Photoshoot Sneak Peek & Tutankhamun Exhibition

Hej allihopa… hur är läget?  :bye2:
Hayoooo… tulisan di atas artinya apa hayooooo?? Hihihihi.. Silahkan coba dicari dulu artinya. Kalo udah ketemu, tolong pada jawab di kolom komen yaaaah..

Enihooo.. wiken gw ini cukup seru. Setidaknya sabtu minggu terisi dengan kegiatan menyenangkan setelah wiken-wiken sebelumnya dimana kami berdua stuck di rumah karena gw sempet ga enak badan dan cuaca juga lagi ga enak banget.

Jadi, Bebe ini sebenernya ngapain aja siiiih?

Baiklah.. karena udah pada penasaran, aku kasih tau deh *idiiih, geer bener be*.

* * * *

Photoshoot

Alhamdulillah setelah proyek prewed pertama gw dulu, neng Sasa ternyata mau pakai jasa gw lagi. Kali ini gw diminta untuk ngedokumentasiin proses pindahan rumahnya dia dan sang tunangan. Proyek ini lagi-lagi adalah untuk pertama kalinya buat gw, karena ya seumur-umur gw ga pernah motoin orang pindahan. Kalo ngerasain pindahan sendiri mah udah.. hihihi..

Proses foto-fotonya sendiri seru karena hari Sabtu kemarin pas banget lagi ujan salju. Jadi kebayang deh, dingin-dingin gitu Simon dan kawan-kawannya harus bolak balik naik turunin furniture dari mobil box dan gw+Bubu harus sliwar-sliwer ngejar-ngejar mereka buat dapet momen-momennya.

Untuk hasil fotonya sendiri.. masih belum gw edit nih.. ahahaha.. Nanti kalau udah jadi, pasti gw pajang di sini deh.. Janji..  😉

Selain moto-moto, neng Sasa juga rekues puding almond cocktail yang gw bawa ke acara kumpul-kumpul beberapa minggu lalu. Ketagihan nampaknya neng Sasa inii.. muahahahaha. Awalnya si Sasa nyaranin untuk pakai cup-cup kecil aja kayak di Indo gitu. Masalahnyaaaa.. setelah bolak-balik liat gelas-gelas plastik di tempat kerja, ga nemu tuh cup-cup kecil gitu. Akhirnya gw ganti pake glas wine plastik aja deh. Jadinya ternyata unyu banget loooh..

pudingsasa1

Gimanaaaa? bikin pada mau mesen gaaa? ahahaha..  :like_food:

* * * *

Tutankhamun Exhibition

Kalau hari Sabtunya diisi dengan bekerja (sekalian kumpul-kumpul juga), hari ini (minggu) gw dan Bubu nyempetin untuk nonton sebuah exhibition spesial mengenai Pharaoh terkenal dari Mesir bernama Tutankhamun. Pameran ini sebenernya udah diadain dari bulan September lalu, tapi selalu aja ada alasan yang bikin ga nonton-nonton. Dan jujur aja seeeh, gw awalnya juga ga paham-paham banget si Tungtangtangtung ini siapa dan pameran ini tentang apa. Nah, mumpung minggu ini sekalian lagi nyewa mobil karena proyek foto-foto itu, jadilah sama Bubu diajakin untuk liat pamerannya sekalian. Apalagi ternyata pameran ini cuma ada sampai minggu depan. Wuuiih jangan sampe nyesel karena kelewatan kan.

exh01

Untuk beli tiketnya, beberapa hari yang lalu si Bubu udah mesen lewat internet dan dia harus membayar 195kr atau sekitar 300rb rupiah per-orang. Lumayan juga ya harga tiket masuknya. Tapi setelah tadi liat isinya, rasanya ga nyesel sih harus bayar segitu. Dan ternyata juga keputusan si Bubu untuk beli tiketnya secara online itu keputusan yang bener banget. Setibanya kami di sana tadi pagi jam setengah 11, antrian yang mau beli tiket udah cukup panjang. Belum lagi antrian untuk masuk ke pamerannya. Beuuh, Alhamdulillah banget banget kami bisa motong antrian gitu. ^_^

Setelah nitipin jaket, kami berdua menuju ke konter berikutnya untuk mengambil audio guide yang sudah termasuk ke dalam harga tiket masuk. Pilihan bahasanya lumayan banyak juga. Ada bahasa Inggris, bahasa Denmark, bahasa Swedia untuk dewasa dan untuk anak-anak. Gw milihnya mah yang aman aja lah, bahasa Inggris. Abisnya kalo nekat mau pake bahasa Swedia takutnya ga ngerti lagi doski ngomong apaan. Daripada ujung-ujungnya cuma planga-plongo doang pan. Hahahaha.

exh02

Gantungan audio guidenya.. kereeen. Pingin bawa pulang deh.. ^^

Sewaktu masuk ke bagian pertama pameran ini, kami berdua disambut dengan berbagai macam informasi mengenai Mesir pada masa itu, sejarah Tutankhamun, patung sang Pharaoh sendiri dan beberapa hiasan dari masanya. Sembari baca-baca semua keterangan yang ada, gw juga menyempatkan untuk mendengarkan beberapa informasi yang diberikan oleh audio guide.

exh15

Beberapa perhiasan dari jaman Tutankhamun

exh03

Setelah denger penjelasan awal di ruangan pertama itu apakah gw mulai ngerti pameran ini sebenernya tentang apa? Ya sopastiii.. masih tetep nggak dooong.  :doh: . Gw nebaknya itu “oh ok, pameran ini bahas soal masa kejayaan para pharaoh gitu kali yaa.” Yang ternyata tebakan gw itu masih salah juga kakak. Nyahahaha..

Setelah puas ngeliat dan baca semua info yang ada di ruang pertama, gw dan Bubu mulai ngikut antrian di depan sebuah pintu. Awalnya sih gw bingung gitu, ngapah juga ini semua manusia desel-deselan pada mau masuk pintu tersebut? Biasanya kan kalo pameran gitu walaupun ada jalur-jalur khususnya, tapi ga pake acara antri-antri segala pan. Setelah nunggu selama 10 menit, semua misteri yang menyelimuti gw tadi akhirnya terjawab juga.

exh04

Begitu memasuki ruang ke-dua, kami berdua bersama beberapa puluh orang lainnya diharuskan berdiri di depan tiga buah layar yang secara serentak menyala bersamaan dengan audio guide yang sudah kami pegang masing-masing. Puantesan selama nunggu tadi kok gw ga denger suara apapun dari dalem, eternyata hebring gini caranya. Kereeeen.

Eniho, di ruangan ke-dua ini kami diajak mengenal sejarah sang Pharaoh Tutankhamun yang ternyata adalah Pharaoh paling terkenal dari Mesir. Beliau ini menjabat menjadi raja ketika masih  berumur 9 atau 10 tahun menggantikan sang ayah yang meninggal dunia. Gile, kebayang ga sih masih piyik gitu tiba-tiba disuruh mimpin suatu kerajaan aja getoo.

Tapi ternyata umur sang Pharaoh ga panjang. Beliau meninggal ketika masih berumur 19 tahun karena alasan yang masih misterius sampai sekarang. Dan setelah meninggal, makamnya susah banget ditemuin (ga seperti makan Pharaoh yang lain). Sampai akhirnya seorang Arkeolog dari Inggris bernama Howard Carter berhasil menemukan makamnya di daerah Valley of the Kings.

Dari ruangan ke-dua tadi, kami semua menuju ke ruangan ke-3 yang ternyata dibuat seperti teater mini. Di tempat ini dijelaskan lebih detail perjalanan Howard Carter dalam usahanya menemukan makam Tutankhamun dan usahanya untuk mengeluarkan semua isi makam setelah dia berhasil menemukannya.

Di ruangan berikutnya kami diajak melihat bentuk ruangan di dalam makam sesuai yang dilihat Howard Carter saat pertama kali dia masuk ke sana. Semua barang-barang bagian ini diletakan seperti adanya saat ditemukan.

Ahaaaaa.. sekarang saya baru ngerti pameran ini tentang apaaaa. Ceritanya itu mau kasih tau dan kasih liat kisah ditemuin makamnya dan segala macam isinya tooooh.. oalaaaaahmakjaaan..  *agak lama ya Be sadarnya* *kasih gibolan* :doh: .

exh06

exh05

Suasana di dalam Anterchamber, semua posisi barang-barangnya persis sama seperti aslinya.

Dari situ perjalanan dilanjutkan dengan sebuah pameran bentuk peti sang Pharaoh dan sarkofagus tempat penyimpanan mummi Tutankhamun. Sewaktu dengerin cerita Howard Carter — dimana saat dia nemuin petinya untuk pertama kali, dia melihat sebuah pintu yang dibelakang pintunya ternyata ada pintu lagi dan terus gitu sampai ketemu lapisan ke-4, gw cuma bisa geleng-geleng kepala. Ga cuma wafer doang nek yang lapisannya banyak. Peti-nya Tutankhamun ini juga banyak bener noh.

Pertanyaan gw selanjutnya yang kali ini bikin pusing kepala adalah gimana caranya bikinnya coba? gimanaaaaaaa??? Mana katanya tiap kotak itu berat banget karena keseluruhan lapisannya menggunakan emas murni. Wuedaaan, ga kebayang deh pas bikin kayak apa rempongnya.

exh18Bubu di depan peti lapisan 3 dan lapisan 4

exh19

Isi dari peti pertama

Udah petinya riweh, sarkofagusnya juga ternyata berlapis-lapis lagi. Esumpe yeee, asli ribet kali mereka. Untungnya kali ini cuma 3 lapisan ajah, yuk mariii. Bentuk sarkofagus yang berlapis itu bisa dilihat bentuknya seperti foto di bawah ini…
exh17

sarkofagus 1 dan sarkofagus 2

exh08

sarkofagus 1 dan sarkofagus 2 sebelah-sebelahan
exh11

Kalau yang ini adalah tutup dari sarkofagus ke-3 dan tempat sang mummi Tutankhamun dibaringkan. 

Dan isinya adalah…

exh12

Ketika sarkofagus terakhir ini dibuka, ternyata Tutankhamun menggunakan sebuah topeng dibagian kepala sementara bagian lain tubuhnya seperti layaknya para pharaoh dibalsem dan dililitkan oleh beberapa lapisan kain dan membentuk mummi.

exh10

Topeng Tutankhamun dari beberapa sisi

exh16

Sewaktu para peniliti berusaha membuka lilitan mummi Tutankhamun baru ketauan kalau disela-sela lilitannya itu menggunakan banyak perhiasan yang ditempel di beberapa bagian. Bentuknya bagus-bagus sih, tapi yang gw foto cuma satu dan bisa diliat di foto atas bagian kiri.

Selain memamerkan isi makan Tutankhamun, exhibition ini juga memajang artefak yang dimiliki oleh sang Pharaoh. Contohnya seperti kursi singasana dan kereta kudanya yang semua berlapis emas murni dan diukir indah. Jadi mikir, doski ga pusing ya semua warna furnitur-nya kuning mentereng gitu. Gw cuma liat bentar aja sakit kepala loh. Kayaknya emang selera gw belon nyampe selera horang kaya niiih.

exh20All in all, pameran ini menarik banget dan untungnya gw ga sampe kelewatan nonton. Kalo iya, pasti nangis-nangis darah deh. Informasi yang dikasih dan cara mereka menata dan memamerkan setiap artefak terlihat rapi dan ga bikin bosen. Belum lagi walaupun banyak orang yang mau liat, tapi sama petugasnya ditahan dulu supaya ga terlalu ramai di dalam. Bravo dah pokokna.

exh09

Suasana pameran. Abaikan aja pemandangan ajib di bagian kiri bawah.. hahaha

Oh iya, semua barang-barang yang ada di pameran ini cuma versi replikanya ajah dan bukanlah barang aslinya loh. Yang aslinya masih tersimpan rapi di museum Kairo. Kok ga aslinya yang dipajang? Bukannya ga dikasih sama museumnya sih, tapi karena barang-barang aslinya itu barang kuno, bersejarah, rapuh, mana emas semua pula, ga ada asuransi di dunia yang berani megang claimnya. Jadi kalo diewer-ewer ke sana sini trus ilang satu aja gitu, ya pada mewek berjamaah deh.

Kira-kira kalau pameran serupa ada di Jakarta/kota besar di Indonesia kota kalian, pada mau nonton ga?  :thinking:

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

109 thoughts on “Photoshoot Sneak Peek & Tutankhamun Exhibition

  1. cha

    Be, aku kok jadi horor ya liat poto- poto begini, serasa di pilm2 mummy gt :lonely:
    Tapi pengen dunk lyat live-nya …..

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. awalnya aku juga rada horor Cha.. tapi lama2 ga.. Suasanya bikin ga horor kali yaaa..
      Harus nonton kalo pamerannya mampir ke Stockholm.

      Reply

  2. Ceritaeka

    Wow! Pamerannya cakeeep bener.
    Btw di Jakarta sekarangbjaramg dijual ticket pamper an atau kinder secara online, rawan pemalsuan 🙁
    Jadi kalau pun dijual online, tetap harus ngambil ke suatu tempt sebelum hari H buat dituker ticket asli. Ya lumayan deh buat mengurangi antrian sebelum masuk 😀

    Reply

    1. Bébé

      Waaaa.. padahal disini tiket onlinenya juga cuma kertas print2an biasa gitu loh. Pas pintu masuk tinggal di scan aja barcodenya. Mungkin harus sistem barcode gt kali yaa.. biar susah dipalsuin :thinking:

      Reply

  3. Zilko

    Agak mirip sama satu bagiannya Louvre ya Be itu pamerannya, tentang peninggalan Mesir kuno gitu, hahaha. Cuma yang ini sarkofagusnya nampak lebih keren gitu, huahahaha….

    Reply

    1. Bébé

      Iya mirip2.. tapi kayaknya sih lebih bagus ini deh Ko. Mungkin karena fokus banget kali yaa, jadi lebih detail.

      Reply

  4. LJ

    Pudingnyaaa, ketje luar biasa..! :good:

    pantesan topengnya Tutankhamun kliatan masih imut, karena beliau wafatnya wkt masih muda.
    orang mesir itu memang ahlinya disain perhiasan ya,
    dari jaman baheula sudah suka bikin topeng bagus dan pernak pernik dari emas.
    #mbayangin Bebe hidup di jalan cleopatra. :mrenges:

    Reply

    1. Bébé

      Makasiiih..
      Kayaknya ya Bun.. hasilnya bagus2 gitu. Detail banget ukirannya.

      Hahahahaha.. aku yang jadi Cleopatranya ya Bun? 😛

      Reply

  5. yeye

    Pesen pudingnya trs kirim kesini yah hahaha
    Btw liat topengnya Tutankhamun jd inget film mummy gt deh.

    Reply

    1. Bébé

      Ihiiik.. jadi malu juragan puding mesen puding niiih.. :blush:
      Hahaha.. iyaah yah.. tapi kayaknya kalo film mummy itu settingnya pas jaman2nya mereka deh.. kayaknyaa.. :eyeroll: :scratch:

      Reply

  6. qonita

    wah sepertinya enak puding almondnya :hungry: :like_food:
    itu pameran tutankhamunnya mantab yak..jadi nyesel dulu gak liat pameran serupa pas di seoul :tears:

    Reply

    1. Bébé

      Wah dulu sempet mampir Seoul juga? kayaknya emang pameran ini kemana2 yaaah..
      emang enyaaaaak… :hungry:

      Reply

  7. saidah

    Barusan mau nanya itu asli apa replika hihihi ternyata replika yah, kebayang dong yah emas semua begitu :money: butuh brp kilo emas buat bikin sarkofagus berlapis2 gitu ckckckckk.
    Keren ya Mbak Be…kalo di indo ada juga yg beginian kynya akupun mau nonton 😉

    Reply

    1. Bébé

      Nah iya kan.. aku juga pas liat cuma bisa geleng2 kepala.. Mana pastinya kan lapisannya ga tipis2 gitu pan.. Ckckckck..

      Iyaaah, harus nonton.. bagus looh..

      Reply

  8. Anggie

    Mauuuuuuuuuuuuuu bgt Beb… Kereeeeeeeeeeeen abisss ya… Eh Beb, kl di pilem2 kan yg mengganggu makam apalg sampai berani membuka bukannya bakal kena kutukan tuh *efekmoviefreak… Ni emg fotografernya bikin pengen ksana… Aaaahh, pasti pake yg baru yaaaa??? *nungguindilemparyglama

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu dia.. ga dijelasin soal kutukan2nya.. Mungkin karena audience-nya orang barat yang ga terlalu percaya gitu2 juga kali yaaa.. Jadinya di skip sama mereka.

      Hahahaha.. tau aja kalo foto2nya pake kamera baru. Kalo pake yang lama ga bisa dapet fotonya kayak gini.. ISO-nya ga ngejar :lonely: . *kekepyanglama*

      Reply

      1. Chelle

        tiap baca keterangan tentang AP/ISO pasti langsung buka catetan buat inget2 settingan AP/ISO :laugh:
        suka kebalik dan masih suka ga ngeh ma bedanya AP/ISO hoho (maklum baru sekali pegang SLR dan ga utak atik setting manualnya hahaha)

        Reply

        1. Bébé

          Ahahahaha.. AP itu buat ngatur DOP-nya.. kalo ISO buat ngatur banyaknya cahaya yang masuk Chel.. makin gede ISO makin terang fotonya, tapi makin banyak grainnya juga.. 😀

          Reply

          1. Chelle

            wuih, itu info baru tuh yang soal grain nya :O
            hoh, berarti catetan (baca: cuma oret2an gaje di notes) kebalik, selama ini kirain AP itu yang buat atur banyak cahaya masuknya :doh: hahaha

            Reply

            1. Bébé

              fungsi AP ada dua, ngatur banyak cahaya plus DOF. Kalau aku sih lebih banyak setting AP untuk ngatur DOF-nya.. Mau seberapa banyak blur-nya.. ^^

              Reply

  9. p49it

    Pudingnya sukses mbikin ngiler.

    Ada harga ada rupa. Kerennn bangettt pamerannyaaa… <– tak bisa bikin komentar lebih panjang saking kagumnya.

    Reply

    1. Bébé

      Iyah.. kalo liat hasilnya sih harganya bener2 seimbang sama pengalamannya. :yes:
      hihihi.. maaciiih

      Reply

  10. Lidya

    kalo pamerannya keren kaya gini mau lah pasti aku nonton.
    Hej allihopa… hur är läget? menurut kamus. Halo Semua…ada apa? bener gak sih hehehe

    Reply

    1. Lidya

      sorry bwnya dirapel nih 🙂

      Reply

      1. Bébé

        gpp mba.. makasih udah nyempetin bw.. ^^

        Reply

    2. Bébé

      Betuuuull sekaliiii.. hihihi.. ^^
      Seneng juga ya mba pameran2 kayak gini?

      Reply

  11. me chan

    halo semua.. ada apa? *hasil google translate hahahaha
    aih be keren banget pamerannya, me dulu paling semangat belajar SSRD kebudayaan kuno favorit ya mesir hahaha masih ga habis pikir kok mereka bisa ya bikin piramid jaman dulu? mana potongan batunya gede2 banget. Trus bokap tuh seneng pula sama cerita2 sekitar mumi, seperti curse nya, jadi anaknya pun ketularan seneng nonton n baca2 ttg mesir hahahaha

    Reply

    1. me chan

      akh kepencet.. mau bilang 😀 cup wine nya cakepppp be, elegance ya jadi keliatan puding almondnya mewah bener 🙂

      Reply

      1. Bébé

        Hihhihi gelasnya lucu yaa.. aku juga seneng bisa ketemu yang model gini gelasnya.. :yes:

        Reply

    2. Bébé

      ahahahaha.. sebenernya sih lebih ke “apa kabar” tapi bener juga sih ngartiinnya si mas google.. 😛
      Iyaaah.. aku pun suka sejarah2 mesir gini. Soalnya kayak banyak misterinya gitu deeeh.. jadi ga ngebosenin… ^^

      Reply

  12. Angel

    EMASSSSS SEMUAAAAAA *matre* Orang Mesir dulu berlimpah banget ya emasnya, Sampe peti aja emas berlapis2. Dulu g pernah ke pameran mummy di mangga dua mal. Itu mummy nya asli apa ga ya. dibawa2 gitu. Bilangnya sih mummy raja A, raja B, nama2 terkenal gitu deh. Jangan2 replika juga :))

    Reply

    1. Bébé

      Kalo mummy2 mesir, ga mungkin Ngel asli.. ahahaha.. soalnya yang kemarin pun mummy-nya ga diliatin gitu. Cuma yang di dalem sarkofagus aja.

      Nah tuh diaaaa… makmur bener yaaa, apa2 semua pake emas aja gitu.. ckckckck…

      Reply

  13. Aiko

    Salam 🙂
    Pudingnya enak nih kayaknya jadi pengin coba :mrenges:

    Saya dari dulu banget suka sama soal mesir-mesiran. Menurut saya tuh banyak banget sejarah kerennya. Kepingin liat pamerannya juga tapi jauh banget tempat nya 🙁
    Itu sarkofagusnya jadi ingetin saya sama boneka Matryoshka dari Rusia. Banyak lapisan-lapisan gitu kerennn :rockandroll: !!

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. coba bikin sendiri ajaaaaa.. resepnya gampang banget kok. :yes:
      Hooh, aku juga pas liat keingetannya boneka Rusia itu. Yang isinya ga abis2.. ahahaha..

      Reply

  14. Orin

    Deuh…baca biz makan siang ngeliat puding, kan maknyus bgt Be itu buat dessert huhuhuhu *kabita*

    Kalo ada di Jakarta kepengen nonton jugaaa, tapi 300 rebu mihil jg ya bow, errr…mikir2 dulu keknya deh 😎

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya Rin.. seger2 gimana gitu kan pudingnya.. :like_food:
      Iya sih, kalo inget2 harga tiketnya mah lumayan juga yaaaah.. Tapi karena jarang2, jadi gpp deeeh.. ^^

      Reply

  15. della

    Kalo emas, gue pasti dateng, Be. Kalo boleh pengen megang. Gpp deh boongan juga. Soalnya di Museum Gajah yang letaknya di sebelah kantor ini, ada museum perhiasan raja-ratu zaman dulu. Taulah, itu kan emas semua. Betah gue betaaaaaaaaahhh.. >O<

    Reply

    1. Bébé

      Buahahahahaha.. demen bener kayaknya si neng ini sama emas2an.. Boleh kok dipegang Del. Soalnya pamerannya kebuka gitu deh. terutama peti2nya..

      Reply

  16. della

    Oiya mo nebak yang paling atas, palingan, “Hai/hallo semua, apa kabar?”
    Kalo bener, ditimpuk apa nih, Be? 😀

    Reply

    1. Bébé

      Ditimpuk cium manis aja mau ga Del? ahahahaha..

      Reply

  17. arman

    hmm kalo pameran itu ada disini??
    hmm kayaknya gua gak dateng deh be. abis gua kurang tertarik, apalagi mahal gitu tiket masuknya. kalo free sih gua mau. huahaha pecinta gratisan 😛

    Reply

    1. Bébé

      Nyahahahaha.. kurang suka sejarah Mesir gitu ya Man? kirain lo yang demen film horor gitu suka mummi2an.. 😀

      Reply

  18. Chelle

    eh aku pernah baca tentang si pharaoh tutankhamun ini di majalah Donal.. (iya, donal bebek)
    terus kalo info yang aku dapet dari situ, katanya piramida makan si tutankhamun itu yang paling angker dan mistis, soalnya semua orang yang ngobrak-abrik makamnya pasti mati karena alesan gajelas, kalo kata orang Mesir sendiri itu kutukan si tutankhamun-nya :startled: makanya aku rada ngeri sendiri sama itu tutan-tutan
    eh gara2 liat dan baca postingan ini kok kesan seremnya langsung ngilang gitu aja yah? :laugh:

    Reply

    1. Bébé

      Wah masa sih? kemarin di skip sih soal kutukan2nya.. jadi ga tau deh ada kejadian2 apa dibalik proses exkavasi makamnya..

      Hahahaha.. berarti yang moto keren.. *loh* ahahahaha..

      Reply

      1. Chelle

        hwahahaha iyah, yang moto keren :p Bubu ikutan moto kan ya? (tunjuk yang ada ka Bebe nya) 😀

        Reply

        1. Bébé

          hahahaha.. iyaa.. si BUbu juga ikutan poto2 dia.. Abisnya kan aku mau narsis juga 😉

          Reply

  19. Rahayu Oktaviani

    Sarkofagusnya super keren!! Ga kebayang gimana ceritanya orang mesir kuno bikin semua furnitur berlapis emas itu. ckckckck.. Btw itu almond puddingnya kirim satu ke Seoul boleh lho mba 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. itu dia, aku juga penasaran banget. Gimana caranya mereka masukin lapisan2nya yaaah. udah gitu harus pas banget, soalnya kan ada bagian yang pintu berlapis gitu deh. :wacko:

      Ahahahaha.. tunggu aku jalan2 ke Seoul yaaah..

      Reply

  20. lieshadie

    Speechless Be…..takjub banget sama tulisan ini baik yang part I ato part II

    Reply

    1. Bébé

      pamerannya emang keliatan bagus ya mba.. ^^

      Reply

  21. Woro Indriyani

    bener Be kayanya mata bisa siwer kalo sejauh mata memandang cuma emas koneng aja *bukan level horang kaya* :laugh:

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha.. selera kita ternyata belom nyampe ya Wor.. :doh: :lonely:

      Reply

  22. ditaprim

    :big_eye: wogh ga nyangka itu replika. Abis keren gitu, fotonya juga bagus2 banget. Pengen dateng ih :surprised:

    Reply

    1. Bébé

      Bener2 detail dan rapi banget ya replikanya.. :good: Semoga kapan2 bisa nonton juga.. ^^

      Reply

  23. mrscat

    replikanya emas juga be? mungkin cuma lapisan ya soalnya kalo sama ama aslinya nanti asuransi ga ada yg berani nanggung juga ya.
    tapi biarpun replika tetep aja bikinnya brapa lama ituhhh detail banget

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya sih bukan emas deh mba.. soalnya kalo emas, jadi malah juga dong. ahaha..
      Iyaaaah.. itu bikinnya bener2 detail kayak aslinya gituuuh.. Jadi ga berasa kayak liat barang kw-nya ^^

      Reply

  24. applausr

    wah fotonya keren keren….. replica’s museum dari kaironya bagus dan kayak beneran ya…

    Reply

    1. Bébé

      IYaa. kagum banget sama niatnya mereka bikin sedetail itu. :good:

      Reply

  25. silvi

    foto makanannya yang bikin gue…seperti biasa…ngacai nasional ajah…ditambah kemasannya bikin makin bikin gue terseksah…hahahaa…btw itu suasana gak ‘gimanaaa’ gitu ya be mummy gitu… :scratch:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. ngeceeess yaaa.. Coba bikin Sil.. gampang banget kok.. sungguh..

      Ga sereeem. Mungkin karena dikemasnya beda gitu kali yaa.. jadi ga keliatan horor. Malah orang2 pada moto dari depan segala.. ahahaha..

      Reply

  26. MrsSunshine&Butterflies

    Kalo pamerannya ada disini, pasti saya dan suami kunjungi dech, Be :yes:
    Pernah juga museum yg exhibit sejarah Mesir tapi kayaknya nggak selengkap diatas dech,
    plus audio guidenya diatas siiiiip banget dech :good:

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. sistem audio guidenya keren banget. Dan jadi ga ganggu pengunjung yang lain juga selama videonya dipasang. :yes:
      Semoga kapan2 sampai ke sana juga yaaa.. ^^

      Reply

  27. Fety

    Pudingnya menggoda 😀
    Kayaknya klo di indonesia pengunjunfnya akan sedikit, Be.

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya ya mba.. aku juga mikirnya gitu. Soalnya harga tiketnya pasti akan mahal juga. 🙁

      Reply

  28. dongeng denu

    aduhhhh keren bangett itu pameran. bokk, orang mesir jaman dolo tu hobi bener ya nyusah2in diri, bikin pemakaman aja ribet bgitu. etapi krn si doi raja kali yah jd sgitunya benerrr emas dimana2, ampe berlapis2 gitu..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. sengaja kali biar bikin bingung orang2 yang nemuin di masa depan.. :laugh:

      Reply

  29. monda

    Bebe…ngiriii banget bisa lihat eksibisi Pharaoh…, kapan ya datang ke Indonesia..
    dijabanin pasti, biar mahal juga…nabunglah dari sekarang he..he.., secara udah pernah ngikutin kisah penemuan makamnya ini…
    dan juga kisah2 tentang konon kutukan buat pembongkar makan..

    Reply

    1. Bébé

      Waaaaah.. mba Monda baca/nonton dimana? boleh bagi2 source-nya ga? aku jadi tertarik pingin liat juga.

      Semoga mereka juga mampir ke Indo ya mba.. :yes:

      Reply

      1. monda

        bacanya di Intisari ..udah lamaaa, dan pernah nonton juga di NatGeo.. cara2 masuk ke ruang utama makamnya…soalnya banyak jebakannya,
        keren deh dengan berbagai metode dicoba sama para ahli sampai akhirnya ketemu cara sederhana untuk bukanya…., semua ada di teori fisika …, lupa judul serinya..

        Reply

        1. Bébé

          Whoaaa.. nanti aku coba google2 deh.. siapa tau di yutub ada ^^
          maaciiih

          Reply

  30. yance

    huahhh…pudingnya menggoda iman banget sih be….hadeuhhh…alamat diet gagal kalo bikin beginian…pamerannya baguss yahh, foto2nya juga keren2, seperti biasa….

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. gpp mba.. kan makannya ga tiap hari.. Eh tapi kalo ketagihan mah bisa juga yaa setiap hari ngemilnya.. :laugh:

      thank youuu.. :blush:

      Reply

  31. Mita

    Waaaaaah kereeeen……pudingnya :hungry:
    Lebih naksir pudingnya daripada pamerannya Be hihihihi….
    Pamerannya keren ya sepertinya, tapi rada syerem juga lihatnya….. :eyeroll:

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha.. enak dan gampang loh mba dibuatnyaa.. :yes:
      Ga serem kok.. informatif banget malahan.. :good:

      Reply

  32. mamayara

    Puding nya menggoda banget :like_food: apalagi gelasnya.. kok kayak kaca beneran ya… :good:
    Kalo ada di sini mau dateng asal dibayarin… :mrenges:
    Eh kalo tau artinya dapat hadiah nggak ,Be…? :thinking:

    Reply

    1. Bébé

      Bentuknya manis ya gelasnya.. Seneng banget pas nemu tuh.. Lucu abisnya.. ^^
      Hadiahnya kecup manis aja yaaaah.. :girl_kiss:

      Reply

  33. Ca'

    Eeee buseeeet kayaknya tuu pameran udab ada dari jaman gw disana kan,,,tapi masi ngantri aja tuuh yg mo nonton?? Eduuuun jugaaaa,,,, :wacko: :wacko:
    Janseeeeen saya mau janseeeeeen,,,,, #salahfokus 😥 :tears:
    Eeeh ada barang yg bisa gw titip dr sana g yaaaah,,,,,????

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. emaaang. Dan ternyata bagus aja gitu pamerannya. Sayang banget waktu lo disini ga sempet nonton Nyong.
      Udah langsung lah capcus kesini.. Kali ini bawain jeans yaaah.. tukeran sama makan di Jensen sekali.. 😛

      mau nitip apaan? ngirim ke jermannya berapaan??? :unsure2:

      Reply

      1. Ca'

        Ada tuuh jeans,,kmrn gw beli d mango tp kekecilan,mana g diskon lg :doh:
        Emangnya ngirim ke jerman msh mahal gt,,dbanding ngirim kesini??aaaa aq mau risifrutii,,,*guling2*

        Reply

        1. Bébé

          lo kekecilan? di gw mana muat kaleeee… :lonely:

          Yaa masih mending ke Jerman sih.. trus mau dititipin apaan. Kalo bisa sekarang. nanti keburu orangnya pulang..

          Reply

  34. dwi

    seru banget sih pamerannya. Tutankhamun itu firaun mesir yg dikutuk nda bakal panjang umur sampai anak cucu. kalo ada di Indonesia aku mau pergi :wink2:

    Reply

    1. Bébé

      Pantesaaan.. Emang pada akhirnya dia ga punya penerus sama sekali sih, karena anak2nya meninggal semua waktu kecil kalau ga salah.. 🙁
      Semoga di US kedatengan ya Wi.. kali aja bisa nonton pas di sana.. ^^

      Reply

  35. Bucket of Cherries

    First of all, foto2 nya bagus banget Be. Dapet bgt kesan misterius & dark nya kisah Firaun 🙂 So pasti aku mah paling demen ke museum. Sampe 2 taun lalu masih punya kartu abonemen museum. Bayarnya setaun sekali tp bisa gratis ke semua museum di sini :laugh: Eh mau curcol juga, kemaren pas taun baru kan aku mau bikin puding green tea, eh nyari cup kecil buat puding kayak abang2 ager ager di Indo itu ternyata gak ada disini! 😮 OMG..jangankan yg kecil-kecil yg gede juga gak ada, jadilah pake loyang kue tp sebel bentuknya kan jadi ga kayak puding ya?

    Reply

    1. Bébé

      Thank youuu..
      Huhuhu.. sayangnya di Helsingborg gini jarang ada museumnya.. Kota kecil sih. Paling harus ke Göteborg dulu T_T

      Hahaha.. coba pake gelas2 plastik buat wine ajaaaah. Aku juga sekarang nemu lagi yang kecil2 gituu. Lumayan daripada ga ada sama sekali.. :yes:

      Reply

  36. Nella

    Seru banget Be! kirain asli yang pajang, baru mau tanya ada yang bisa dicomot ga bawa pulang buat oleh2 gitu B-)

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. takut dikutuk jadi kodok aku Nel kalo berani nyolong bawa pulang.. 😀

      Reply

  37. -hni-

    wah, seru ya… apalagi boleh poto2 gitu. biasanya kan suka ga boleh.
    btw, aku naksir tas kuningmuuuu… #lostfocus

    Reply

    1. Bébé

      Setauku sih museum2 di Eropa kebanyakan boleh foto-foto koleksinya, tapi ga boleh pake flash. Kecuali mungkin beberapa koleksi tertentu. Kayak bust of Nefertiti yang di Berlin ga boleh sama sekali.. 🙁

      Tasnya unyu yaaaaah.. :heart:

      Reply

  38. Allisa Yustica Krones

    Uwooooww…pamerannya keren banget, Be. Apalagi kamu foto-fotonya bagus-bagus banget gitu, kebayang liat aslinya pasti lebih luar biasa ya Be.

    Pudingnya pesen 10 dipaket ke Palembang pake Tiki, boleh Be? hihihihi

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. aslinya lebih bagus lagi. Kuning2 menyala semua gitu.. B-)

      Hahaha.. tapi pake tiki nanti nyangkut, ga sampe lagi Lis.. 😛

      Reply

  39. Ely Meyer

    Mau dong Be, kalau pamerannya kayak di atas, bisa betah lama aku dan suamiku di sana 🙂
    Kebayang kalau mummi asli yg ada di sana itu bgmn ya 😛
    foto fotonya keren Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Di Jerman belum pernah ada ya mba pamerannya? Semoga kapan2 sampai ke sana juga yaa. Soalnya setauku mereka muter2 terus nih keliling dunia pamerannya.

      Iyaa kalau ada mummi aslinya berasa horor banget kali yaa.. hihihi

      Thank you..

      Reply

  40. Memez

    Bebe beruntung banget bisa lihat pameran dan foto-fotonya. Walau cuma replika dan kelihatan lebih keren. Walau aku ke Egypt National Museum, malah ngga bisa doto-foto dan bayarnya muahal bener. Mumi raja-raja yang dipamerin malah terlihat menyeramkan dan auranya magis banget.

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. udah sempet liat yang koleksi aslinyaaa?? Malah kerasa lebih serem yaaa.. Yaiyalah, umurnya udah ribuan tahun gitu. apalagi pake acara ada kisah2 soal kutukan dll-nya.

      Kemarin disini ga berasa seremnya. Eh yang pas liat bagian peti dengan sarkofakus kegantung itu sih agak2 gimana gitu rasanya.. tapi ya gitu aja..

      Reply

  41. angela

    Kalo harga tiketnya segitu sih ogah, hahahahaa…
    Dari sejak awal baca postnya, gue udwh ngebatin, ini barangnya pada dipoles pake apa sih kok pada kinclong gitu, ternyata replika.

    Reply

    1. Bébé

      hahahahahaha.. emang lumayan yaaaa harganya.. :laugh:

      Ahahahaha.. tapi rasanya kalo emas murni gitu bakalan kinclong terus ga sih Ngel? ga juga yaa? ahahahaha.. :doh:

      Reply

  42. riri

    haiihh serunyaaaa, pingin juga loh liat exhibision2 gituh 😀

    Reply

    1. Bébé

      Semoga kapan2 nyampe ke SG yaaaah.. :yes:

      Reply

  43. Bibi Titi Teliti

    waduh,…
    mampir sinih jadi rada ngerti sejarah gituh Be…
    Aku berasa cerdas ginih Beeeee…gimana dong…ayo tanggung jawab!…hihihi…

    Tapi itu emas berlapis lapis buat pake orang mati gitu yah Be…
    Apakah mereka gak sadar kalo emas nya di lebur dan dijual…
    Bisa buat nge lunasin cicilan rumah ituh…hihihi…
    *kalo liat emas selalu mikirnya ke cicilan deh*

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha… kayak abis baca intisari ya mba? berasa tambah pinteran dikit.. hihihi

      Nah itu diaaaah.. sayang banget yaaa emas segitu banyaknya cuma dipendem doang. ckckck…

      Reply

  44. Tita Okti

    aku mau pudingnya Be..bisa delivery ke Indo? :hungry:
    klo di Jakarta ada mau tuh nonton..
    jadi di studio 1 itu film tentang kisah hidupnya ya..

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. nanti sekalian Bebe-nya juga di delivery yaaah.. ^^

      Iyaa.. di studio 1 ngomongin hidupnya dulu.. abis itu baru soal penggaliannya.. ^^

      Reply

  45. niee

    aku mau kalau ada di Pontianak nontonnya mbak be. lagian aku sekarang juga sedang baca novel tentang mitologi mesir, jadi tertarik banget deh 😀

    *tapi kayaknya gak bakalan mungkin deh ke pontianak, hehehe*

    Reply

    1. Bébé

      Siapa tau nanti ada di Jakarta, trus dirimu pas lagi bisa mampir juga Niee.. :evil_grin:

      Reply

  46. tintin syamsuddin

    aaiihh lagi “meresapi” gimana kunyahkunyah puding sambil nonton slide natgeo soal tutankamun ini.. sering nonton di natgeo sih, keren ternyata ke makam itu jalannya penuh labirin dan sempit, sempet mikir kenapa jalan kecil dalam gitu gelap pula tapi sarkofagusnya gede banget.. lewat pake ilmu melenturkan emas? ehternyata sarkofagus itu dibikin diluar, ditempah diluar tapi dirakit di dalam gitu..
    dimari ada pameran di museum gajah, tapi gambargambar tutankamun dowang, bukan sarkofagusnya apalagi muminya.. dulu pernah mampir mesir pengen ke museum, lagi ditutup boh lagi ada pameran untuk petinggi gitu, dan ga bisa masuk ke piramidanya.. ngarep deh pameran tutankamun walupun replika itu ada di indonesia.. biarpun replika, bikinnya total gitu ya, detail ngukirnya boh..

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba, bikinnya bener2 kayak aslinya. Sekalian emang buat bahan dokumentasi kali yaaa.. kan ga pernah tau yang aslinya bisa rusak kapan, secara udah tua banget gitu.

      Reply

  47. katrin

    baik almond maupun tutankhamun semuanya menariiiikkkkk… Poto2nya bagus,be… Kalo ada pameran sejenis di Indonesia, kayaknya bakal pergi deh, suka banget ama sejarah2 gini. N kayaknya nanti tanda masuknya disesuaiin ama ekonomi Indo. Misal kalo di Helsingborg seharga 300rb diadakan selama 5 bulan, kalo di indo bisa2 100rb n diadakan selama setaon hahahhaa…

    Reply

  48. dani

    Penapsaran ama poto pindahannya Be. Pasti keren-keren ih. 😀
    Ngeliat poto-poto sarkofagusnya deg-degan Be. Berarti Tungtangtangtung ini ya yang dipake di film the Mummy, namanya sama.
    Tapi aselik foto terakhir itu epik banget. Bahkan sebelum lihat captionnya pun mata udah langsung mengarah ke pojok kiri bawah.

    Reply

  49. Titanic & Playdate | { a Memory Bliss }

    […] pamerannya sendiri sih ga semegah atau selengkap pameran Tutankhamun yang gue tonton tahun lalu. Yah namapun kapalnya sendiri ada di bawah laut yaaa, jadi peninggalan […]

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P