Aplikasi Foto Edit Pilihan Bebe

Sejak aku ganti hape jadi si putih, rasanya kegiatan hunting foto jadi jauh lebih ringkes. Tanpa perlu nenteng si DLSR kemana-mana masih bisa ngabadiin momen atau objek menarik yang aku liat di jalan. Emang sih hasilnya pasti ga akan sama, cuma agak males juga ya kalo lagi di jalan trus harus repot ngeluarin kamera dulu dari tasnya, buka lens cap-nya, gantungin tali kamera di lehernya, lepas sepatunya, cuci kakinya trus bobok deh *eh keterusan*. Udah gitu sekarang banyak banget kan aplikasi photo editing yang bisa diinstall langsung ke hp, jadi ga perlu repot mindahin foto ke komputer – ngedit di fotosop dan kirim balik ke hp supaya bisa dipajang di socmed macam twitter atau instagram. Intinya sih jauh lebih simple lah prosesnya.

Naaaaah… sampai saat ini kan aku udah beberapa kali majang hasil foto yang aku ambil dan diedit di hp. Dan di setiap kesempatan itu pula beberapa temen-temen penasaran sama aplikasi yang aku pakai dan cara ngeditnya. Maka dari itu.. pada post ini aku mau bagi-bagi info soal aplikasi dan fitur yang paling banyak aku pakai waktu ngedit foto.

* * * *

Snapseed

Menu utama snapseed dengan fitur yang bisa dipakai di bagian bawah

Snapseed ini adalah aplikasi photo edit paling favorit. Fiturnya lengkap banget, dari yang cuma sekedar ngecrop, ganti saturasi, sampe ke model kasih efek warna, bikin foto makin dramatis, tilt shift dan edit yang lain-lain. Saking favoritnya, setiap kali mau ngedit foto.. pasti harus masuk aplikasi ini dulu. Entah itu cuma buat supaya tambah contrast ato apalah. Kurang gimana gitu rasanya kalo sampe ga diedit di sana.

Dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh Snapseed, yang sering aku pakai adalah:

CROP

Fitur ini fungsinya ya buat motong gambar kita sesuai ukuran yang kita mau. Ada banyak pilihan ukuran yang bisa kita pilih, misalnya 4:3, 5:4, kotak atau free (ukuran bebas), semua tergantung kebutuhan.

DRAMA

Nah, ini dia fitur yang bikin foto dari biasa jadi luar biasa. Pada fitur ini kita bisa membuat foto terlihat lebih “hidup” dari sebelumnya. Aplikasinya secara otomatis ngatur setting kontras, ketajaman, dll pada gambar. Selain itu kita bisa memilih dari 6 buah pilihan setting cahaya. Dimulai dari normal – terang – gelap. Aku pakai fitur ini hampir di setiap fotoku.

TUNE IMAGE

Pada fitur ini, kita bisa mengatur tingkat brightness, contrast, ambiance, saturation dan white balance dari foto yang mau diedit. Tinggal geser kanan kiri, atas bawah sesuai selera.. dan viola.. jadi deh..

DETAILS

Ini juga salah satu fitur yang aku sering pakai. Dengan menaikkan tingkat Structure, kita bisa membuat gambar jadi terlihat lebih berdimensi dan ga flat. Harus dicoba!

dan yang terakhir adalah…

CENTER FOCUS

Dengan fitur ini, kita bisa mengatur tingkat vignetting (pinggiran gelap) dari gambar yang kita ambil. Efek vignettingnya pun ga sekedar hitam aja.. Kita juga bisa memilih yang ada efek blur-nya kalau mau. Ada juga pilihan dimana vignettingnya berwarna terang.

—-

Dari seluruh fitur yang ada di aplikasi ini, ada satu yang aku agak hindari (kalo ga mau dibilang ga dipake sama sekali).. yaitu fitur TILT SHIFT. Kenapa? soalnya fitur ini spesifik banget gunanya, supaya foto terlihat seperti miniatur. Nah untuh dapet efek tersebut, butuh angle yang pas banget kalo ga jadinya pasti maksa. Malah ujung-ujungnya foto bakalan jadi jelek karena efek blurnya ga wajar. Sayang kan kalau fotonya udah bagus, langsung rusak karena maksain efek yang ga cocok. But then again, selera orang beda-beda sih yaaa.. mungkin malah ada yang mikir efek ini bisa bikin foto tambah kece.. Who knows.. Tapi ya itu, aku memilih untuk menghindari efek ini kalo ga perlu-perlu amat.

Eniwei, bagi yang tertarik dengan aplikasi yang satu ini bisa diunduh langsung dari App Store dengan harga 38 kr atau kurang lebih Rp. 50.000,-. Aku sendiri dapetnya gratisan dari apps store waktu natalan tahun lalu. Biasa deh, kan tiap tahun mereka punya Apps khusus yang namanya 12 days (kalo ga salah) yang isinya penawaran applikasi gratis selama 12 hari dari natal sampai tahun baru. Yah aku dapetnya dari situ lah.

* * * *

Line Camera

Aplikasi yang ini ga terlalu banyak aku pakai sih. Paling cuma buat dapet efek warna yang unik aja. Seringnya sih setelah dapet efek warna yang aku mau, balik lagi fotonya aku proses di snapseed supaya tambah pas. Tapi di sisi lain, aplikasi ini nawarin efek frame dan sticker yang lucu-lucu banget, contohnya kayak foto yang di bawah ini.. Unyu ya?

Aplikasi ini bisa diunduh langsung dari hp secara gratissss… jadi tunggu apa lagi..

* * * *

Pix: Pixel Mixer

Pix: Pixel Mixer ini adalah aplikasi foto edit yang menawarkan fitur editing lumayan beragam dan bedanya dari aplikasi yang lain adalah kita bisa menumpuk maksimum 3 pilihan filter pada satu foto. Aku paling suka pakai efek-efek tambahan seperti “smoke“, “passion“, “scrape” atau “ink“.

Sama seperti Line Camera, aplikasi ini juga bisa diunduh langsung dari hp baik apple atau android tanpa biaya apa-apa alias gretong a.k.a gratis.

* * * *

Fotor

Nah kalo yang ini aku paling sering pakai juga untuk nambah efek warna yang lebih dramatis. Pilihan efek-nya ada dalam beberapa folder pilihan, contohnya “classic“, “analog” dan lain lain. Selain itu mereka juga punya fitur HDR, collage, big aperture (mirip tilt shift), color splash, dll. All in one deh ceritanya.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan harga $2.99 dari apps store. Aku dapetnya pas mereka lagi ada penawaran khusus beberapa bulan yang lalu, jadi ga perlu bayar deh alias gratisan.. lagiiiii.. :). Nyeheheheh..  Perasaan dapet gratisan mulu yaaah.. ahahahaha..

Btw… untuk android, ternyata aplikasi Fotor ini gratis looooh..

* * * *

Yah itulah aplikasi foto edit andalan yang aku pakai setiap kali ngedit foto dari hp. Jangan lupa, kadang untuk dapet hasil foto yang pas banget, butuh proses edit di beberapa aplikasi yang berbeda, jadi sabar aja waktu ngeditnya. So selamat mencoba.

PS: Atas saran Arman, aku mau kasih liat beberapa hasil foto asli yang aku ambil dan kemudian diedit dengan aplikasi-aplikasi di atas.

before – after

PS²: ngomong-ngomong hp… aku aku aku aku… punya hape baru dooooong… ipon 5 loooooh… *tiba2ditimpabubu*. Hehehehe.. ga ding.. aku kemarin tiba-tiba iseng pingin upgrade hp-ku yang masih pake iOS 5.0.1 itu. Niat hati nan suci sih maunya upgrade ke iOS 5.1.1 ajah.. secara udah bisa di jailbreak kan.. etapi ternyata.. baru mulai aja udah error doooong. Layar hapenya mati total karena nyangkut di DFU mode dan ga bisa di restore ke 5.1.1 dari itunes. Karena udah setresssss dan nyaris nangis ngejer guling guling sambil gigit guling, akhirnya aku bilang ke bubu untuk langsung upgrade aja ke iOS 6.0 yang dipakai juga sama ipon 5. Alhasil sekarang tampilannya ya sama persis deh sama iphone 5, kecuali layarnya aja nih belum sempet diurut di mak erot, jadi masih pendek.. #eh. Lumayaaaaan, berasa punya hape baru… *gampangpuas*

PS³: kok nulis PS aja ampe panjang amat yaaa? *penting*

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

55 thoughts on “Aplikasi Foto Edit Pilihan Bebe

  1. niee

    Waahh.. yg aku pengen bayar ternyata.. kalau di android ada promo gratis gitu gak ya mbak?

    Reply

    1. Bébé

      Hmm.. aku ga tau deh Niee.. soalnya aku ga pake android sih.. (tears).. boleh beliin galaxy s3 dulu ga? *malahnodong* hihihihi..

      Reply

  2. Ratih

    mwahahah Bebe kocak nulis nya nih hehehe

    Reply

    1. Bébé

      (blush) hihihii.. ini efek belum minum obat jeng.. 😛

      Reply

  3. Chita

    Udah aku coba Be app yang pertama, atas rekomendasimu, seru euy!!
    Kayanya malah makin ketagihan nih ma app yang ada, aku udah nyoba Hipstamatic dan Photogene2, nggak kalah seru Be 😉

    Reply

    1. Bébé

      Horeeee.. ada yang suka snapseed jugaaa.. ^^

      Hipstamatic dulu sempet pake Chit.. tapi sekarang kan tiap mau beli fitur baru harus bayar lagi yaaa.. huhuhuhu.. aku kan peliiiiiit.. 😛

      Photogene2… bayar chiiiiit.. *banci gratisan ya gini deh*

      Reply

  4. Anggie

    Aiiihhhh… Kl aku masih yg bener2 free dari itunes… Nah disini ga ada yg mdl penawaran khusus dey kayaknya…. Maklum.. Di Semarang ga tll lengkap jg tokonya… Penawaran jg paling harga khusus utk tukar ke iphone/ipad yg terbaru.. + tambahan harga tentunya….
    Aku masih pake camera pro n ps express model photoshop gt Be…

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga nginstall ps express Nggie, tapi malah bingung pakenya >___< lebih kebiasaan pake snapseed ini malahan..

      Reply

  5. Felicia

    hai bebe salam kenal 🙂

    kalau untuk bb ada gak hehehe soalnya gak pake iphone sih..punya new ipad sih tapi dimasukin laci abis gak ngerti pakenya dan apa2 kudu bayar jd males 😀

    kalau untuk PC biasa bisa gak yah program2 itu dipake, selama ini pakenya potosop aja sih jadi gak pernah d/l model gitu2an

    thank you 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Halo halo.. (bye)

      Hmm… aku ga tau deh buat BB ada ato ga.. Tapi bisa kok dari ipad, cuma emang sih aplikasinya beberapa bayar.. 😀

      Setauku sih ga bisa.. soalnya kalau dari komputer, aku juga ngedit fotonya pake photoshop sama lightroom aja. Tapi ada sih program namanya PhotoScape, bisa di install di komputer dan gratis. Itu juga bagus buat ngedit..

      Reply

  6. Mayya

    Tunggu deh beli hp android dulu hihihi….Utk skrg: hidup photoshop dan light effect! \(^^)/
    Naaaah kan? Malah jd error abis di-upgrade ndiri ckckckck…..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. sekalian ya May, nitip satu kalo beli HP baru.. ^_^
      Yeaaaay.. hidup sotosoooop 😀

      Iya tuh.. untung bisa lagi akhirnya.. walaupun jadinya langsung ke yang baru.. (tears)

      Reply

  7. arman

    jadi pengen beli ipon 5… huahahaha

    be, mestinya dikasih liat sekalian before after nya… 😀

    Reply

    1. Bébé

      Beli.. Beli… Beli…. Hahahaha… Mayan man, bisa buat moto2 Emma.. 😛

      Eh iya bener juga… Tambahin deh kalo gitu.. 😀

      Reply

  8. zilko

    Yaaa, harus bayar ya, hmmm. *pecinta app gratisan aja, huahaha http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cool.gif *. Aku belum terlalu sering memaksimalkan penggunaan smartphone-ku nih Be. Jadi kayaknya memang mesti download beberapa app yang berguna dan keren banget sih ya, hehe

    Reply

    1. Bébé

      Buat Android aplikasi Fotor sama Pix gratis loh Ko… cuma snapseed aja yang emang belum ada buat Android. Tuuuuh, hayuk langsung diunduh!!

      Reply

  9. Yeye

    Nungguin si ipon turun drastis dulu deh eike boooo… http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_unsure.gif

    Reply

    1. Bébé

      laaaaah.. kan di android bisa juga neng aplikasinya (kecuali yg pertama sih).. yang itu install di ipad ajaaah..

      Reply

  10. Bonnita

    wah tfs ya bebe.. aku jadi semakin ingin beli ipon…

    Reply

    1. Bébé

      hihihihi.. ga harus ipon koook.. hp android juga bisa loh ^__^ kebetulan aja aku pakenya ipon.. 😀

      Reply

  11. Desi

    akuuh..akuh..jadi pengen beli hp android atau iphone sekalian..http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif
    sebage pemake bb, ga mungkin banget deh aplikasi2 itu bisa nemplok di hp eikeh..
    Be..bikin giveaway lagi yg hadiahnya iphone dooongg….hihihihi ;p

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahahaha.. Tunggu bubu jadi kayak Bill Gates dulu ya Des… Jadi mintanya gampang ke dia.. 😛

      Reply

  12. danirachmat

    oh bebeeeee. harta karun nih postingan bwt gw. makasiih Beee. lansung menuju playstore. hihihi

    Reply

    1. Bébé

      Horaaay.. Sayangnya Snapseed belum ada buat android nih.. Tp semoga lagi ada.. ^__^

      Reply

  13. Fety

    Bebe, memangnya udah bisa upgrade ke iOS 6.0? Kok aku blm dapat pemberitahuan yah 🙂

    Tapi, terlepas dari byknya apps kayaknya balat jg perlu, Be 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Coba liat di settings deh mba.. Biasanya ada tuh pemberitahuan untuk update iOS.. ^__^

      hihihi.. Tp siapa tau app-nya bisa bantu mba.. 😀

      Reply

      1. Fety

        Akhirnya update jg 🙂 tfs, be 🙂

        Reply

        1. Bébé

          Waaaah.. Suka ga? Aku suka yg versi baru ini.. Sayangnya batere jadi agak boros.. :((

          Reply

  14. yance

    wahh be….emang kerenn yahh kalo ada aplikasi gini..jadi gak ribett buat para blogger…mantapp deh si putih…( jadi ngilerrrr…)

    Reply

    1. Bébé

      iya mba.. bikin jadi ga ribet kalo mau ngedit-ngedit..

      hihihi hape android juga bisa loh mba.. 😀

      Reply

  15. randompeps

    eh tolong ya beliin gue ipon5 dulu baru ini yang lo share cukup berguna hahahahahah ngenes deh gue ga punya hape tjanggih sekarang. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/tears.gif

    Reply

    1. Bébé

      buahahahaha… ntar dikasih ipon 5, lo rusakin lagi pep, sayang.. mending buat gw ajaaah

      Reply

  16. Nisa Heechul

    *menatap sendu henpon blekberi yang uda musti dicas sehari 5x*
    http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif

    Reply

    1. Bébé

      *puk puk Nisa* semoga cepet ganti hape yaaa…

      Reply

  17. applausr

    lagi nunggu iPhone 5 di indonesia nih…. mau coba phone pake iphone dan aplikasi editing lainnya.. jadi aku izin catet dulu deh rekomendasi aplikasinya…

    Reply

    1. Bébé

      huaaaaah.. asiiiik mo beli.. semoga nanti apps-nya berguna.. ^__^

      Reply

  18. Rina CuteCoconut

    Keren beee! Cari versi androidnya ah..ada kan yah? Btw busway gw tambahin nama “panjang” gw ya soalnya gw liat2 banyak kali nama Rina hehehe pasaran T__T

    Reply

    1. Bébé

      Ada kok.. Kecuali yang snapseed ya.. Itu belum ada buat android.. Tp bisa diinstall di ipad kalo mau.. ^_^

      hahahaha… Boleeeeh.. Biar gw ga keder juga bacanya.. 😀

      Reply

  19. Tebak Ini Siapa

    Aaaa jadi kepengen pake iPhone…
    Hasil editnya jadi keren banget…
    Wah Fotor gratis yak… langsung donlod ah…

    Reply

    1. Bébé

      Ayo beliiii Una.. hehehe
      tunggu aja snapseed muncul buat android, kayaknya ga lama lagi deh.. *semoga* 😀

      Reply

  20. Maiko

    thanks infonya…
    mirip instagram gitu ya?

    salam kenal

    Reply

    1. Bébé

      Oh bukan.. kalau instagram kan aplikasi untuk kasih liat hasil foto kita ke org2… kalo apps yang aku tulis ini cuma untuk ngedit fotonya aja. Setelah itu bisa dipasang dimana2 terserah kita.. ^_^

      Salam kenal juga.. makasih udah mampir yaaa 😀

      Reply

  21. indri

    beeee… be be bebeeeee…
    aku donlot yang pixel mixel iiiihhh cakep yaaa jadinya editannya !!!
    mana bisa dobel efek gitu kan ya, sukaaaaaakkkk !!
    makasiiii inponyuah… :girl_kiss:
    *resep sosis mana resep tanteeeee… (tante : mama bebe)

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. asik deh kalo suka.. Iya, aku juga demen karena dia bisa numpuk2 gitu efeknya.. Jadi kan beda dari yang lain.. ^_^

      Oh iyaaaaaaaaaa… Lupaaaaa (doh)

      Reply

  22. Nella

    Malu bilangnya, hp saya masih jadul N73, itu juga amat sangat jarang dipakai, cuma jadi penghias meja belajar. Kalau urusan photography saya gunakan kamera saku :).

    Reply

    1. Bébé

      Ahahaha.. kok maluuuu.. kan lebih enak pakai kamera saku. Aku juga pakai Hp buat ganti kamera saku, soalnya pake dslr suka males… berat bawanya.. hihihi..

      Reply

  23. sarip2hamid

    baca tutorial ini jadi ngiler sama si putih,., sudah sempet cari dulu pas ada sempet maen ke JKT, cuma ndak cukup waktu untuk hunting *(maksudnya nyari harga yg pass,., 😀
    haha semoga dehh 2013 tuh si putih dan turun,., 🙁

    Reply

    1. Bébé

      Selamat berburu si putih… Semoga pas yang terbaru rilis di Indo, harganya langsung turun yaaa.. ^_^

      Reply

  24. LJ

    Bundo suka dua foto terakhir.. itu pakeapa ajah Be..?

    Bundo gak punya android ataupun iphone.. jadi ngandelin LR, Photoshop dan Photoscape.
    ciri khas Bebe adalah pada tone.. Bundo suka banget.
    biasanya untuk pengaturan tone, Bebe pakenya apa..?
    #pertanyaan oon sih ini.. biarin deh, biar gak penasaran. :banana1:

    Reply

  25. Bébé

    Kalau untuk 2 foto di atas aku pakainya aplikasi snapseed sama fotor Bun langsung dari hape, supaya dapet tonenya.
    Kalau dikomputer aku biasanya pakai LR buat ganti tone. Tapi belum bisa sampe kayak gitu sih tonenya. 🙁

    Reply

    1. LJ

      siphh.. Bundo musti latihan lagi pake LR… biar nemu tone yang disuka.
      makasiii Be.. :heart_beat:

      Reply

      1. Bébé

        kalo pakai LR install “presents”-nya aja Bun. Bisa dicari yang gratis2 kok di internet. Bagus2 loh.. ngirit waktu juga buat ngedit tone-nya.. Tinggal klik ^_^ :yes:

        Reply

  26. farhan

    kalo foto yang editaannya bisa pake behel itu camera apa ya namanya? temen saya ada yang nanya begitu

    Reply

    1. Bébé

      Editan pakai behel? aku ga tau..

      Reply

  27. siti nuraevi

    Good joob

    Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P