Cooking Diary – Mie Ayam Bakso

Udah dari tahun lalu sejak pindah ke sini, aku kangen banget makan mie ayam. Kangeeeeen banget. Entah itu mie ayam kampung ataupun mie ayam bakmi GM, dll.. Terserah deh, pokoknya kangen pingin makan. Karena susah banget cari disini, akhirnya mau ga mau harus bikin sendiri. Cerita lama, udah ketebak lah ya.. Tapi saking malesnya bikin, baru beneran dijalanin kemarin deh.

Setelah browsing2 resep mie ayam, aku ketemu resep yang keliatannnya mudah dan bahannya ga macem2. Setelah ngacak-ngacak dapur selama 2 jam straight, akhirnya jadi juga mie ayam baksonya.. Hasilnya adalah dibawah ini…

pinginnya sih minumnya teh botol, berhubung ga ada jadi air putih aja deh.. 😛

Gimana? Hasilnya keren kaaaaaaaan? Fotonya bagus yaaaa…? minta tepuk tangannya doooong… *narsis abis*

Proses bikin mie ayam ini sangat sangat sangat sangat melelahkan. Pertama aku harus buat minyak ayamnya dulu. Itu artinya aku harus misahin kulit ayam dari dagingnya. Ok, bagian itu sih ga susah-susah amat ya. Setelah kulitnya dilepas, aku harus goreng sampai kering yang menurut resep aku harus nutupin pan-nya selama goreng kulit ayam. Masalahnya panku itu ga ada tutupannya dan tutupan panci2 yang lain kurang besar juga. Akhirnya si bubu langsung MacGyver style. Dia ambil panci wok lalu ditaruh di atas pan… Iiigh bubuku pinteeeeer… Nah, minyak hasil goreng kulit ayam ini nanti dipakai buat goreng daging ayamnya.

Setelah itu cuma butuh rebus daging ayamya sampai matang, trus dipotong2 dagingnya kecil-kecil. Air rebusan ayam jadi bahan kuah yang harus dibumbui, daging ayamnya setelah dipotong kecil-kecil harus digoreng lagi. Setelah semua kelar baru deh seduh mie-nya.

Bacanya pusing ya? saya juga nulisnya keder nih.. Mending langsung liat step-stepnya di resep aslinya kali yaa..

Dari semua bagian-bagian dari resep ini, aku malah gagal total waktu nyeduh mie-nya. Asli itu mie katanya cuma butuh diseduh aja, tapi kok ya setelah di seduh, masih ada bau-bau gimanaaaa gitu. Apalagi pas aku coba masih kerasa mentah, plus plus plus pas aku pegang lengkeeeeeet bangeeet. Aku coba seduh lagi pakai air panas, ga ngaruh. Akhirnya aku rebus aja mie-nya kayak kalau bikin indomie gitu loh. Eh.. saking sibuknya  meratiin kuah bakso, lupa deh tuh sama si mie. Jadilah hasilnya lodoh selodoh-lodohnya mie bisa lodoh. Lemeeeees bener. Ga napsuin banget. It went straight to the trash can.

Karena bingung mau pakai mie apa lagi (cuma punya stok mie-nya satu), aku putusin pakai mie-nya indomie aja. Mienya aku rebus biasa, trus kasih minyak sayur dan kecap sedikit sesuai kata resepnya. Hasilnya ya kayak foto di atas deh..

Urusan rasa… nggg.. bisa diskip aja ga nih? Kuahnya enak, baksonya karena hasil pemberian teman jadi pasti enak banget, ayam goreng yang ditaruh di mie-nya juga enak. Tinggal si mie-nya doang nih.. Rasanya gimana yaaaa… Karena dikasih kecap jadi agak beda sama rasa mie indomie biasa, tapi tetep aja ga ada mirip2nya sama mie-nya mie ayam. Tapi secara keseluruhan kalau dimakan bareng, masih bisa dicerna lah. Kalau kata si bubu sih enak. Mangkok dia pun bersih. Tapi ga tau apa karena dia dasarnya laper banget ato emang enak beneran. Entahlah..

* * * *

Ngomong2 soal mie, aku udah dua kali nih bikin makanan yang berhubungan dengan mie tapi gagal terus. Pertama kali bikin bihun goreng. Itu ga separah kemarin sih, setidaknya masih bisa dimakan, cuma kok masih berasa lengket2 gitu ya? Cara nyeduh/masak bihun/mie telur/mie-mie lainnya itu gimana sih? Help plis…

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

47 thoughts on “Cooking Diary – Mie Ayam Bakso

  1. Paramitha Nasimova

    Wooowww! Akhirnyaa…, jd kangen mie ayam kampung –” Pingin bikin tp susah gak Mba’ In? Hehehehhe…

    Reply

    1. Bébé

      Akhirnyaaaa… hehehe..
      Hmmm… lumayan sih mit, yang pasti ngabisin banyak waktu deh buatnya. Tapi hasilnya setimpal kok. Kemarin aku gatot di mie-nya. Jadi bikin kurang napsu..

      Reply

  2. en-emy

    Ih berarti bener tebakan saya pas liat gambarnya pertama kali.
    Langsung spontan bilang “Kayak indomie”. Eh bener yaa pakai mie nya Indomie.

    Ayooo Be, semangat terus coba lagi nanti. Sampe berhasil bikin Mie Ayamnya.
    Kamu hebatlah, hasil karya masak-memasaknya udah banyak dan (di luar si mie ayam dan bihun) keren2.
    Saya aja beberapa kali nelen ludah liat gambar masakan kamu (terutama ayam panggang kentang, udang panggang saus putih, dan pasta bakso saos tomat) salut

    Dannn, pasti udah ketebak dong saya nggak bisa ngebantu ngejawab pertanyaan kamu soal gimana nyeduh Mie yg benar Masak aja aku ga bisaaa. Huhuhu. Bisanya makan doang.

    Hmmm, kayaknya faktor utamanya karena males. Jadinya nggak pernah nyoba dan bilang nggak bisa Saya cuma bisa masak indomie rebus, telor dadar, dan telor ceplok. Etapi, telor ceplok saya cakepp Be, bulet gitu. Ahahahaha. gitu doang congkak.

    Reply

    1. Bébé

      Hiiiih.. jeli banget matanya. Langsung ngerti kalo itu mie-nya indomie..

      Masih nyoba2 semua nih.. Alhamdulillah sih kebanyakan jadi, yang ga jadi ga dipajang soalnya.. *eh*

      Btw, aku kalau masak telor ceplok ga bisa bulet loh.. dan selalu agak garing pinggirannya.. Telor dadar malah belum pernah nyoba.. >__< paling ahli bikin telor orak orik.. acak2an soalnya.. 😛

      Reply

  3. mariskaajeng

    hoho fotonya bagus.. bikin ngiler.. tapi perlu ditambah sayaurannya, di toko cina pasti ada.

    dulu di Indo sempet beberapa kali bikin mie ayam dan berhasil, tapi namanya di Indo.. kalo segala bahan ada dan gampang dicari. kalo di sini belum pernah bikin, tapi ntar kalo udah pindah mau coba bikin 😀

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha… itu dia, kemarin pas buat dadakan, jadi males jalan2… Akhirnya ga beli deh tuh macem2 sayur. Ketauan deh di rumah ga pernah makan yang ijo2.. 😛

      Iya, kalo di indo, mie-nya tinggal beli di pasar.. ah, lebih gampang… tinggal panggil si abang mie ayamnya aja.. tunggu 5 menit, langsung jadi..

      Reply

      1. mariskaajeng

        judulnya kan coba bikin mie ayam sendiriii.. *speechless* -____-

        Reply

        1. Bébé

          abis kan kesian abangnya kalo ga dibeli dagangannya.. *apaseeeeh*

          Reply

  4. Zilko

    Menurutku sih masakan semacam ini yang susah itu bikin kuahnya, iya nggak sih?? hehehe 😛

    Reply

    1. Bébé

      Kuahnya gampang loooooh… Tinggal bikin kaldu ayam, campur bumbu2.. jadi deh.. Eh menurutku sih gampang ya.. hihihi.. Bikin mie-nya neh yang susah… pengalaman nyeduh mie selain mienya indomie ga??

      Reply

      1. Zilko

        Masa sih? Hmmmm. Mungkin karena persediaan bumbuku kurang lengkap kali yah, hehehe 🙂

        Pernah dong, disini kan Mie Atoom Bulan itu dijual juga, jadi kalau bikin mi biasanya aku pakai mie itu, hehehe 🙂

        Reply

        1. Bébé

          Hahaha.. mungkin juga.. Kemarin cuma nambah kaldu ayam di air sisa rebusan ayam sama kasih merica dikit udah OK rasanya. Tapi selera orang beda2 siiih..

          Enaknyaaaaaa… masih nyoba2 segala jenis mie nih.. Ga tau deh gimana hasilnya.. >_<

          Reply

  5. raden ikhwan

    apa gambarnya bisa saya makan sekarang? hahaha

    Reply

    1. Bébé

      Paling sih bisa pegang2 monitornya aja kalo mau.. Tapi lebih gampang mending manggil si abang mie ayam deh.. Sungguh, beneran.. ^__^

      Reply

  6. Mayya

    Ngileeeerrrr…slurp! Haduh be, makin TOP aja motonya nih!
    Iya, bener kata mariska, kurang ijo2nya…

    Jadi teringat suka nongkrong makan mie ayam ama alm. papa…tuuh kannnn jadi kangeeeen….hiks….
    Nanti ngajak hubby ah makan mie ayam favorit ngelepasin kangen ama papa…

    Aku puyeng baca petunjuknya bebe chayank…bagusnya dikasih step by step pake numbered list gitu…
    1. begini
    2. begono
    Itu saranku sebagai pembaca setia loooh..

    Selamat mencoba lagi ya cintaaaaah! Mdh2an mie ayam berikutnya lebih lezat lagi!

    Reply

    1. Bébé

      hahaha… abis maksudnya ga ngasih tau cara bikinnya, cuma mau cerita keriaan selama buatnya ajah.. jadi kalo mau tau cara bikinnya biar langsung baca di halaman resepnya.. Abis eike keburu pusing sendiri jelasinnya gimana.. hihihi jadinya gitu deeeeh…

      ho’oh nih, males beli ijo2nya.. jadi apa adanya di rumah aja deh.. tapi yang penting fotonya bagus kan ya? kan kan kan?…

      Reply

  7. Budiman Firdaus

    kayaknya enak mbak,
    bagi donk mbak, 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Yaaa.. udah keburu abis deh..

      Reply

  8. Nova

    yeeeeeeyyyyy jagoan ih bebe!! akhirnya kangennya terobati ya?

    keliatannya enaaakkk..

    Reply

    1. Bébé

      iya dooong… hihihi

      Iya nih, biar kata cuma sukses 80% tapi teteplah enak.. *elap keringet*

      Reply

  9. mey

    hihihi…iya iya keren:)):D:D enak tu yak pasti…macam indomie goreng plus ayam:D hihihi pissss…but good work anyway…
    bihun tuh biyar gag lengket dituang minyak goreng trus di aduk2 bentar..tapi jangan kelamaan juga dieminnya…langsung dimasak:D
    #mommyku jualan mie goreng soalnya hihihi:d

    Reply

    1. Bébé

      Ahaaaa.. jadi dikasih minyaknya sebelum di masak ya? oke deh, besok2 coba gitu.. tack så mycket

      Reply

  10. ellalae

    si kakak.. kirain mau bikin mie-nya manual gitu.. hihihi.. terigu diuleni, trus dibanting, trus dipotong-potong.. hihihi.. tak taunya berakhir dengan indomie.. soalnya pas awal liat fotonya kok kayak kenal ya.. 😀

    tapi cihuy deh.. seenggaknya kangen nya sedikit terobati.. kangen makan apa lagi nih?

    Reply

    1. Bébé

      Huahahahaha… eiiigh, kalo udah bisa ampe bikin sendiri mie-nya mah, nyeduh doang pasti ga sampe lodoh..

      Kangen makan bebek goreng pak slamet nih. Tapi itu kayaknya sulit deh. Sambelnya booook.. ga tau rahasianya eike.. Mana si bubu ga suka pedes, bisa jontor ngabisin sambel sendirian.. >__<

      Reply

  11. Chita

    Nggak papa deh mienya gagal, kan yang penting photonya kereeen!

    Reply

    1. Bébé

      iyaa… fotonya menghibur hati yang lara nih..

      Reply

  12. Anggie

    Kl aku beli mie telur basah… Jadi tgl diseduh biasa aja.. Mungkin kl di rebus bs tll lembek.. Itupun juga sebentar… (kepengaruh liat abang yg jual mie ayam)… trus lgs campur minyak sayur sewaktu ditaruh ke mangkok, biar antar mie ga saling menempel…

    Reply

    1. Bébé

      Siph2… Musti banyak latihan nyeduh mie nih kayaknya eike.. Kelar2 bisa jualan mie beneran deh..

      Reply

  13. epi

    kalau ga salah sama kayak bikin spaghetti atau fettucini gitu deh be, sirem minyak dikit aja trs di aduk2 supaya ga lengket. tp fotonya bagussss

    Reply

    1. Bébé

      Ma’acii… Itu dia kemarin nyoba direbus kayak indomie/spaghetti gitu.. tapi malah lodoh.. hihihi

      Reply

  14. tikka

    kalo di rumah bikin mie ayam, bumbunya cuman minyak zaitun, garam, lada doank terus mienya direbus biasa aja ^0^ Tapi jgn lupa ayam kecapnya. oia, coba aja beli sarangan kayak abang2 tukang mi, jadi ga nempel ke panci ^0^

    Reply

    1. Bébé

      Di sini ga pernah liat sarangan yang kayak tukang mie gitu.. padahal enak juga ya, jadi ga nempel2..

      Wah, itu bumbunya untuk mie-nya atau untuk keseluruhan mie ayamnya?

      Reply

      1. Tikka

        iya, aku di rumah kalo bikin mi ayam kayak gt ^^ oia baru inget, aku ga pakai garam tapi kecap ikan ^0^ jadi rebus mie, trus di mangkuk uda dikasih minyak zaitun, kecap ikan sama lada ^0^ pakai minyak ayam juga bisa biar lbh gurih ^0^

        Reply

        1. Bébé

          Huaaaaaah… asik nih, lain kali aku coba deh.. Btw, mie buat mie ayam gitu enaknya mie apa ya? disini adanya mie telur.. Bisa ga ya?

          Reply

          1. tikka

            aku biasanya pake mi basah yg merk AA kalau ga salah. kalau mi telur hmnn kalau telur biasanya buat mi goreng kalau di rumah ^0^. hooo, atau ga buat sendiri ^0^ *bikin kerjaan baru :p

            Reply

            1. Bébé

              hahaha.. kalo bikin sendiri, saya nyerah aja dari sekarang.. *kibar bendera putih*

              Aha, mie telur itu lebih cocok jadi mie goreng toh.. siph.. Disini sayangnya ga ada mie basah merek AA.. hahaha.. tapi2, mie basah itu bahasa inggrisnya apa ya? Maap nih nanya terus..

              Reply

              1. tikka

                sebenernya sih tergantung, kadang ama abang nasi goreng, mi telur jadi mi masak haha ^0^. mi basah apa ya bhs inggrisnya. hmnnn fresh egg noodle bukan. tapi sebenernya pas di sana mi telurnya basah apa ga? apa model mi instan?? ak nemu ni hasil googling mie basah, bhs inggrisnya juga blh nyontek dari sana hehe ^0^. http://kerinci12.multiply.com/recipes/item/6/Fresh_Egg_Noodles_Mie_Basah_

                Reply

                1. Bébé

                  model mie instant gitu deh.. diplastik keriting2 gitu… tulisannya egg noodles.. kalo ga, nanti diriku coba deh.. siapa tau jadi… hihihi

                  Reply

  15. Ely Meyer

    Bagi donk mie ayamnya , lengket lengket nggak papa deh … laper nih Be

    Reply

    1. Bébé

      hahahaha… udah abis mba… Yang tersisa tinggal kenangan di foto itu..

      Reply

  16. Tita Okti

    bener Be..emg enak klo lngsung panggil abang tukang mie ayam..masalahnya disana suka ada tukang mie ayam lewat ga?

    tips biar mie-nya ga lengket..waktu direbus pake minyak dikit..trs abis ditiris siram air dingin trs tiris lagi deh..smoga bermanfaat ya..

    Reply

    1. Bébé

      ga ada abang mie ayam..

      Wokeh, akan saya coba tips2nya.. terima kasih banyak infonya.. semoga bisa dijalankan dengan baik dan benar..

      Reply

  17. niee

    waaahhhh klo urusan.mie aku blm pernah juga mbak.. tapi klo ibu aku jago bgt deh.. *ya iyalaaahh niee.. hehehehe..

    aahh.. makin suka.sama blog ini.. byk referensi makanannya.. 😀

    Reply

    1. Bébé

      hahahahahaa… sama2 nubie ya kita?

      yang punya blog gembul soalnya, jadi isinya makanan mulu… 😛

      Reply

  18. Mid Week Update 4: Food Edition : a Memory Bliss

    […] hari terakhir ini bahas soal makanan terus ya? Dari ngomongin makanan cita rasa Indonesia yaitu mie ayam bakso, ikan goreng dan tumis bayamnya, sampai yang “selera bule” kayak pancake dan spaghetti. […]

    Reply

  19. Hiks, Bumil Terharu | { a Memory Bliss }

    […] oh Ngidam yang gue tulis beberapa minggu yang lalu, gue udah bertekad mau bikin mie ayam sendiri. Dulu pernah nyoba dan hasilnya lumayan, cuma bermasalah aja sama mie yang selalu lodoh pas dimasak dan ujung-ujungnya pake mie-nya […]

    Reply

  20. debora

    Cara bikin bihun goreng:
    -rebus bihun sampai empuk/matang, angkat, tiriskan. Taruh di wadah yg agak besar.
    -gunting2/potong2 pendek, lalu kasih kecao manis dan bumbu (garam,merica,penyedap) dan aduk2 dgn tangan (pakai sarung tangan plastik) sampai kecap, bumbu dan bihun tercampur rata, sampai bihun brwarna coklat muda. Jgn terlalu banyak kecapnya ya biar gak eneg.
    -panaskan minyak utk menumis, tumis bawang putih yg sudah dirajang, masukan sayur2an (kol yg diiris tipis dan wortel diiris tipis panjang).
    – Setelah wortel matang/empuk, matikan kompor. masukan bihun dan aduk2.
    Selamat mencoba..!!

    #dijamin enak, resep dari mertua.
    Kalau bihun dimasak/digoreng dgn suhu tinggi nanti malah lengket/alot dan keras ky karet.

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P