah di rebus kan.. makin mantaap

      Reply

  6. angela

    aduh keliatannya yummy banget, langsung laper! uda baca resepnya juga keliatannya gampang juga yah…
    tapi aku sudah nyaris tak berani makan udang karena takut alergi kumat, padahal sebenernya doyan bangeeeeeet T_____T
    ganti ikan kali ya *ngarang*

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah, alergi udang? hmm, ganti ikan bisa ga ya kira2.. mungkin sih bisa, tapi aku ga tau ikan apa yang kira2 cocok.. hihihi..

      Reply

  7. Ely Meyer

    kamu kalau motret makanan .. asli … bagus banget Be, makananya terlihat menantang begitu menggoda nafsu 😀 .. kayak di majalah kuliner saja, aku kalau motret makanan kok jadi kaku ya, nggak bisa bagus krn aku biasa dan lebih suka motret benda benda yg bergerak kayak burung, rusa dsb, sensasinya luar biasa bagiku kalau sdh bisa motret mereka, kalau motret makanan, nyerah aku, mereka nggak bergerak sih hahahahahahaha *alasan saja*

    dah lama ndka makan udang, kaykanya bisa diganti dgn ikan ya 🙂

    Reply

    1. ~Amela~

      iya,, setuju sama mbak ely..
      foto2 makanannya selalu sukses bikin cacing di perut demo minta makan

      Reply

      1. Bébé

        @mba Ely… aku malah ga bisa foto burung gitu2.. refleknya kurang canggih. Jadi suka telat. Apalagi burung tuh, wuuuh kepala sampe muter2 ngikutinnya, eh pas dijekrek hasilnya antara cuma dapet kepalanya, ato dapet semua tapi blur banget. Baru sekali aku bisa dapet yang lumayan hasilnya.. hihihi…

        @amela… awww.. btw, yakin tuh masih cacing? bukannya udah jadi naga? cup muach ah..

        Reply

  8. niee

    waaahhh aplikasinya kayak gimana? mau aahh pake..

    dan udang panggangnha emang kelihatan enak bener dah… *pengen nyicip* 😀

    Reply

    1. Bébé

      tinggal donlot aja kok, coba liat di sini http://us.detikfood.com/masakapa. Ada buat BB, iphone/ipad, sama android. Tinggal pilih aja.

      Reply

  9. My Xmas Story | { a Memory Bliss }

    […] menunya yang termasuk Homemade Swedish Meatballs with Spaghetti & tomato sauce, Mini cupcakes, Udang saos keju, dan yang selalu jadi andalan… Puding Almond […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P