Adek E’s First Birthday Party

Time fliesย whenย youre having fun…

Rasanya kalimat tersebut tepat banget menggambarkan perasaan kami karena ga kerasa, kok ya si adek udah 1 tahun aja.

O.M.G

Seperti biasa, beberapa bulan menjelang tanggal ulang tahunnya anak-anak, gue dan Bubu udah mulai sibuk planning ini itu. Ga terkecuali pula saat si adek mau ulang tahun. Sempat sih terpikir untuk ngadain pesta ultahnya kecil-kecilan aja. Tapiii… ini kan ultah pertama yaaaa. Masa dulu kakaknya dirayain gede-gedean, trus adeknya cuma seadanya. Kan kesiaaaan. Jadilah demi berlaku adil ke keduanya, kami putuskan untuk merayakan ultah si adek bersama teman-teman dan keluarga.

Karena udah tau kami akan mengundang cukup banyak orang, kami mulai memikirkan hal-hal detail seperti menu, tema dekor, etc. Untuk dekor sih ga ada masalah, karena seperti biasa, hal itu udah menjadi otoritas gue secara penuh. Si Bubu cukup terima aja tema yang gue berikan. Desain dekornya pun gue desain sendiri dan item-item pendukung kayak balon, cake dekor, dsb gue beli jauh-jauh dari dari ebay supaya ngirit.

Masalah besar muncul ketika ibu mertua harus pergi ke Indonesia beberapa hari sebelum acara ultahnya si adek. The thing is… selama ini yang selalu bantuin masak nasi dan lauk pauk di pesta itu selalu ibu mertua. Gue seringnya hanya bantu nyumbang 1 menu dan kadang juga bikin kue, atau di kasus ultah ke-3 nya Jo bulan Februari kemarin, gue yang bikin kue ultah. Nah, koki andalannya ga ada, ini gimana nanti ngasih makan tamunya.

Sempat terpikir untuk go simple dan bikin menu yang gampang-gampang aja. Cukup 1 macem gitu. Tapi darah Indonesia ga bisa bohong yaaaa… kalau ngadain pesta trus nyiapin makanannya sedikit tuh kayaknya ga enak hati sama yang diundang. Sempat juga mau mesen makanan di luar dan gue yang bikin kue ultahnya si adek. Tapi setelah diitung-itung kok kayaknya lebih murah kalau gue yang bikin menu makan siangnya sendiri dan mesen kue di bakery.

Yasudahlah.. akhirnya tugas masak memasak jatuh ke mamaBebe deh.

Berhubung ini pertama kalinya gue nyiapin makanan untuk banyak orang sendirian dan menunya juga ga sedikit, acara masak memasaknya udah gue mulai seminggu sebelum hari H. Dimulai dari hari Senin dan Selasa dihabiskan untuk membuat goodie bags Lidah Kucing, Rabu istirahat, dan Kamis gue bikin Roti Unyil isi Sosis Keju untuk cemilan anak-anak. Jumat siang gue pakai untuk ngungkep ayam bumbu kalasan + goreng kerupuk, sementara malamnya bikin Tiramisu. Sabtu pagi sebelum acara, gue nyempetin untuk goreng ayamnya dan bikin Mie Goreng Udang. Itu pun masih nambah bikin telur dadar. Untunglah papaBubu setuju untuk beli ikan goreng yang udah jadi di resto Thailand langganan dekat rumah. Setidaknya beban masak gue berkurang satu dan rasanya udah pasti enak. Kue ultahnya si adek kami pesan ke bakery langganan di tengah kota dan kali ini kami memilih Opera Cake dengan warna topping marsipan berwarna biru aqua tua.

The Birthday menu: Mie Goreng Udang, Ayam Goreng Kalasan, Ikan Goreng Asam Manis, Telur Dadar

Roti isi Sosis Keju untuk cemilan anak-anak yang ternyata jadi favorit pada orangtuanya juga

Tiramisu for dessert

Lidah Kucing for hampers

Urusan makanan udah aman, problem selanjutnya adalah menentukan layout ruangan serba guna yang kami pakai. Udah 3x ngadain pesta di sana, hasil foto keluarga yang kami dapat selalu lah kurang memuaskan. Entah itu latarnya ga karuan atau cahayanya yang kurang terang, yang pasti hasilnya bikin mamaBebe pening saat harus ngedit fotonya. Makanya kali ini kami berdua nyoba menempatkan meja untuk makanan di tempat yang lebih terang, plus papaBubu juga dengan briliannya memasang extra flash di beberapa sisi ruangan. Pengambil foto keluarganya pun kami percayakan ke teman yang terbiasa foto-foto juga. Hasilnya…

Bikin aku terharuuuu…

ย ย 

Bahagianya bisa punya foto keluarga yang cakep giniii.. Cuma si kakak kenapa mukanya mutung gitu siiih.. sigh

Overall.. Pesta ultah pertamanya si adek berlangsung dengan lancar tanpa ada masalah. Selain seneng banget bisa kumpul bareng temen-temen yang udah lama ga ketemu, Alhamdulillah, semua puas dengan rasa makanan dan goodie bagsnya. Gue pun bangga banget akan diri gue sendiri (makanya sampe nulis satu blogpost tentang ini ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†). Dulu sebelum nikah mah mana kepikiran masak, apalagi sampai ngasih makan 20 orang atau lebih. Eh ternyata kalo udah kepepet itu akhirnya jadi bisa-bisa aja ngelarin semua. Belum lagi bantuan dari papaBubu yang tiada terkira. Pahlawan tanpa tanda jasa lah judulnya. Setiap gue selesai sibuk bikin ini itu, si Bubu langsung sigap ke dapur dan nyuci + beresin peralatan yang berserakan. Aaah.. lop you pul papiiiih..

Sekarang mari kita meregangkan badan yang pegel-pegel. Siap-siap lagi untuk bulan Februari..ย  :panic: ย  :panic:

Advertisements

More about Bรฉbรฉ

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

14 thoughts on “Adek E’s First Birthday Party

  1. bayutrie

    very happy birthday emelie cantik….semoga menjadi anak yang sholeha, sehat, bahagia, dan kebanggaan mama, papa dan kakak jo ya….btw, kok kakak jo agak kurang senyumnya di poto poto ituh ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜‰

    Reply

  2. pinkuonna

    Happy belated birthday, Adek E ๐Ÿ™‚ And congrats juga buat mama Bebe dan papa Bubu yang sudah berhasil bikin pesta yang makanannya terlihat sangat enak dan foto-fotonya terlihat sangat keren ๐Ÿ™‚

    Reply

  3. Novi

    Happy birthday Emelie. Krn seringnya cuma pakai inisial E, aq menduga namanya Eveline ๐Ÿ˜€ deh

    Reply

  4. Arman

    happy birthday emelie!!!
    wah hebat be masak sendiri segitu banyak… bisa buka catering abis ini ๐Ÿ˜€

    Reply

  5. yance

    wahhh foto2nya ciamik be…kerenn!

    Reply

  6. Audrie

    selalu suka liat post tentang birthday party yang Bebe bikin deh, keren, kreatip banget, dan poto2nya selalu tjakeps

    met ultah ya Em, semoga cepat besar (oh atau jangan haha) dan makin pinter, sayang Mama Papa dan Kakak Jo, wish you all the best.

    Bebe seriously, if you’re living in Jakarta you could’ve been a catering enterpreneur or party planner, pasti kereeennn. oh btw itu yang tulisan Hurra Emelie is One aku sukaa, lucu dan keren deh. itu nyari di ebay jugak Be?

    Reply

  7. Pypy

    Happy Birthdayy lagi buat dedek Emilie.. Tumbuh sehat cerdas..

    Bravo buat Mama Be ๐Ÿ™‚

    Reply

  8. arninta puspitasari

    ya ampun tau2 udah setahun aja si adekkk congrats yaaa! ^^ tambah gede tambah mirip bgt sama kakaknya

    Reply

  9. Tiwie

    Happy birthday adek E,,,
    Whoaa kereen mammaBebe ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ the power of kepepet dan semangat ibuk2 nya warbiyasaak. Kereeen bangett hasilnya pun ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ siap bikin EO di sweden kyaknya ๐Ÿ˜Š

    Reply

  10. Melissa

    happy belated bday ade E. Tambah gede tambah cakep!!

    Reply

  11. niee

    selamat ulangtahun emelie.

    keren banget mbak. aku aja sampe hari ini masih gak mau masak buat acara. ribet. pesan juga murah kan disini ๐Ÿ˜†

    Reply

  12. CeritanyaMira

    Happy birthday emelie, akhirnya launching nama adek E di blog ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    Reply

  13. lovelyristin

    Emily HBD ya cantik.. February ada apa Dep? ultah aku lhoo Feb itu.. Apa mau bikinin aku tiramisu?? Gak nolak.. Hehe..

    Reply

  14. @nurulrahma

    Selamat ulang tahuun adik E yang unyuu, imut nggemesin
    Moga2 sehat selalu, jadi kebanggaan dan kesayangan ortu yaaa

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P