Jadi bingung deh

Lokasi: ruang kelas

Pelaku: Guru + Murid-murid di kelas

* * * *

Guru: Ok, hari ini kita akan belajar cara membuat CV dan surat lamaran kerja yang baik (sambil memperlihatkan contoh CV yang juga sudah dibagikan ke seluruh murid di kelas)

Guru: untuk memulai… (menjelaskan semua tentang apa-apa aja yang harus ditulis, urutannya, dll)

Setelah selesai penjelasan…

Murid 1: Bisa ga kita tulis kalau kita baik, senang (ket:bukan menyenangkan ya, tapi merasa senang) di surat lamaran kerja?

Guru: kalau mau boleh, bisa sekalian menjelaskan kepribadian kamu.

Murid 2: Kalau saya tulis “saya berasal dari *********, saya menikah dan mempunyai 1 anak” ?

Guru: Bisa, tapi infonya jangan terlalu panjang karena ga akan ada yang mau baca kalau suratnya terlalu panjang

Murid 2: Perlu ga saya tulis nama anak saya siapa?

Guru: (sempet bengong sebentar denger pertanyaan dari muridnya) Hmm.. sepertinya kalau itu ga perlu deh, kan yang mau cari kerja kamu, bukan anak kamu kan?

Bebe yang duduk di sebelah murid 2 cuma bisa ikutan bengong denger pertanyaannya.

* * * *

FYI: Murid-murid di kelas gw itu hampir seluruhnya berusia di atas 24 tahun dengan pengalaman kerja sebelumnya. Jadi denger pertanyaan kayak gitu bikin pingin tepok-tepok kepala. Dulu mereka dapet kerjanya gimana yaa? Perasaan CV dan surat lamaran kerja itu universal deh, iya ga sih? Paling formatnya aja mungkin yang beda, atau? *kok tiba-tiba hidupku jadi penuh tanda tanya gini*. :unsure2:

FYI²: Murid 2 adalah si oknum yang udah diceritain di kasus nomor 3 pada post ini. Jadi agak males nanya orangnya langsung.. >__<

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

70 thoughts on “Jadi bingung deh

  1. ~Amela~

    aku juga ikutan bingung nih mbak beb,.. soalnya belum pernah sih surat lamaran kerja. hehehe

    Reply

    1. Bébé

      waaah yang bener Mel? tapi pernah intip2 kan? 😛

      Reply

    1. Bébé

      *kipas2* *lumurin kecap manis* *eh ini bukan lagi bikin sate ya?* 😛

      Reply

  2. ristin

    hahahahahahahaa… kok jadi lucu ya bacanya.. kok mereka ga tau sih?? apa memang belum diajarin?? setau aku bikin CV itu universal seperti yg kita tau bukan??? atau ada di bbrp negara beda yaa? wah.. jadi penasaran jugaa… :doh:

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu dia.. aku juga jadi penasaran mba.. soalnya selama ini kirain sama.. :scratch:

      Reply

  3. tintin syamsuddin

    ikutan bengong dan pengen tepoktepok pala yang tanya gitu.. :startled: :doh: :woot:
    masa sih ya ada surat lamaran isinya gini:

    saya christina wanita berusia 25 tahun, sudah menikah, suami saya bernama adam, kerja di kantor pos dengan gaji sekian rupiah, kami punya anak 2, yang berumur 4 dan 2 tahun, serta belum sekolah, karena tidak punya biaya dan bermana blake & ceeloo.. anak saya lucu, tolong saya diterima bekerja diperusahaan bapak, jadi apa saja deh saya terima, yang penting bisa kasih makan anakanak saya..
    sekian dan terimakasih pengertiannya..

    bisabisa langsung diterima apa langsung dibuang tuh surat kali ya?
    emangnya ga ada gitu yang kasih tahu cara bikin surat lamaran yang universal? ga perlu pribadi dibahas? cukup prestasi yang terkait dengan apa yang dia bisa kan?

    Reply

    1. Bébé

      hahaahah.. nah itu dia, baru aja beberapa menit sebelumnya guruku jelasin kok mba cara buat surat lamaran yang baik LENGKAP dengan contohnya yang udah dibagi ke murid2nya. Jadi dia juga udah megang kertasnya itu.. Kok ya masih nanya lagi.. *pusing*

      Reply

      1. tintin syamsuddin

        bagusnya juga gurunya cool ya.. tetep jawab dan ga melecehkan pertanyaan dia.. kali aja emang kultur di negara masingmasing bikin surat begitu? [seru kalu ada surat lamaran isinya curhat :D]

        Reply

        1. Bébé

          Iya, walaupun bengong tapi tetep dijawab gitu..
          Kebayang HRD-nya berasa kayak baca biografi kali yaaa tiap nerima surat lamaran.. hihi

          Reply

  4. randompeps

    hahahahah mungkin di negaranya dulu harus begitu kali dep 😛

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin juga.. makanya gw penasaran aja sih pep, kirain mah universal samaan dimana-mana.. X_X

      Reply

  5. yance

    hadohhh…ikutan tepok jidat deh be….aneh2 ajaaaa ya pertanyaannya?hihihhiihi…

    Reply

    1. Bébé

      Hihi.. aku shock karena baru denger aja mba ada yang bisa nanya gitu.. O_O

      Reply

  6. efratadenny

    Seru ya banyak pertanyaan begitu. Jadi ingat zaman dulu kalau gurunya malas disuruh mencatat aja dari papan tulis. Ga pake pertanyaan.

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. banyak pertanyaan mah sah2 aja yaa.. tapi kan gurunya udah jelasin juga plus ada contohnya lagi.. 😀

      Reply

  7. Lidya

    wah terakhir aku bikin CV kapan ya, udah lama banget 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Aku juga baru kemarin ini lagi mba update CV.. hahaha.. pusing euy bahasanya beda.. haha

      Reply

  8. Dwiyani

    kenapa gak sekalian aja ditanya boleh gak cantumkan nama suami, orang tua dan sodara kandung biar lebih lengkap, ckckck…ada ada aja tuh bocah 😉

    Reply

    1. Bébé

      Aa, teteh, om, tante, sepupu ga sekalian Yan? hahahah..

      Reply

  9. nate

    pertama bikin CV malah galau. mau masukin apa aja.. haha..
    *kebanyakan prestasi #eh

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Kan niatnya mau “jual diri”.. Gpp lah.. Lol

      Reply

  10. arman

    hahahaa emang kadang suka bingung ama pikiran orang lain itu gimana ya… 😛

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Bangeeeet… Lebih bingung lagi, kok dia kepikirannya gitu..

      Reply

  11. Una

    Itu maksud dia becanda apa piye sih mbak? Hihihi anehhh~

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya sih ga Na.. Soalnya guruku pun jawabnya serius gitu.. x_X

      Reply

  12. deva

    mwahahahaa…itu serius nanya ato gmana ya? dulu cvnya dibikinin kaliii….

    Reply

    1. Bébé

      Ato emang bener2 belum pernah liat cara bikin CV gimana.. Tapi tapi tapi….

      Reply

  13. Allisa Yustica Krones

    Hihihi…itu orang beneran gak tau ato cuma pura-pura aja ya Be? Kok keknya konyol banget gitu pertanyaannya 😀

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu dia.. Tapi guruku jawabnya juga serius banget loh Lis.. Jadi bingung deh.. #eh itu mah judul postnya ya? Hahaha

      Reply

  14. mrscat

    pada sableng smua muridnya ya (eh kecuali kamu maksudku Be)

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahaa.. Banyak yang waras kok mba… Tapi banyak juga yang ga.. lol

      Reply

  15. santril

    hmmmmm,,,ikutan bingung ama korelasi nama anak dan lamaran kerja..

    aneh-aneh aja deehh… :doh: :doh:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi… Untung nama ortu ga sekalian ya?

      Reply

  16. sista

    hahahaha gubrakz juga tu orang, kocak

    Reply

  17. vivi

    cuma bisa ngakak kenceng-kenceng.. :lmao: 😆

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha.. Awas keselek..

      Reply

  18. nike

    ada ada ajah.. bikin gw ngakak ajah.. :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. Lumayan ada hiburan ya? 😀

      Reply

  19. inozt

    tetep semangat yaaah…ga usa bingung, namanya juga belum pernah bikin surat lamaran…uda gitu kan orangnya nyantai semua…
    hmm…kayaknya lo pun jadi guru di situ uda cocok dep…wkwkwk….

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha ogah ah.. Bisa2 gw stress mulu..

      Reply

  20. Mayya

    kesimpulannya ada dua: pertama, dia gak bisa baca. kedua, dia punya IQ mentok paling bawah, khihihihi….
    Yah, sebagai org yang pinter kayak kita-kita gini, biar jadi bahan ketawaan aja.
    Klo ada pertanyaan aneh-aneh lagi, ketawa aja be ;P

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahahaahaha.. Dalem banget deh kesimpulannya May..

      Reply

  21. della

    Kalo memang di negara asalnya orang itu udah pernah kerja, mungkin, mungkiiiiiiiiinnn.. dulu itu kerjanya masih sama famili, jadi asas penerimaan kerjanya asas kekeluargaan, nggak pake CV.
    Atau, mungkin, mungkiiiiiiiiiiiiiiiiinn.. ini kemungkinan kedua, di negara asalnya penting untuk nyebutin nama anak dalam CV, mungkin buat tunjangan atau sebagainya. Kalo diterima 😀
    Mungkin juga kalau di negara asalnya itu, ada perbedaan gaji antara pegawai single dengan yang double. Atau di sana dilarang nikah siri, soalnya anak hasil nikah siri itu kan nggak bisa bikin akte kelahiran. Jadi kalau nikah siri nggak boleh kerja. Mungkin lho, ya 😉

    Reply

    1. Bébé

      Huahahahaha.. Della dipikirin banget nih kayaknya tiap kemungkinannya… Hmm.. Tapi mungkin yang pertama sih yang bener. Yah ga tau juga deh..

      Reply

      1. della

        Kurang kerjaan soalnya Be, jadi tiap ada apaan pasti langsung dipikirin, hihihihi..

        Reply

        1. Bébé

          :lmao: 😆 kalo gitu mari kita pikirkan bersama gimana caranya biar bisa ketemu donghae beneran.. :thinking:

          Reply

  22. AmeL

    hahahahhaha.. ajaib ajaib banget sih be temen sekelasnya? coba adain sesi foto bareng pasti gaya fotonya juga ajaib-ajaib! :yahoo:

    mungkin dulu pengalaman kerjanya bukan disektor formal kali jadi gak pernah bikin CV

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha… Yang kali ini aku tak mau mengingatnyaa.. Hahaha..
      Iya kali yaaa… Mungkin banget tuh..

      Reply

  23. applausr

    mungkin beneran ga tahu kali ya… di bule itu mungkin seperti itu.. mau tanya apa saja yang penting tanya…
    Buat kita mungkin ga penting, tapi siapa tahu buat mereka penting ya…

    kalau orang Indonesia beda… kalau ga berbobot males nanya.. 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Hahaha tapi guruku yang ‘bule’ beneran juga shock tuh denger pertanyaannya. Soalnya sebelumnya udah dijelasin juga plus ada contohnya. Jadi malah jatohnya kayak dibuat2 gt loh pertanyaannya.. Cuma selalu ada kemungkinan emang beneran ga tau kali ya muridnya (org timur tengah). Makanya aku bingung.. Kirain mah Cv tuh universal gitu loh di seluruh dunia.. Ternyata ga.. 😀

      Reply

  24. niee

    Kalau gak harus (atau cuma boleh) aku gak akan menuliskan detail deh di cv. bukannya diterima kerja yg ada malah buat banyak pertanyaan aja kan yak..

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. mungkin emang dia penasaran aja kali yaa.. aku juga bingung niee.. :scratch:

      Reply

  25. ita

    gw sama lah kyk judul postingan elo be, jadi bingung deh mau koment apa hahahah… :big_eye:

    Reply

    1. Bébé

      saya juga jadi bingung mau bales apa.. hahaha

      Reply

  26. Zilko

    Huahaha, lugu-lugu gitu ya pertanyaannya.

    Eh, aku juga nggak bikin surat lamaran kerja lho waktu apply buat PhD ini Be. Soalnya ditawarin dan langsung diterima gitu kan. Ya tetep mesti bikin CV sih tapi CV-nya dikumpulin belakangan (setelah diterima) soalnya buat persyaratan birokrasi gitu deh, huahaha B-) Eh, tapi memang CV masing-masing negara kan gayanya berbeda-beda gitu ya. Gampangnya, CV Asia sama CV Eropa kan udah beda gitu style-nya. Jadi mungkin mereka nanya-nanya gitu karena mikirin ini? “Jangan-jangan di Swedia beda jadi daripada salah mending nanya”

    Reply

    1. Bébé

      Kalau gayanya emang beda sih Ko.. cuma ga beda jauh lah.. paling urutan dan formatnya aja. Isi kurang lebih sama. (kalo di Swedia sih gitu ya)

      Reply

  27. dani

    aih.. kebayang begimana ribetnya tuh murid 2 Be kalo disambungin sama postingan sebelumnya.
    Memang cari perhatian aja kali dia ya..

    Reply

    1. Bébé

      Mungkin.. tapi kalo gw peratiin sih emang agak2 deh orangnya.. Mana gw stuck duduk sebelahnya mulu lagi.. :laugh:

      Reply

  28. Candela

    Seru amat yak kayanya!!! Lo pasti lgsg berasa aman yah, lawan cari kerja lo ntar orang2 seperti itu… hihihi^^

    Reply

    1. Bébé

      Buahahahahahaha.. iyaah.. gpp deh.. *sok yakin banget nih bebe*

      Reply

  29. Nh18

    Mungkin saja dia mau ngelamar di perusahaan pengarang nama anak ?
    Atau perusahaan susu misalnya
    Qiqiqiqiqi

    Salam saya
    Tinggi 173 berat 69 :yahoo: :yahoo:

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha.. mungkin juga om.. 😀
      Wah badannya ideal nih antara tinggi + beratnya.. :good:

      Reply

  30. Angela

    Gue kok ikutan gemes ya bacanya. Bukan ngerasa paling pinter sedunia, tapi beneran deh kalo ketemu orang2 yang begonya nggak make sense gini pengen gue tendang jauh2 ke laut.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha… Sabar… sabar… kasih Madeline mainan *eh*

      Reply

  31. me chan

    huahahahaha ketemu orang kaya gini sih enaknya yah, di puk-puk terus bilang,, ihhhh kamu lucu banget deh ah.
    Me ga kepikir ini orang pola pikirnya gimana ya hahahaha darimanakah asal pertanyaan cv kaya begitu..

    Reply

    1. Bébé

      Hahahahaha… Ga ngerti asal jeplak aja ato gimana. Saya juga binguuuuung… :wacko:

      Reply

  32. Chita

    hihihihi… lucu banget, kadang kalo ada dikelas dengan murid berasal dari berbagai negara pengalamannya aneh-aneh ya… 🙂
    Eh sapa tau kalo di negara asalnya nama anak musti dicantumin karna bisa nambah hoki perusahaan yang nge-hire dia hahahahaha… *ngaco* 😀

    Reply

    1. Bébé

      Buahahaha.. Bisa jadi tuh.. ^_^
      iya kalodari berbagai negara gini ada aja ceritanya… 😀

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P