The Case of Beasts: Explore the Film Wizardry

Walau udah hampir satu bulan berlalu sejak gue nonton filmnya di bioskop, nampaknya deman Fantastic Beast and Where to Find masih belum mau hilang juga. Awalnya gue pingin baca ulang buku FBAWTFT yang (ceritanya) dibuat oleh Newt. Sayangnya karena buku versi bahasa Indonesia yang gue punya ga kebawa ke Swedia, akhirnya iseng nyoba cari di berbagai toko buku baik di Swedia maupun sekitaran eropa (yang sayangnya berakhir tanpa hasil). Nah pas lagi browsing-browsing itulah gue ngeliat buku The Case of Beasts: Explore the Film Wizardry ini dipajang dijajaran buku bertema yang sama.

Ini buku apakaaaah???

The Case of Beasts

Karena penasaran (stardar lah alasan gue pasti kebanyakan penasarannya), gue mulai cari-cari info mengenai buku The Case of Beasts ini. Awalnya gue kira cuma berisi foto-foto behind-the-scene pembuatan film Fantastic Beastnya. Biasa deh, typical poster book gitu, tanpa banyak info. Tapi setelah klik sana sini, dugaan gue tadi ternyata sangat salah.

Buku ini kok terlihat kece sekaliiiii..

Karena udah kepincut sama beberapa review yang gue baca, akhirnya gue mulai nyari buku The Case of Beasts di toko buku. Ngeselinnya, untuk bisa menikmati buku ini ternyata gue harus dipaksa “berjuang” sedikit. Sempet 2x pesan di dua toko buku online yang berbeda di Swedia dan keduanya sukses direfund karena stoknya abis. Haaaaah. Akhirnya balik lagi ke Amazon UK dan setelah menanti beberapa hari, sampai juga buku ini dengan selamat ditanganku.

And I love it oh soooo much!!!

The Case of Beast: Explore the Film Wizardry

Hmm.. mending mulai dari mana yah spazzingnya.. dari depan kali yaa..

Cover buku yang dibuat dengan finishing hardcover ini didesain seperti koper milik Newt lengkap dengan switch “Muggle Worthy” dan jemari the Niffler yang menyusup keluar dari dalam koper. Karena menggunakan hardcover, bukunya terlihat dan terasa eksklusif. Begitu megang covernya aja, gue udah berasa excited banget sampe sibuk goyang-goyang girang di kursi. Apalagi pas mulai membalik halamannya satu persatu…

Haaaaaaah… rasanya ga berhenti mulut ini berkata “Whoaaaaaa”

Bagus banget qaqa…

Jadi buku The Case of Beasts: Explore the Film Wizardry pada dasarnya memang buku behind-the-scene film Fantastic Beasts. Tapi alih-alih setengah hati cuma ngasih foto-foto dengan ukuran besar di sana sini, buku ini bener-bener all out dalam membagikan semua info dan pernak-pernik properti yang dipergunakan di dalam film. Dari alasan dibalik desain setiap tongkat sihir para pemeran utama, desain coatnya Newt, sampai yang super detail seperti poster dan surat kabar yang hanya terlihat selebat selibet di film.

Chapter-1 – All about Newt Scamander

Detail business proposal yang dibuat Jacob ketika ingin meminjam uang di bank 

Ga cuma sekedar info berupa teks dan foto, kita juga diberikan copy prop yang dipakai. Seperti contohnya kartu tanda pengenalnya Tina (lengkap dengan foto hologram yang bisa bergerak), formulir pendaftaran tongkat sihir, pamflet edaran untuk mendukung senator Shaw, dan banyak lainnya. Bahkan poster Newt wanted as criminal pun ada dalam ukuran besar.

Tina’s ID at MACUSA

Formulir pengisian daftar kejahatan

Detail mengenai toko rotinya Jacob

Wand Permit Application form

Kalo liat formulir kosong gini, rasanya gateeeel banget pingin ngisiin semua.. ahahaha

the video of what you can expect to find inside the book

Verdict:

Buku ini bagus bangeeeet.

Ketika gue membaca setiap halaman dari 160 yang tersedia, terlihat banget kalau pembuat buku ini ga cuma pingin ngasih tau info-info behind-the-scene kepada pembacanya, tapi ingin para pembaca ikut merasakan secara langsung passion para crew di setiap titik dan garisan properti yang mereka buat. Ga ada yang dibikin setengah hati, semua item punya fungsi  walaupun ketika kita melihat filmnya, hal-hal yang mereka buat itu mungkin hanya muncul 1-2 detik aja. Bikin gue sangat-sangat salut akan dedikasi setiap orang yang terlibat di belakang layar pembuatan film ini.

Selain itu, desain bukunya sendiri cantik banget walaupun beratnya cukup lumayan (1,5 kg). Layout setiap halamannya dibuat ga ngebosenin dengan berbagai macam kejutan di sana-sini. Kalau ga salah designer Mina Lima ini adalah orang yang sama dibalik pembuatan properti film Fantastic Beasts itu sendiri. No wonder lah yaaaa..

So.. apakah buku ini worth untuk dibeli? Buat yang ngefans, pasti ga akan kecewa. At least I don’t. Untuk yang bukan fans tapi ingin membaca bagaimana proses di belakang layar pembuatan film berbudget besar kayak Fantastic Beasts, buku ini cukup memberi gambaran akan hal itu.

Ada yang udah punya juga? atau mungkin lagi menimbang-nimbang mau beli atau ga? spazzing bareng yuuuk..

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

17 thoughts on “The Case of Beasts: Explore the Film Wizardry

  1. Dina

    Hoaaaa pengeeee beliiiiii
    Kuduuuuu ini

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba.. bagus bgt isinyaa ?

      Reply

  2. Monda

    keren banget ya..
    dedikasi dan kesungguhan buat film dan bukunya ini jempol banget
    ngeliat covernya aja udah sekeren itu…tampilannya berkelas

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba.. super detailnya itu loh.. hebat banget.

      Reply

  3. Ajheris

    Aku dongs ga ngerti ini ttg apa. But aku penyuka sesuatu yang tampilan luarnya elegan dan klasik. Kaya buku ini. Meskipun ga ngerti ttg apa isinya. Dan sepertinya isinya juga banyak gambar dan tak melulu tulisan. Dulu dapat satu tentengan limited merchandise Madona juga ampun banget sukanya. Ampe takut lecet. Hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Biasa mba.. ga jauh2 dari Harry Potter 😀
      iya isinya banyak dan lengkap banget jadi ga bosen bacanya..

      Reply

  4. Fiberti

    ya ampun bukunya unik banget mba…imajinatif sekali pembuatnya…aku nggak keberatan kalau ada yang kasih #eh…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha iyaa aku juga pinginnya ada yg ngasih ? sayangnya ga ada ?

      Reply

  5. Ranger Kimi

    Aku mauuuu… Tapi, mesti harganya mahal banget ya. 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Aku sih kmrn beli di Amazon UK 1/2 harga dari retail pricenya.. kl di Indonesia kyknya emang lbh mahal sih..

      Reply

  6. niee

    Di indonesia pasti susah banget ya cari buku begian.

    Reply

    1. Bébé

      Di periplus ada Niee. Bisa beli online juga ?

      Reply

  7. Angel

    ihh bangus amat isi bukunya

    Reply

    1. Bébé

      Emang.. niat banget ngedesainnya..

      Reply

  8. qonita

    Aaa pengeennn…duh di toko buku sini bisa pesenin gak yaa

    Reply

  9. mumu (@drsuhos)

    haaai kak bebe! may i know how much the cost of the book? soalnya aku mau banget belinyaaaa 🙁

    Reply

    1. Bébé

      aku beli di Amazon UK £23 udah termasuk ongkir- Kalau di Indonesia aku ga tau berapa. 🙁

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P