Intermezzo

Permisiiii.. mlipir lagi dari cerita jalan-jalannya… Mau bagi-bagi cerita sedikit sebelum ngelanjutin kisah kemarin.

* * * *

Marhaban ya Ramadhan

Ga berasa tinggal dua hari lagi udah masuk bulan Ramadhan. Alhamdulillah masih dikasih umur buat ngejalanin bulan suci ini. Beda dari sebelumnya dimana waktu puasa di Swedia itu 18 jam. Tahun ini kalau ga salah nambah 1 jam lagi – jadi genap 19 jam. Kalau dibayanginnya sih bikin pusing sendiri, tapi Insya Allah pas dijalanin ga. Tahun lalu juga ternyata kuat 18 jam. Bolongnya pas lagi dateng bulan aja.

Aku ga tau tahun lalu sempet curhat ato ga di blog tentang makan selama puasa. Tapi kebiasaan sahurku selama puasa di Swedia agak-agak ga sehat nih. Jadi aku pernah nyoba sahur dengan makan nasi dan lauk plus minum susu dan air putih. Tradisi standar kayak waktu di Indo. Eh ga tau kenapa, seharian kepalaku pusing banget. Malah nyaris muntah saking pusingnya. Aku pun sempet mau buka aja karena ga tahan mau minum obat pusing. Cuma kepalang tanggung tinggal beberapa jam, aku paksain terus sampai buka.

Besokannya aku coba saur hanya dengan minum susu dan air putih yang banyak. Ga tau kenapa badan rasanya malah enteng dan seger-seger aja seharian. Pusing sedikit sih, namanya juga ga pake makan 18 jam. Tapi ga sampe kayak sebelumnya yang aku ga bisa gerak sama sekali, cuma ngelingker di kasur pegangin kepala yang udah kayak mau pecah. Dan itu ga cuma kejadian sekali aja. Tapi setiap kali aku makan, seringnya sakit.

Ada tips ga buat sahurku puasa tahun ini? rencananya sih puasa pertama besok aku mau pakai makan sahur dulu. Cek cek angin lah ceritanya. Apakah efeknya sama kayak tahun lalu atau ga.

Btw, Aku sekalian mau minta maaf siapa tau tulisanku pernah nginggung atau kalo pas lagi ngobrol/becanda di FB/twitter/WA sempet nyinggung perasaan kalian yaaa. Ga maksud kok.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman…

* * * *

The Hunger Games

Beberapa bulan lalu film The Hunger Games rilis di bioskop dan kayaknya langsung happening banget. Temen-temen blogger juga ternyata banyak yang suka sama cerita di buku dan filmnya. Aku pun pingin juga nonton di bioskop. Cuma karena bubu ga mau (padahal udah diajakin terus), ya akhirnya terpaksa nunggu BluRay-nya keluar dulu baru bisa nonton.

Sementara itu aku udah niatan mau baca bukunya. Setidaknya pas nonton nanti ga plengo-plengo banget pas liat karakter dan inti ceritanya. Mau beli bukunya, mahal. Pilihan berikutnya yang paling ok ya minjem dari perpus deh. Masalahnya, sama kayak di Indo – di sini juga THG itu happening banget. Jadi buku-bukunya selalu aja statusnya lagi dipinjam.

Setelah nungguin beberapa lama, akhirnya si bubu bilang untuk minjem yang versi bahasa Swedia aja. Bukannya kebanyakan gaya, tapi karena aku sekarang udah ga sekolah lagi, takutnya lama-lama ilang kemampuan bahasa Swedianya. Akhirnya dia coba ngecek status bukunya dari internet dan ternyata ada tuh buku 1-3 di perpus.

Hari Senin kemarin aku langsung berangkat untuk menjemput ke-3 buku tersebut. Sampai dibagian buku anak-anak yang ada cuma buku 2 dan 3. Aku tanya ke petugas perpusnya ternyata buku pertama baru aja dipinjam orang . Cih, keduluan lagiiiii temaaaan. Si petugas perpus kemudian nanya apa aku mau baca yang versi bahasa inggris aja? Aku langsung ngangguk mau. Tapi ternyata ga ada juga. #Ngik. Alternatif terakhir dia nawarin versi audio book-nya dalam bahasa Inggris. Berhubung aku ga pernah dengerin audio book, ya aku iyain aja. Nyoba sekali-sekali deh.

Gimana rasanya dengerin audio book? Susaaaaaaaaah… Aku sengaja nge-rip cd-nya jadi bisa ditaro di hp dan didengerin pas mau tidur supaya lebih konsen. Eh tangannya malah iseng buka-buka twitter, blogwalking, dll. Ga fokus abieess… Jadi pas bagian awal-awal sempet ke-skip beberapa bagian gitu deh. Cuma setelah itu hp-nya aku taro bawah bantal dan aku dengerin sambil merem. Lumayan sih langsung bisa lebih fokus dengerin ceritanya, yang ternyata seru juga. Kemarin aku dengerin sampai awal chapter-3, dimana Katniss-nya baru cerita tentang si anak penjual roti itu. Masih a long way to go ya rasanya…

Yang agak ganggu dari audio book ini… karena yang cerita pakai suara perempuan, kalau lagi meniru suara-suara cowo suka ga banget hasilnya..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

48 thoughts on “Intermezzo

  1. applausr

    dulu waktu di australia juga sama tuh… puasanya lebih lama ya…. semoga tahan tuh ya…

    belum pernah dengerin audio book… mungkin lebih baik sambil nyupir kali ya… lebih enak…

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiin, semoga..

      Dengerin sambil nyetir kayaknya seru juga. Tapi pasti kadang2 suka ga fokus deh.

      Reply

  2. ellalae

    semoga puasanya lancar ya kak.. semangat!!! ^__^
    aku belom pernah tuh denger audio book.. klo ga beli buku ya paling banter cari ebooknya aja..
    ebook THG banyak kok kak.. yg versi bahasa inggris..
    aku mau cari yg versi bahasa Indonesia ga ada, jdnya nunggu tanteku beli aja deh br minjem..
    pas buku 1-2 nyelesainnya cepet banget.. pas udah masuk buku 3 males.. jdnya belom kelar deh ampe skarang.. hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Amin, thank you..

      Ebook bacanya suka males dari hp ato ipad.. hahahaha.. walaupun lebih enak sih daripada buku.. setidaknya gelap2 bisa dibaca.. ^__^

      buku ke-3 emang kenapa? ga bagus kah? iya nih yang ke-1 aku juga cepet banget dengerinnya.. sekarang udah nyaris kelar.

      Reply

  3. kittenholic

    eh lucu tuh audio book. belom pernah denger gw. jadi kaya didongengin gt ya? dia pake intonasi2 suara gitu juga? kayanya menarik hihihi.

    met menjalankan ibadah puasa ya be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya, jadi suaranya berubah2 gitu deh sesuai sama karakternya. Awal2 sih aneh dengernya.. lama-lama kebiasaan juga.

      Thank you yaaa..

      Reply

  4. Nina

    ya allaaaaah beeee… bener2 ujian yaah 18 jam saluuuuuut hehehee 🙂
    Btw, kalo utk urusan menu aku jg gk jago sih, justru kalo udah dkt ramadhan ini aku takut semakin kurus
    karena selera makannya jadi berkurang, mana utk nambah 1 kilo aja susahnya minta ampun hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Hooh… aku juga kalo ramadhan suka males makan. Keburu kebanyakan angin kayaknya ahahahaha.. jadi kenyang duluan deh.

      Reply

  5. Angel

    Semoga puasa kali ini ga pusing2 lagi ya, Be 🙂

    Ngomong2 audio book, gw paling ga bisa deh haha. Sama kayak lu. ngga konsen. yg ada mata & tangan malah jail ujung2nya ga dengerin suara yg ngomong. 😛

    buku ke-3 hunger games masih blum kulanjutkan hiks. sejak ada gadget entah kenapa jadi malas pegang2 buku T_T

    Reply

    1. Bébé

      Amin.. semoga.. 😀

      Tapi ternyata lama2 bisa juga loh dengerin sambil multitasking.. Sekarang juga bales komen sambil dengerin audiobooknya nih..

      Waaaaaah… buku ke-3 memang ga seru ato gimana?

      Reply

      1. Angel

        bukan ngga seru sih, Be. Lebih ke gua nya yg males buka buku hahaha. Kalo udah sampe tengah/seru, baru deh dilahap sampe abis bukunya. niat membuka bukunya ini loh yg susah ><"

        Reply

        1. Bébé

          Ahaaaa.. abis tadi baca beberapa pada mentok di buku ke-3.. kirain kayak twilight.. pas buku ke-3 langsung ngedrop ceritanya.. hihihihi.. coba audiobooknya aja ngel… siapa tau suka.. hihihi..

          Reply

  6. Ratih Setiawati

    Bebe, selamat menjalankan puasa yaaaa…..tetap semangat! alhamdullilah puasa aku pertama kali sejak bareng ama suami nih. dan alhamdulillahnya krn lagi musim dingin di sini, jadinya puasanya cuma 11 jam aja, kayak di Jakarta oiya, Bebe sudah berani ya kemana2 sendiri di sana? terus kalo komunikasi sama orang sana, udah pake bahasa lokal atau masih bahasa Inggris?

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama….

      Wah enaknya.. jadi ga kerasa beda banyak ya kalau 11 jam.
      Aku udah suka jalan-jalan sendiri dari tahun lalu. Disuruh suami ga boleh takut. Harus berani nanya2. Dulu sih masih suka ditemenin adek ipar, tapi sekarang ga.

      Sebisa mungkin pake bahasa lokal. Paling kalau udah mentok baru deh aku ganti bahasa inggris.. hihihi..

      Reply

  7. melissa

    kalo aku dengerin audio book di kasur mungkin yg ada ketiduran kali ya

    the hunger games juga baru baca buku pertamanya doang, buku2 selanjutnya belom baca lagi… antara mau beli tapi sayang duit dan males bacanya hahaha…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahahaha.. aku juga jadi cepet ngantuk..

      Ini bentar lagi kelar buku pertama. Yang ke-2 pake bahasa swedia. ga tau deh tahan lama ato ga tuh.. ahahah. ato malah nagih mau dengerin audiobook lagi nih.

      Reply

  8. arman

    moga2 puasa kali ini semuanya lancar gak ada masalah ya be…
    mohon maaf lahir batin juga ya…

    btw gua gak pernah lho denger audiobook. lebih seru kalo baca sendiri atau denger audiobook be?

    Reply

    1. Bébé

      Amin.. thank you Man.. sama2..

      Ternyata audiobook seru juga man.. udah mulai nagih nih sekarang. Kadang nadanya suka ga pas sih, tapi seru aja daripada baca sendiri. Padahal gw udah dapet ebook-nya juga, tapi tetep milih dengerin audiobook.

      Reply

  9. Zilko

    Audio book itu berarti kayak suara rekaman orang yang membaca bukunya gitu ya?? Hmmm. Belum pernah coba aku. Berarti kayak lagi didongengin orang gitu dong ya, huahahaha

    Anyway, selamat menunaikan ibadah Puasa ya Mohon maaf lahir dan batin

    Reply

    1. Bébé

      Iya.. satu orang bacain dengan berbagai macam suara. bener-bener kayak didongengin. Coba ko kapan2.. di perpus sana ada ga? aku kayaknya juga mau minjem lagi nih.. hahahaha.. malah nagih.. 😛

      Terima kasih.. sama-sama ya Ko..

      Reply

  10. Rifi

    Gue juga ga sahur be. Minum air putih aja ato minum susu, soalnya males 😀 😀
    Kalo badannya lebih kuat gitu, ya gpp. Minum teh buat energi aja, soalnya 18 jam bok.

    maaf lahir bathin ya. Semoga puasanya dipermudah.

    Reply

    1. Bébé

      Iya ya.. daripada kenyang paginya, tapi malah tepar pas sorenya. Ga kuat kali badan gw kalo makan gitu.

      Sama-sama fi.. di sana berapa lama puasanya?

      Reply

      1. Rifi

        16.5 jam

        Kayaknya Rika taun lalu ikut yg puasanya dikurangi deh. Setau gw gpp, krn tujuan ibadah kan bukan untuk memberatkan.

        Reply

        1. Bébé

          Nah itu dia.. gw ga tau yang puasanya dikurangin berapa lama jadinya.. ahahaha.. tapi sempet baca2 aja sih emang ada yang gitu.. ^__^

          Reply

  11. ~Amela~

    iya.. bentar lagi puasa ya kak.. maapin akuh juga ya kalau ada salah.. 😀
    semoga bisa istiqomah menjalani puasa.. muach :*
    aku belum pernah tuh dengerin audio book. .dan ga pingin.. soalnya kemampuan audioku ga begitu bagus. pasti ga konsen jadinya

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama Amel..
      Amiiin..

      Ahahahaha… iya nih kalau dengerin audiobook harus bener2 konsen.. tapi kalau udah agak lama, bisa kebiasaan juga kok sembari ngelakuin yang lain.

      Reply

  12. Tikka

    wah, semoga tahun ini puasanya lancar ya bu ^^. Jadi inget kaset suara ksatria baja hitamku hehe tapi bedanya ini cuman suara dubbingan direkam ke kaset hehehe ^^

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahahahaha.. ada yaaa? aku ga pernah tau.. Dapet darimana Tik?

      Amiiin.. makasih yaaa..

      Reply

  13. Desi

    wakwawww.. 18 jam ?? oalaah pantesan aja pusing2 be.. tapi lo kuat juga ya be, kalo sahur cuma minum susu ama minum aer putih doang..
    Kalo gw sahur kayak gitu, udah makin kurus kerempeng aja gw..

    Oia..maap lahir bathin juga yaa… Insya Allah puasa taun ini bisa lebih baik dari taun2 sebelumnya..

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu diaaa.. gw pingin makan, tapi malah pusing.. ahahahaha..

      Sama-sama Des, Insya Allah lebih baik ya..

      Reply

  14. dea

    waaa ga kerasa yaa puasa tinggal 1 hari lagi.. maafin saya juga ya bila ada kata2 yang kurang enak di dengar .. !! 😀

    Reply

    1. Bébé

      Sama-sama.. IYa.. nanti malem udah pada sahur yaaa..

      Reply

  15. lulu

    19 jam? hebat!!!
    kalau aku emang males makan nasi kalau sahur, apalagi akhir2 ini. Ya kalau pengen nasi ya makan juga, tapi gak tiap hari. Biasanya aku makan apel, minum Energen, dan banyak minum air putih. Tahun ini mau nyoba bikin jus aja, biar gak ngunyah dan lebih banyak buahnya, kalau di jus, makan 2 apel kan gak kerasa. Tapi tetep pake Energen biar anget dan ada cerealnya. Trus air putih dan minum madu.
    Maaf lahir bathin juga…..selamat berpuasa

    Reply

    1. Bébé

      Wah, jus kayaknya ide bagus tuh. Aku coba ah tahun ini. Bikinnya dari malem sebelumnya, jadi ga perlu bikin lagi.. pasti gede males.. ahahaha..

      Di sini sayangnya ga ada energen, padahal enak.. aku juga suka.

      Sama-sama.. semoga lancar puasanya kita tahun ini..

      Reply

  16. ini_dhita

    bebe mohon maaf lahir batin ya 🙂
    minum vitamin juga deh..biasanya bikin badan tambah kuat (kalo di gue sih)
    ihh aku kagum padamu bisa kuat 18jam.
    gue dulu 15jam deh kalo ga salah rasanya mo pingsan. untung pas dulu kuliah, puasa itu biasanya lagi liburan semester. jadi sering pulang aja..

    semoga taun ini puasanya lancar ya be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Di sini bingung mau beli vitamin. Enaknya vitamin apa ya? C kali ya?

      iyaaaah.. sama kaget juga.. cuma untungnya kan makin hari makin pendek tuh waktunya.. jadi lama2 ga terlalu susah..

      Reply

  17. della

    Subhanallah, 19 jam?????
    Harus sering-sering inget Bebe nih kalo lagi lemes siang-siang, biar tetep semangat ngejalanin puasanya 🙂
    Nggak bisa ngasih tips apa-apa Be, aku kalo sahur malah mesti lengkap nasi, daging, sayur, susu, aer putih, dan no suplemen karena nggak ada yang cocok ma lambung.

    Audio book.. kayaknya keren ya, mungkin kayak lagi dengerin sandiwara radio ya? 😀

    Maaf lahir bathin juga, met puasa ^___^
    Btw, di sana puasanya tanggal berapa? Ud nggak sabar engen denger ceritanya deh 😉

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaah.. lengkap bangeeet. Aku kalau di Indo juga makannya lengkap. Nasi+lauk+susu. Tapi disini ga bisa.. ahahahah.. males juga sih masaknya.. 😛

      Puasanya mulai hari ini (tgl 20)..

      Reply

  18. Zipora Maria

    Selamat menjalankan ibadah puasa ya be…moga lancar2 aja ibadahnya. Aneh banget ya, makan lengkap malah keliyengan, minum susu doang malah kuat hehehe. Emang aku bukan muslim tapi sering juga puasa, aku sendiri kalo sahur gak bisa makan lengkap bawaannya mual pengen muntah, tos deh kalau gitu

    Reply

    1. Bébé

      Thank you.. Amiiiin..

      Iyaaa.. lambungnya ga kuat kali yaaa.. ato gimana.. Setelah beberapa kali coba, selalu pusing.. aku ga berani lagi makan sahur. Takut.

      Waaaaaah.. toss dong..

      Reply

  19. Dani

    Wuih.. 18 jam? Gak kebayang deh Be.

    Mohon maap lahir batin juga ya. Semoga ibadah Ramadhannya lancar-lancar.

    kok aku juga belom tertarik nonton/baca hunger games ya? 😀

    Reply

    1. Bébé

      Amiiin.. Sama-sama…

      Coba ajaaaa.. aku juga awalnya biasa aja.. tapi pas baca lama2 penasaran.. sekarang malah nagih..

      Reply

  20. Fety

    Met puasa bebe :))

    Reply

  21. niee

    waaahhh apa rasanya ngedengerin audio book yak? secara aku gak suka dengerin musik dan radio.. pasti bukannya denger malahan ketiduran deh aku.. hehehehe.. ini apa bukunya dibacain atau seperti sandiwara radio gt mbakbe?

    dan soal ramdhan gmn ceritanya neh udah hari keenam klo di indonesia.. semoga bs kuat sampe akhir yak..

    dan mohon maaf lahir batin mbak 🙂

    Reply

    1. Bébé

      kayak dibacain aja Niee.. jadi satu orang gitu yang baca, tapi setiap bagian percakapan, dia pakai suara yang beda2. Jadi rasanya kayak ada beberapa orang.

      Amiiin.. semoga kuat terus.. ^_^

      Sama-sama ya Niee..

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P