Sejak aku ganti hape jadi si putih, rasanya kegiatan hunting foto jadi jauh lebih ringkes. Tanpa perlu nenteng si DLSR kemana-mana masih bisa ngabadiin momen atau objek menarik yang aku liat di jalan. Emang sih hasilnya pasti ga akan sama, cuma agak males juga ya kalo lagi di jalan trus harus repot ngeluarin kamera dulu dari tasnya, buka lens cap-nya, gantungin tali kamera di lehernya, lepas sepatunya, cuci kakinya trus bobok deh *eh keterusan*. Udah gitu sekarang banyak banget kan aplikasi photo editing yang bisa diinstall langsung ke hp, jadi ga perlu repot mindahin foto ke komputer – ngedit di fotosop dan kirim balik ke hp supaya bisa dipajang di socmed macam twitter atau instagram. Intinya sih jauh lebih simple lah prosesnya.

Naaaaah… sampai saat ini kan aku udah beberapa kali majang hasil foto yang aku ambil dan diedit di hp. Dan di setiap kesempatan itu pula beberapa temen-temen penasaran sama aplikasi yang aku pakai dan cara ngeditnya. Maka dari itu.. pada post ini aku mau bagi-bagi info soal aplikasi dan fitur yang paling banyak aku pakai waktu ngedit foto.

* * * *

Snapseed

Menu utama snapseed dengan fitur yang bisa dipakai di bagian bawah

Snapseed ini adalah aplikasi photo edit paling favorit. Fiturnya lengkap banget, dari yang cuma sekedar ngecrop, ganti saturasi, sampe ke model kasih efek warna, bikin foto makin dramatis, tilt shift dan edit yang lain-lain. Saking favoritnya, setiap kali mau ngedit foto.. pasti harus masuk aplikasi ini dulu. Entah itu cuma buat supaya tambah contrast ato apalah. Kurang gimana gitu rasanya kalo sampe ga diedit di sana.

Dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh Snapseed, yang sering aku pakai adalah:

CROP

Fitur ini fungsinya ya buat motong gambar kita sesuai ukuran yang kita mau. Ada banyak pilihan ukuran yang bisa kita pilih, misalnya 4:3, 5:4, kotak atau free (ukuran bebas), semua tergantung kebutuhan.

DRAMA

Nah, ini dia fitur yang bikin foto dari biasa jadi luar biasa. Pada fitur ini kita bisa membuat foto terlihat lebih “hidup” dari sebelumnya. Aplikasinya secara otomatis ngatur setting kontras, ketajaman, dll pada gambar. Selain itu kita bisa memilih dari 6 buah pilihan setting cahaya. Dimulai dari normal – terang – gelap. Aku pakai fitur ini hampir di setiap fotoku.

TUNE IMAGE

Pada fitur ini, kita bisa mengatur tingkat brightness, contrast, ambiance, saturation dan white balance dari foto yang mau diedit. Tinggal geser kanan kiri, atas bawah sesuai selera.. dan viola.. jadi deh..

DETAILS

Ini juga salah satu fitur yang aku sering pakai. Dengan menaikkan tingkat Structure, kita bisa membuat gambar jadi terlihat lebih berdimensi dan ga flat. Harus dicoba!

dan yang terakhir adalah…

CENTER FOCUS

Dengan fitur ini, kita bisa mengatur tingkat vignetting (pinggiran gelap) dari gambar yang kita ambil. Efek vignettingnya pun ga sekedar hitam aja.. Kita juga bisa memilih yang ada efek blur-nya kalau mau. Ada juga pilihan dimana vignettingnya berwarna terang.

—-

Dari seluruh fitur yang ada di aplikasi ini, ada satu yang aku agak hindari (kalo ga mau dibilang ga dipake sama sekali).. yaitu fitur TILT SHIFT. Kenapa? soalnya fitur ini spesifik banget gunanya, supaya foto terlihat seperti miniatur. Nah untuh dapet efek tersebut, butuh angle yang pas banget kalo ga jadinya pasti maksa. Malah ujung-ujungnya foto bakalan jadi jelek karena efek blurnya ga wajar. Sayang kan kalau fotonya udah bagus, langsung rusak karena maksain efek yang ga cocok. But then again, selera orang beda-beda sih yaaa.. mungkin malah ada yang mikir efek ini bisa bikin foto tambah kece.. Who knows.. Tapi ya itu, aku memilih untuk menghindari efek ini kalo ga perlu-perlu amat.

Eniwei, bagi yang tertarik dengan aplikasi yang satu ini bisa diunduh langsung dari App Store dengan harga 38 kr atau kurang lebih Rp. 50.000,-. Aku sendiri dapetnya gratisan dari apps store waktu natalan tahun lalu. Biasa deh, kan tiap tahun mereka punya Apps khusus yang namanya 12 days (kalo ga salah) yang isinya penawaran applikasi gratis selama 12 hari dari natal sampai tahun baru. Yah aku dapetnya dari situ lah.

* * * *

Line Camera

Aplikasi yang ini ga terlalu banyak aku pakai sih. Paling cuma buat dapet efek warna yang unik aja. Seringnya sih setelah dapet efek warna yang aku mau, balik lagi fotonya aku proses di snapseed supaya tambah pas. Tapi di sisi lain, aplikasi ini nawarin efek frame dan sticker yang lucu-lucu banget, contohnya kayak foto yang di bawah ini.. Unyu ya?

Aplikasi ini bisa diunduh langsung dari hp secara gratissss… jadi tunggu apa lagi..

* * * *

Pix: Pixel Mixer

Pix: Pixel Mixer ini adalah aplikasi foto edit yang menawarkan fitur editing lumayan beragam dan bedanya dari aplikasi yang lain adalah kita bisa menumpuk maksimum 3 pilihan filter pada satu foto. Aku paling suka pakai efek-efek tambahan seperti “smoke“, “passion“, “scrape” atau “ink“.

Sama seperti Line Camera, aplikasi ini juga bisa diunduh langsung dari hp baik apple atau android tanpa biaya apa-apa alias gretong a.k.a gratis.

* * * *

Fotor

Nah kalo yang ini aku paling sering pakai juga untuk nambah efek warna yang lebih dramatis. Pilihan efek-nya ada dalam beberapa folder pilihan, contohnya “classic“, “analog” dan lain lain. Selain itu mereka juga punya fitur HDR, collage, big aperture (mirip tilt shift), color splash, dll. All in one deh ceritanya.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan harga $2.99 dari apps store. Aku dapetnya pas mereka lagi ada penawaran khusus beberapa bulan yang lalu, jadi ga perlu bayar deh alias gratisan.. lagiiiii.. :). Nyeheheheh..  Perasaan dapet gratisan mulu yaaah.. ahahahaha..

Btw… untuk android, ternyata aplikasi Fotor ini gratis looooh..

* * * *

Yah itulah aplikasi foto edit andalan yang aku pakai setiap kali ngedit foto dari hp. Jangan lupa, kadang untuk dapet hasil foto yang pas banget, butuh proses edit di beberapa aplikasi yang berbeda, jadi sabar aja waktu ngeditnya. So selamat mencoba.

PS: Atas saran Arman, aku mau kasih liat beberapa hasil foto asli yang aku ambil dan kemudian diedit dengan aplikasi-aplikasi di atas.

before – after

PS²: ngomong-ngomong hp… aku aku aku aku… punya hape baru dooooong… ipon 5 loooooh… *tiba2ditimpabubu*. Hehehehe.. ga ding.. aku kemarin tiba-tiba iseng pingin upgrade hp-ku yang masih pake iOS 5.0.1 itu. Niat hati nan suci sih maunya upgrade ke iOS 5.1.1 ajah.. secara udah bisa di jailbreak kan.. etapi ternyata.. baru mulai aja udah error doooong. Layar hapenya mati total karena nyangkut di DFU mode dan ga bisa di restore ke 5.1.1 dari itunes. Karena udah setresssss dan nyaris nangis ngejer guling guling sambil gigit guling, akhirnya aku bilang ke bubu untuk langsung upgrade aja ke iOS 6.0 yang dipakai juga sama ipon 5. Alhasil sekarang tampilannya ya sama persis deh sama iphone 5, kecuali layarnya aja nih belum sempet diurut di mak erot, jadi masih pendek.. #eh. Lumayaaaaan, berasa punya hape baru… *gampangpuas*

PS³: kok nulis PS aja ampe panjang amat yaaa? *penting*