The perfect travel partner

Katanyaaaaa… (ga tau juga kata siapa sih 😛 ) nyari travel partner yang sehati itu sama susahnya kayak nyari jodoh. Durasi pertemanan dan level kedekatan ga selalu berbanding lurus sama tingkat kecocokan sewaktu traveling. Malah mungkin yang udah berjodoh pun ga otomatis menjadi travel partner yang OK.

Setuju?

Berdasarkan pengalaman (dan juga cerita-cerita yang gue dengar) selama ini sih gue bisa dengan yakin menjawab “Setujuuuuh!!!”

Selama ini gue udah beberapa kali pergi dengan grup yang berbeda-beda. Sempet jalan bareng temen-temen deket ke Bali, liburan sama temen kantor ke SG, traveling sama keluarga ke beberapa kota/negara dan yang terakhir jalan-jalan sama suami sendiri deh. Dari semua yang kesebut tadi yang cukup bebas dari drama adalah ketika jalan sama keluarga dan suami.

Kalau jalan sama keluarga bisa NYARIS tanpa drama mungkin karena faktor kebiasaan juga kali ya. Dari kecil sering traveling bareng sama ortu jadi udah ketebak lah kebiasaan/tipe berlibur mereka seperti apa. Ditambah pula mereka ga keberatan untuk misah sebentar dan melakukan kegiatan sendiri-sendiri. Seperti waktu di Paris kemarin, gue + Bubu + adek gue masuk ke Louvre sementara ortu karena ga suka liat-liat museum memilih foto-foto di bagian luar dan puter-puter daerah pertokoan yang ga jauh dari sana. Ortu terpenuhi keinginannya mau belanja souvenir, kami ber-3 pun bisa menikmati waktu di dalam museum dengan tenang. Dan semua pun senaaaang.

PROVERBLain halnya ketika jalan sama temen-temen (baik itu udah sahabatan bertahun-tahun) atau temen yang baru akrab, menyatukan visi dan misi liburannya itu ga selalu mudah. Apalagi kalau tiap orang punya gaya berlibur yang berbeda-beda. Contohnya si A maunya belanja, si X pingin liat pemandangan alam, si K sukanya wisata kuliner. Duuuh.. ribet yaa malih.. :giveup: . Kerempongan ini biasanya terjadi karena pas lagi di tempat tujuan maunya kemana-mana serombongan. Walaupun seru bisa liburan bareng dan udah cukup banyak kompromi dari semua pihak yang ikutan, tapi kalo emang dasarnya udah ga matching pasti tetep aja ada gesekan selama di jalan. Makanya kalau sampe ketemu yang seide dari mau nginep dimana, kegiatan selama jalan-jalan sampe soal makan.. haaaah beneran kayak dapet rejeki nomplok banget tuh.

Karena itulah waktu mulai serius sama Bubu biar pun sepertinya sepele tapi karena gue suka banget jalan-jalan, tipe traveling yang dia suka seperti apa adalah salah satu informasi penting yang harus dikupas tuntas. Yaabweess, kalau udah nikah pan tiap kali liburan pastinya akan lebih banyak (malah mungkin selalu) sama doi. Misalnya si pacar maunya nanti cuma liburan di dalam negeri aja (atau malah ga suka traveling sama sekali) sementara kitenya gatel pingin kesana kemari. Yah boookk.. gimana atuh yaa.

Alhamdulillah sih setelah diobrolin dan sempet juga liburan bareng rame-rame beberapa kali terungkap juga kalau ternyata dia cukup satu nada seirama sama gue. Dari tempat-tempat yang pingin didatangi (sama-sama suka tempat turis dan mainstream… muhahaha :muhaha: ), bentuk tempat penginapan selama di tempat liburan (ini penting!), kegiatan selama di sana (foto-foto & cari makanan.. yes..? yes..?) dan lain sebagainya, tanpa banyak drama biasanya sih udah cocok-cocok aja.  :thumbsup:

bebenyabubu

my partner in crime

Kalau kalian travel partner(s) paling sip-nya siapa?

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

65 thoughts on “The perfect travel partner

  1. ditaprim

    Setuju banget nih be, gw pernah sama mantan pacar malah berantem pas liburan hahaha kalau travelling gitu emang jadi keliatan karakter asli orangnya ya..

    Kalau skrg sih udah punya temen2 travelling yg cocok alhamdulillah. Yang penting anak2nya ga rempong deh kalau diajak jalan 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya emang ya.. Kalo liburan jadi ketauan watak aslinya dan ketauan juga cocok2nya.

      Asiknyaa.. paling asik kalo udah ketemu yang cocok :good:

      Reply

  2. qonita

    tentu saja yg pertama keluarga, berhubung biasanya ga perlu mikir lagi rute atau tempat makan tinggal ngikut hihi
    trs ama temen deket cewe2 pas kuliah, teruji pertama pas kulker angkatan ke singapura dulu, ternyata sukanya muter-muter, foto2 dan ga terlalu hobi belanja haha :highfive:
    dan ntah kenapa suka ngerasa jalan-jalan ramean ama cowo itu lebih enak daripada ama cewe soalnya rata-rata cowo itu lebih gampang buat muter2 selain tempat belanja dan ga gampang nyangkut di toko, kecuali kalo cewenya udah kenal deket jadi tau kapan jalan sendiri kapan jalan bareng :thinking:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. iya kalo temen2 jalan cowok jarang nyangkut di toko yaah. Kalo Bubu malah kadang suka kebalik loh. DIa kalo liburan malah suka sekalian belanja.. Aku mah seneng ajaaa.. :laugh:

      Reply

  3. Arman

    emang ya kalo temen travelling nya gak sehati ya gak asik juga. makanya dulu gua punya temen yang kalo travel selalu pergi sendiri. katanya leibh asik. kalo gua sih gak bisa dah pergi2 sendirian. jadi kalo gak ada temen yang asik ya mendingan gak pergi sekalian. 😛

    kalo sekarang ya the best travel companion for me ya my family lah. malah jadi suka males kalo mau perginya bareng ama keluarga lain. lebih comfortable kalo perginya ama keluarga sendiri aja. hahaha. temennya kudu yang deket banget baru gua bisa comfortable. 😀

    Reply

    1. Bébé

      Iya ya Man.. gw juga ngerasa setelah nikah nih paling enak emang jalan sama suami (dan sekarang sama anak). Ritmenya bisa nentuin sendiri soalnya. Dan kayaknya lebih spesial yaa..

      Reply

  4. Nella

    Paling males klo pergi sama temen yg menggandalkan aku sbg guide, trus sbg guide tugasku adalah potretin mereka disetiap tempat oke menurut para sobatku :frustasi: jadi jauh2 datang dari tanah air, bukan ingin menikmati suasana di objek wisatanya taaappii cuma mau numpang mejeng potret di Paris misalnya, trus cabut ke tempat terkenal lain buat foto2 lagi :giveup: .
    Klo pergi sama suami, justru dia komplain klo aku sibuk potret sana sini, jalan2 ya harus nikmati suasananya, foto hanya sesekali saja :scratch: .

    Reply

    1. Bébé

      <ahahaha kamu aja yg udah jarang2 foto diprotes ya Nel.. apalagi kalo temen2mu jalan sama suami juga.. 😀

      Reply

  5. RITA

    Betul banget be, apalagi giliran bayar2an. yg nalangin siapa? Langsung patungan ditempat kan gk enak, ganggu pemandangan banget, kayak ngumpulin arisan aja. hihihihi…

    Reply

    1. Bébé

      huahahahaha.. iyaa.. bener juga.. :laugh:

      Reply

  6. niee

    Kalau aku mah paling cocok juga suami.. ortu gak suka jalan jalan.. kalau sama.kakak banyak ribetnya. harus akunya yang handle semuanya..

    Reply

    1. Bébé

      Wah enak dong Niee.. apalagi sekarang ada si K.. jd makin seru jalan2nya.. :good:

      Reply

  7. Yeye

    Dulu sblm merit, gw cocok nya jalan2 sama sahabat2 gw dan sepupu2 gw selain keluarga inti yah.
    Emang dasarnya kita itu kompak, jd klo dah mau jln2 ga ribet dsana nya mesti ina inu deh 😀

    Klo skrg dah merit, ya cocoknya sama Mbee.. hahahaha.. klo ngajakin sahabat2 udah agak susah krn para suami2nya ato para istri2nya kdg suka beda pemikiran hahaha.. klo brg sepupu2 gw sih msh OK kadang2 :banana3:

    Reply

    1. Bébé

      waa.. enak dong kalo kompak banget.. :good:
      Berarti sekarang udah jarang dong jalan2 bareng ya?

      Reply

  8. Cut Inong Mutia

    Waaa, baca posting ini langsung gatal deh mau komen secara aku baru aja selesai travelling sama beberapa teman aku 🙂 Selama ini memang belum pernah travelling sendirian sih, selalu ada partnernya…Baik kakak, saudara, atau pun teman 🙂 Dan kalo menurut aku, sedekat apa pun kita sama teman atau saudara, bahkan kakak, pasti pas travelling memang semua sifat atau pemikiran kita bakal benar-benar “terbuka”. dan memang selalu ada aja cerita “Drama” yang terjadi baik yang sumbernya berasal dari gue sendiri ataupun dari orang lain 🙂 #Pengalamanpribadi
    Dan setelah travelling aku yang terakhir (Sekitar 2 minggu lalu), akhirnya aku benar-benar sadar kalo memang kayaknya aku belum nemuin partner in crime untuk travelling, dan bahkan jadi kepengen untuk solo travelling deh 🙂 Dan suatu hari pasti akan aku wujudkan impian itu 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiiin.. semoga kesampean impian solo travelingnya yaaa.. Aku termasuk yang ga berani jalan2 sendirian. Tapi juga yang agak2 milih kalo jalan sama orang.. rempong yaa… dan ya itu.. emang pasti ada drama2nya siiih. Walaupun kalau sama yang udah cocok, dramanya ga banyak2 amat (dan ga sinetron banget).. :laugh:

      Reply

  9. Evita Wijaya

    Hihihihi.. barusan juga abis traveling ke jogja.. seru dan asik.. walau ada gesekan juga.. jalannya lama lah, padahal ngejar waktu.. belum yang bangunnya susah pengen diguyur, banyak yang kasih saran untuk sabar2 dan saling pengertian aja kalau travelling sama temen or keluarga karena emang keiinginannya pasti beda2.. pernah juga travelling sama temen baek ke SG, tapi berakhir dengan jalan sendiri2. trus kumpul dimana gitu. hahaha.. soalnya emang beda keinginan walaupun sudah dijadwal dan diatur. dan pernah travelling sendiri ke Malaysia.. duh rasanyaaaaaaaaa BEBAS KAKAK. hahaha.. kalo cape tinggal balik ke hotel, kalo laper tinggal jalan. gak ada yang perlu ditungguin. cumanya yah itu.. agak garing2 kriuk. :p

    Reply

    1. Bébé

      Hebaaat.. aku paling kagum sama yang berani jalan2 sendiri loh.. :thumbsup:
      Nah kalo yang suka jalan2 sendiri itu aku bangeeet. Maksudnya sih kalo emang pas lagi ada butuhnya masing2, ya ga perlu lah sekampung ikutan semua. Biar sama2 hepiiih.. 😉 :mrenges:

      Reply

  10. fitri3boys

    kalau dulu sm orangtua dan adik2, sekarang yg paling asik jalan2 sama anak2 dan suami.

    Reply

    1. Bébé

      Emang kalo udah bekeluarga, kayaknya paling enak jalan sama mereka ya mba.. :yes:

      Reply

  11. dian sigit

    kemarin abis liburan brg besties, kita bawa anak bojo masing dan super FUN! Pergi sama keluarga besar juga menyenangkan, walo kitanya lebih kudu bisa sabar dan meladeni :p tapi paling asyik yaa jalan sdri sama hubby dan anak2, bebas merdeka ga ada yg ngatur mo kemana aja hajar, mo ke tmp2 eksis, mo sampe malem, mo berenti2 jg bisaaaa B-) hepi krn b2 hoby keluyuran

    Reply

    1. Bébé

      Waaa.. asiknya bisa ngumpul bareng gitu ya Dian.. Tapi emang harus pasang urat sabar yang panjang yaaaa.. hahaha

      Reply

  12. Desi

    kalo sekarang mah, my travel partner udin cucok ama misua Bee… apalagi ditambah anak..makin seruuu :mrenges:
    pokoknya kalo mau jalan2 ya musti sepaket, kalo yang satu ga ikut aja, rasanya aneh, ga lengkap gitu.. heuheuheu 😎

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaaaah..
      Gw sempet kan jalan sama keluarga tanpa si Bubu.. kayak nasi kurang garam Des.. hahaha.. ada yang kurang rasanya.. :haha:

      Reply

  13. sandra

    setujuu.. kalo sejauh ini travel partner yg paling nyaman itu ya keluarga sendiri, karna dah tau kebiasaan masing2. Kalo ama teman2… biasanya, setelah liburan bareng bisa jadi makin dekat ato sebaliknya, gimana pengalaman selama traveling aja …..itu berdasarkan pengalaman sayah yaaa 🙂

    Reply

    1. Bébé

      😀 :laugh: kalo sama temen bisa sampe seekstrem itu yaa.. hahah

      Reply

  14. Pypy

    Sekarang temen ngetripnya temen kost yang syukurnya oke banget. Nyambung keinginan dan style travellingnya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Asik banget tuh Py.. :good:

      Reply

  15. Lidya

    sama keluaraga, atau sama suami enak bisa ngerengek hehehe

    Reply

    1. Bébé

      :laugh: :laugh: muahhahaha.. bener mbaaak.. Apalagi kalo liburan biasanya suami lebih royal gitu deh.. :blush:

      Reply

  16. gillsunshine

    setuju sama mba bebe! so far sih yang paling minimal dramanya ya pegi sama suami & keluarga sendiri .. beda urusannya lagi kalo pegi sama keluarga suami hehehe , ya mungkin karena faktor kebiasaan itu kali yaaaaa .. tapi aku rela koq mba pegi sama mba bebe sama baby jo asal dibayarin, aku manut wae lha!! beneran aku ngalah dhe! HAHAHAHA .. banci gratisan

    Reply

    1. Bébé

      😆 :lmao: pokoknya terima apa adanya gitu yaaah? :haha:

      Reply

  17. yance

    setujuhh banget be….emang harus yang cocok. mending pergi sendiri kalo gak ada temen yang cocok daripada sepanjang travelling kita “tersiksa”. So far yang paling cucok yah hubby sendiri dong….sekaligus bisa berperan jadi fotografer pribadi. hahahhaa

    Reply

    1. Bébé

      :laugh: :haha: udah ga bisa nolak ya mba disuruh jadi fotografer..

      Reply

  18. De

    travel partner paling sip untuk de, udah jelas suami + anak2.

    Lengkap banget rasanya kalo pergi sama mereka.

    Reply

    1. Bébé

      Iya mba.. emang paling enak udah keluarga (kecil) sendiri yaa.. Jadi ga sabar deh bisa traveling bareng sama Jo… :heart_beat:

      Reply

  19. zilko

    Hahaha, setuju banget Be!! :good: Dan super setuju dengan African proverb-nya itu. Makanya aku juga gak keberatan dengan travelling alone. Walaupun ada lho beberapa orang yang “heran” melihat orang lain travelling sendiri dan melihat dengan pandangan (sedikit) nge-judge gitu sepertinya *uhuk, pengalaman pribadi, hahaha :laugh: *.

    Dan katanya memang begitu kok Be. Kalo udah dekat serius dengan seseorang memang salah satu cara ampuh melihat masa depannya gimana (cocok atau enggaknya maksudnya) ya travelling bareng aja, hahaha :laugh: .

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. aku kagum loh sama dirimu bisa traveling sendirian.. Tapi emang bebas banget sih ya.. ga ada yang ngatur2 mau kemana.

      Nyahahaha.. bener Ko.. soalnya kalo jalan2 gitu, keliatan banget deh aslinya..

      Reply

  20. unni

    Iya Mbak Be, setuju. teman saya pernah ada yang bete karena kita kelamaan foto di pinggir pantai, trus dia udah pengen banget naek ke menara pemantau buat fto2 dari atas…

    Reply

    1. Bébé

      :laugh: kalo gitu kenapa ga misah aja Ni? dia jalan duluan gitu? tapi ga enaknya kalo misah2 gitu jadi berasa kayak musuhan yaa.. :haha:

      Reply

  21. Rere

    setuju kak bebe paling pas sih pasti pergi2 sama suami ya selain emang niat jalan2nya udah sama, diajak kemana dan ngapain aja pasti mau2 aja. beda kalau pergi sama temen2 kan pasti toleransinya harus lebih gede daripada jadi gak enak gak enakan pas lagi jalan2 kan males banget ya hehehe

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. tapi lumayan sekali2 jalan sama temen2 Re.. biar terasah rasa toleransinya.. :laugh:

      Reply

  22. emma

    kalau sekarang sii cocoknya sama sahabat cewekku namanya nur kalau mau travel bareng temen, soalnya kalau dia gimana aku aja orangnya hehe

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaha.. asik banget Ma.. udah nurut aja ya dibawa sama kamu kemana.. :mrenges:

      Reply

  23. Angela

    Suami dan sekarang anak lah ya hahaha… Cuma sebenernya Diaz itu bukan tipe yang suka traveling, tapi ya kalo dipaksa-paksa ya mau juga sih hehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. daripada ditinggal ya Ngel.. 😀

      Reply

  24. Idah Ceris

    Kalau sama rombongan gitu, saya malah milih jalan sendiri biar puas. Dan, paling suka ditelephonin disuruh cepet2. 😀

    Belum memiliki partner yg oke nih, Mba Be. Wkwkwkw

    Reply

    1. Bébé

      :laugh: malah dirimu yang digusrah2 yaaa? 😀
      Semoga cepet ketemu jodoh jalan2nya ya Dah.. :thumbsup:

      Reply

  25. Mrscat

    Siapa yah??? Hihihi aku dulu punya travel partner pas masih single. Sekarang sih jarang pergi2 jadi ngga ada lg

    Reply

    1. Bébé

      Kalo sama Mr.Cat mba?

      Reply

  26. joice helena

    best partner masih keluarga sendiri mbak, kl suami bukan best partnerku karna kita beda selera. Dia suka gunung (daerah dingin), aku suka pantai. Jadi kl ke pantai dia malesssssssssss, ke tempat dingin aku ga bisaaaaaa (alergi dingin). Hadewhhhhhhhh… kl sama keluarga biasanya wisata belanja, sampe mampus deh belanjanya, trus ga ada deh drama ngambek2an. Kebetulan mama sama kakakku itu setan belanja, jd biasanya mereka mencar2 cari barangnya dan kl udah kebanyakan aku yg jagain barang2 yg udah dibeli trus mereka kabur lg belanja hahahah

    Reply

    1. Bébé

      Waa… trus kalo liburan sama suami gimana triknya supaya ga gontok2an?
      Huaaaa.. emang udah pada suka belanja yaaa.. jadi ga ada yang ngeluh cape masuk toko terus.. :thumbsup:

      Reply

  27. Tyas

    Salam kenal ya Be, silent reader sudah 2 tahun ini :). Kalau gue sie partner in crime-nya suami gue (sama anak2x), tipikalnya sama, suka eksplorasi tempat wisata maksudnya sudah jauh2x (dan mahal) masa cuma diam di satu tempat saja, suka ke museum, sama2x gak suka maksa shopping tapi suka coba-coba makanan baru. Yang wajib adalah masing2x bawa kamera, karena kamera gue buat foto pemandangan, kalau kamera dia buat foto keluarga, kasihan anak2x gak punya kenangan jalan2x kalau gak di foto suami :laugh: .

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. iyaaa. aku pun kadang suka bawa 2 kamera.. Yang gede buat foto pemandangan.. kamera poket buat foto berdua.. Soalnya kalo minta tolong orang fotoin pake kamera gede suka serem.. :laugh:

      Reply

  28. Melissa Octoviani

    tentu suami dong hahahaha… malah lebih asik suami dibanding keluarga sendiri… kalo ama nyokap bawaannya shopping mulu, ama bokap…dia makannya milih2… kalo ama suami uda pas… sama2 doyan ke tempat wisata dibanding shopping2, dan makan apa aja juga kita masuk hehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Aiiiih.. bener2 perfect partner in crime ya Mel ceritanya.. :thumbsup:

      Reply

  29. t3ph

    yaa suami gw sebenernya ga gitu setipe liburannya sama gw. Kalo gw mirip2 lu ya, suka tempat2 mainstream di luar negeri, kalo suami gw sukanya liburan santai di dalam negeri. Kalo gw liburan pengennya jalann terus, hotel cuman tempat numpang tidur. sedangkan suami gw namanya liburan itu ya istirahat rehat dari kerja kantoran, jadi maunya Santaiii..

    Tapi gimanapun tetep enak travelling sama suami sendiri (selaen emang ga ada pilihan laen juga), soalnya doi paling bisa gw atur-atur kan.. Kebayang kalo pergi sama mertua n keluarga suami, gw susah klo punya ‘keinginan laen’. Pergi sama keluarga gw, biasanya juga gw kecapekan karna mami gw doyan shopping dan ga cape2.. Apalagi sejak punya anak ya, travelling itu paling enak sama family doank.. kalo rombongan susahhh atur jadwalnya: anak bobo siang – balek hotel – anak makan – anak bobo malem. Ribett kalo bukan sama suami sendiri 😀

    Reply

    1. Bébé

      HUahahahaha.. jadi ngakak bagian suami bisa diatur2.. tapi emang bener sih.. :laugh:
      Iya sih.. kalo udah ada anak.. musti jalan sama yang ngertiin juga yaa.. :yes:

      Reply

  30. Maria

    Bebe fotonyaa lucuu 🙂 Betul banget, ga semua temen cocok buat diajak travelling bareng. Repotnya kl jalan keramean ya masing2 punya selera yang beda2 malah repot bikin itinerarynya. Suamiku bukan tipe orang yang demen diajak jalan2 sih, tapi kalo aku kepengen jalan ya dia mau nemenin dan itinerary terserah mau dibuat kayak gimana karna biasa seleranya juga sama sih. Untuung aja, hihihi

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Mar.. :blush:
      Iyaa..ga enaknya kalo keramean rombongan.. sukanya beda2.. :lonely:

      Hahahah.. enaknya kalo udah satu selera gitu yaa.. Ga terlalu banyak mikirin, udah pasti cocok2 aja..

      Reply

  31. Keke Naima

    setuju sama quotenya. mending jalan sendirian, kalau gak ada teman yang asik diajak jalan2 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. iya mba.. Tapi aku termasuk yang takut pergi sendirian… :laugh:

      Reply

  32. ied

    Ada sahabat yang asik banget diajak liburan. Dia tau kapan mesti foto kapan mesti menikmati suasana tanpa terganggu keinginan untuk foto-foto. Soalnya saat traveling itu banyak hal yang rugi banget kalo cuma difoto tapi gak dinikmati. Nah, kalau sekarang, the best travel partnernya suami. Untungnya bisa nyaman dan cocok kemana-mana sama dia 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Enaknya ya kalo suami bisa cocok juga.. :yes:
      Waaa.. masih bisa jalan2 sama sahabatnya ga? atau udah ga pernah lagi?

      Reply

  33. Teman Berpetualang « Dancing The Dream

    […] Maafkan daku ya emang yang ga kreatif, dan sukanya dapet inspirasi setelah baca. Atau lebih tepatnya pingin menulis pengalaman yang sama hihihihii. Kali ini yang kebagian rejeki adalah Bebe di post mengenai the perfect travel partner. […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *