The Holiday (Part 3: Paris)

*Bonjour mes belles dames et messieurs …
Bienvenue dans la ville de l’amour

It’s Paris, baby!!!

Dari seluruh rangkaian perjalanan liburan kami, yang paling aku tunggu-tunggu ya si Paris ini. Setelah sekian lama cuma bisa ngeliatin di foto dan film abis itu mupeng setengah mampus, eh akhirnya bisa liat aslinya kayak apa. Kota-kota yang lain juga pasti spesial lah, cuma mungkin karena aku udah pernah ke tempat-tempat tersebut jadi the level of excitement-nya ga setinggi Paris. But you know what… when we got there, my first impression of Paris was not that good. I was not amused!

Kenapaaa?

I will tell you why later on… Sekarang aku cerita-cerita kami ngapain aja di sana yaa… ^^ *muhaha* *sengaja biar penasaran*

* * * *

Place we stayed

Kayaknya aku harus merevisi kata-kataku di post sebelumnya. Aku bilang di sana kalau cari kamar hotel untuk berdua yang murah di Paris itu gampang.. Well saya salah. Tarif penginapan di Paris itu ternyata emang terkenal mahal. Apalagi kalau nyarinya untuk ber-3 satu kamar.. harganya langsung menggila. Niat nyari yang murah dekat-dekat daerah wisata, misalnya Eiffel Tower atau Notre Dame. Beuuuh… lupakan saja.

Gara-gara itulah si Bubu berinsiatip untuk cari yang agak murah dengan konsekuensi lokasinya di pinggir kota. Again kami berdua ngubek-ngubek booking.com berhari-hari dan Bubu ketemu sebuah hotel bintang 3 dengan nilai review lumayan tinggi di tripadvisor dan booking.com bernama Source Hotel — yang akhirnya kami putuskan untuk jadi tempat menginap kami. Sebenernya sih aku lebih prefer nyewa apartemen aja di tengah kota (ini salah satu alternatif penginapan “murah” yang bisa dipilih). Tapi si Bubu ga tau kenapa tetep kekeuh pingin nginep di tempat pilihan dia. Mungkin karena dia ngerasa lokasinya udah pas kali ya, ditambah lagi penilaian yang cukup ok dari orang-orang yang udah nginep di sana. Untuk menghindari pertikaian ga penting, aku akhirnya nurut aja deh.

Hotelnya sendiri letaknya cukup strategis di wilayah Porte de Saint-Ouen. Dekat stasiun Metro, rute bus yang langsung menuju ke Louvre dan beberapa restoran yang berlabel Halal pun bertebaran di sepanjang jalan dekat hotel. Cumaaaaa.. ya itu tadi.. karena di pinggir kota, kalo ortuku kecapean mau pulang ke hotel udah keburu males dan kalo udah sampe hotel pun agak mikir-mikir untuk keluar lagi.

Soal kamarnya… beda sama di Berlin yang dapet kamar gedeeee banget plus dapur, di Paris kamar kami imut-imut banget. Kamar mandinya cuma cukup buat box shower dan wastafel. Wifi tetep gratis sih, tapi kalau mau sarapan di hotel harus bayar lagi €9.50. Mehong banget yaaaa.. ckckckck.. Akhirnya tiap pagi, Bubu dan mamaku beli roti di bakery depan hotel supaya ngirit. Secara €9 udah bisa buat makan berlima.

maap ya rusuh banget gambarnya.. fotonya pas mau check out..

But overall it was a really satisfying stay. Biar pun imut, tapi kamarnya enak buat istirahat, keamanannya pun terjamin (mamaku sempet ketinggalan hp di kamar dan pas balik dari jalan-jalan walaupun kamarnya udah diberesin sama petugas room service tapi hpnya masih ada di tempat yang sama), petugas di lobinya ramah dan helpful banget. Is it recommended? why not.. kalau emang ga masalah dengan lokasi yang bukan tengah kota, kayaknya hotel ini bisa jadi alternatif pilihan kalau ke sana.

* * * *

Food we ate

Masih sama ceritanya kayak waktu di Berlin… karena nyarinya nasi, kebanyakan kami makan makanan asia selama di Paris. Tapi yang berbeda kali ini adalah pilihan negaranya. Dimana sebelumnya bolak balik masuk resto Vietnam atau Thailand… kali ini ganti masuk resto Jepang. Pas banget cuma beberapa meter dari hotel ada sebuah restoran Jepang yang jual sushi dan yakitori lengkap dengan nasinya. So bisa dipastiin hampir tiap hari pilihan makanan kami ya itu-itu lagi. Untung enak makanannya, jadi ga cepet bosen. Favoritku sih salmon sushinya yang enyaaaaaaaaak. Haduuuh.. kenapa jauh amat ya musti ke Paris buat ngerasain sushi enak.

Selain makanan Asia, aku+Bubu+adekku nyempetin nyoba sebuah restoran Prancis di dekat ChampsÉlysées. After all we are in France.. masa ga bisa nyempetin makan makanan prancis. Ya ga? Kebetulan beberapa resto di daerah situ nawarin paket-paket makanan dengan harga yang beragam. Kami pun milih menu full course dari starter+main course+dessert lengkap dengan minumnya dengan harga €20. Not a bad deal I might say.

Sebagai starter, kami pilih boiled eggs with mayo and salad. Main course kami sengaja ambil yang beda-beda supaya bisa nyobain lebih banyak. Aku pilih ayam, bubu dan adikku pilih ikan trout. Untuk dessert-nya aku ambil fruit sorbet, Bubu cheese cream with caramel, sementara adikku pesan Big Floating Island, yang ternyata isinya itu meringue dan di pinggirannya dikasih custard/vla vanilla yang enaaaaaaak banget. Minumnya aku cuma ambil Evian dan Bubu+Adikku kompakan beli sparkling water atau air bersoda. Kelarannya semua puas dan kenyang. Yah, walaupun kayaknya bukan authentic french cuisine, tapi setidaknya udah nyobain lah makan model gituan di sana.

fotonya kurang okeh abis pake hp doang nih.. tengsin bok moto-moto pake kamera gede… hihihi

Makanan yang khas Prancis apalagi? Crepes juga termasuk ga? termasuk dooong..

Kami nyoba beli crepes di sebelah Katedral Notre Dame. Awalnya kirain bentuknya bulet gitu macam crepes yang sering ada di Jakarta. Tapi ternyata bentuk “wajan” crepesnya kotak memanjang. Bikinnya pun pakai mesin gitu deh. Si mba-mbanya cuma butuh geser alatnya dari kanan ke kiri dan voila, keluar adonannya secara merata. Rasanya.. ngg ya gitu, kulit crepesnya lemes dan alus trus karena aku toppingnya pakai nuttela dan pisang jadi yang berasa ya nuttela-nya aja. Awalnya enak, lama-lama eneq.. >;_<;

Crepesnya baru ½ jadi.. panjaaaaaang yah

Makanan lain yang kami coba adalah Macarons. Setelah pengalaman pertamaku makan macarons yang rasanya ga enak banget itu, kali ini mumpung lagi di negeri asalnya aku pun kepikiran buat kasih kesempatan kedua. Sayangnya karena pas lagi inget soal macarons itu kami lagi jalan-jalan di ChampsÉlysées, jadi ga bisa nanya-nanya di twitter tempat macarons yang terkenal apa. Alhasil ya waktu liat papan pengumuman sebuah toko yang tulisannya berkata “Made by the best pastry chef of France“, kami pun langsung masuk ke dalam tokonya.

Liat tulisannya tuh.. Kurang meyakinkan apa.. ahahahaha

Toko chocolatier dan macarons yang bernama Raymond ini ukurannya kecil banget, tapi yang beli lumayan rame. Lokasinya ada di dalam sebuah “mal” yang ada starbucks-nya (nama tempatnya lupa). Jenis macarons yang aku beli lumayan beragam. Ada rasa kopi, rose, lemon, vanilla, raspberry, blueberry, pistachio dan violet. Verdict-nya? Maknyus abiiiisss… asli enak banget. Emang sih manisnya ga ketulungan.. cuma jauh jauh jauuuuuuuuh lebih enak daripada yang aku coba pertama kali. Setiap rasa kerasa bedanya dan ga ada bau-bau aneh yang dulu aku dapet dari macarons yang di Helsingborg.

yummy num num

Sekarang jadi penasaran pingin nyoba beli macarons di Ladurée – toko macarons yang kayaknya tenar sejagat raya itu. Well there’s still next time, rite?

* * * *

Places we visited

6 Hari di Paris itu ternyata ga cukup buat kami untuk datengin semua tempat-tempat tenar di sana. Contohnya Patheon dan La Basilique du Sacré Coeur de Montmartre harus kami lewatin karena udah ga ada waktu lagi. Emang sih kami keluar dari hotelnya ga dari pagi-pagi banget. Perjalanan 5 hari sebelumnya di Berlin ternyata udah cukup bikin kami kecapean. Si Bubu tiba-tiba flu. Kepalanya sering pusing dan badannya anget. Papaku kecapean karena harus naik turunin dari & ke kereta koper seberat 24 kg waktu baru sampe di Paris. Udah gitu mamaku juga masuk angin karena pas di Berlin udaranya sempet berangin dan dingin banget. Pas lah semua. Tapi walaupun gitu, setidaknya tempat wisata yang emang iconnya Paris udah semuanya terpenuhi.. Alhamdulillah…

  • Tour Eiffel

Siapa sih yang ga kenal bangunan yang satu ini. Kayaknya setiap kali nongol gambarnya di TV, majalah atau film pasti langsung bisa tau kalau settingnya pasti lagi di Paris. Hari pertama kami sampai sana, setelah naro barang-barang di koper, aku+Bubu dan adikku langsung buru-buru ke Menara Eiffel. Masalahnya aku dan bubu udah reservasi tiket naik towernya sampai ke lantai dua pada pukul 10 malam sementara pas kami check in udah jam 9 aja.

Namanya juga Bebe & Bubu, kalo ga ada kejadian bloon itu ga lengkap rasanya. Sebelumnya nyaris kekunci di luar, kali ini kejadiannya berhubungan sama taksi.

Karena kami bener-bener clueless tentang cara naik metro dari hotel ke Eiffel Tower, kami pun nanya petugas di lobi hotel untuk ngeprint jadwal metro dan busnya dari website. Di sana tertulis kalau kami harus naik metro dan ganti di 2 stasiun, setelah itu naik bus dan jalan sebentar untuk sampai ke tempat tujuan.

Kami pun bergegas tanpa ba bi bu lagi. Setelah ganti metro di 2 stasiun kami naik ke jalan raya dan nyari halte bus untuk rute berikutnya. Sampai halte yang dimaksud ada informasi bahwa bus yang kami tunggu itu udah selesai masa operasinya. Heeeeh.. ciyus loh? Miapah?

Karena waktunya udah makin mepet jam 10, kami pun berinisiatip untuk panggil taksi aja. Cuma sekali ini kan.. toh lagi ngejar waktu juga gitu. Ga lama ada sebuah taksi yang lewat dan kami langsung masuk ke dalamnya. Waktu taksi mulai berjalan sang supir pun bertanya ”mau kemana?” dan dengan buru-buru kami jawab ”Eiffel tower please!”. Denger jawaban kami si supir menjawab dengan diselingi tertawa kecil ”hahaha.. it’s actually really close.. only a few minutes walking from here”, and you know what.. bener aja loh jo… baru belokan pertama dari tempat kami naik tadi, kami udah bisa liat that damn tower mejeng di sebelah kiri, dekeeeeeeeet banget.. watdedouche. Kepalang tanggung udah di dalem taksi, akhirnya ya kami terusin perjalanan sampai depan towernya persis. Pret kampreeeet.. onyong banget siiiih.. hahahaha.. 😀

Eniho, ada dua cara untuk naik ke menaranya. Kita bisa beli tiketnya langsung di tempat atau beli online dari jauh-jauh hari. Aku saranin banget nget nget untuk beli tiketnya online. Kalau kita beli online, kita bisa memilih sendiri tanggal dan jam berapa kita mau naik. Tapi walaupun gitu, biasanya kalo mesennya deket-deket hari H udah pasti jatah tiketnya abis. So make sure you buy it ahead of time. Harga antara pesen online dan beli langsung sama aja kok. Bedanya kalau beli online kita bisa skip antrian yang kadang panjaaaang banget. Which will definitely save you tons of time.

Aku dan Bubu hanya bisa naik sampai lantai 2 gara-gara kami ga kedapetan tempat untuk naik ke lantai paling atas karena telat beli tiket di websitenya. Alhamdulillah keluargaku masih sempet dapet 3 tiket terakhir yang dijual untuk sampai ke summit di keesokan harinya.. fiuuuh.. Kalo ga kan cuma bisa memble-memble aje deh..

Going up?

dari lantai 2 Menara Eiffel

Di menara ini juga aku ketemuan sama temen kerjaku dulu waktu masih di Jakarta. Kebetulan dia dan suaminya lagi liburan di Eropa dan mampir ke Paris juga. So kami nyempetin buat ketemuan di sana. Biar kata cuma ngobrol-ngobrol 1-2 jam, tapi rasanya seneng banget bisa ketemu familiar faces from back home.

With mba Arie & Mas Waditya

Ngeliat menara Eiffel secara langsung itu rasanya… apa yaaa.. susah deh diungkapkan kata-kata. Bangunannya fotogenik banget dan kayaknya pingin terus-terusan motoin, baik dari jarak deket atau jarak jauh. Udah gitu setiap hari mulai jam 8 malam, waktu pergantian jam seluruh menaranya yang udah berwarna kuning keemasan akan berkelap kelip selama 10 menit. Indahnya bikin speechless.

  • Louvre Museum

Sebelum kami kesana, kami udah nyempetin untuk beli Museum Pass seharga €39 untuk 2 hari pemakaian. Pass ini berguna banget untuk ngelewatin proses antrian pas mau masuk ke dalam museum dan antrian beli tiket di dalam museum. And believe me... antriannya itu ga main-main panjangnya. Sungguh deh. Kami datang pagi-pagi aja antrian orang-orang yang lewat jalur biasa udah nguler karena pas mereka mau masuk harus ngelewatin proses pemeriksaan tas menggunakan mesin. Sementara kami yang pakai museum pass cukup ngelewatin jalur satunya lagi yang kosong melompong dan tasnya diperiksa manual sama dua mba-mba di depan pintu. Belum lagi untuk beli tiketnya, walaupun udah dibuka 4 tiket booth di berbagai penjuru ruangan, tetep aja loh rame banget orang-orangnya.. gileeee…

no queue at our line

Di dalam museum kami ber-3 (ortuku ga ikutan masuk karena ga suka museum) menuju ke lantai atas untuk meminjam audio guide seharga €3/orang. Alat audio guidenya beda banget dari museum-museum yang pernah kami datangi sebelumnya. Di Louvre mereka pakai Nintendo DS 3D yang lengkap dengan peta berserta GPS (jadi kita tau lagi ada di mana di dalam museumnya) dan gambar koleksi-koleksi yang sedang dijelaskan. Keren benjet.

Berhubung kami ga ikut tur apa-apa, jadi bermodal audio guide itulah kami berkeliling museum yang luasnya sampe entah berapa puluh kilometer kalau mau dijabanin semua saking gedenya. Mode tur yang kami pilih adalah Masterpiece Tour yang membawa kami mengelilingi seluruh museum melewati koleksi-koleksi yang paling terkenal di sana. Contohnya Venus da Milo, patung Nike dan yang paling ditunggu-tunggu.. Mona Lisa. Untuk yang terakhir ini… Astajim banget deh. Lukisannya cuma seuprit, tapi orang-orang yang mau liat numpuk puk puk di depannya. Harus sabar banget ngelewatin tumpukan orang kalau mau berdiri paling depan. Aku sendiri ga terlalu sabaran.. yang penting udah bisa liat dari jarak deket, walaupun ga dari posisi depannya persis udah seneng lah.

ini mau liatnya begimana cobaa? cobaaaaa??

Oh iya fyi, museum ini tutup tiap hari selasa. Temenku sempet kelewat baca infonya dan baru rencana mau kesana pas hari selasa itu. Akhirnya mereka cuma bisa foto-foto di depannya doang.. too bad 🙁

  • Notre Dame

One of the most beautiful cathedral I’ve ever seen. Untuk masuk ke dalam katedral yang masih berfungsi ini ga dikenakan biaya apa-apa alias free. Antrian masuknya pun walau kayaknya panjang tapi ga terlalu lama karena jalan terus masuk ke dalam. Kayak yang udah aku bilang tadi, desain ukiran dan interior katedral ini asliiik cantik banget. Dengan posisi atapnya yang tinggi dan pilar-pilar bergaya Gothic dibagian kanan dan kiri bikin suasananya jadi serem tapi tetep syahdu dan magical.

Kita juga bisa naik ke atas atap kathedral kalau mau. Tempat antrinya ada di bagian luar samping katedral yang biasanya lumayan panjang. Kami pas liatnya aja udah keburu males jadi cuma bergaya ngantri sembari foto-foto abis itu ngabur jalan-jalan.

Di belakang Notre Dame ternyata ada sebuah jembatan yang sengaja ditutup sehingga ga bisa dilewati kendaraan bermotor. Di sana banyak seniman jalanan yang sibuk dengan keahliannya masing-masing. Pijet gratis pun ada loh. Serius.. Sistem pijet gratis ini simple banget. Mereka nawarin pijet leher dan punggung gratis selama 10 menit dan kita cuma perlu kasih mereka tips terserah kita. Dah gitu aja. Aku yang udah 2 tahun ga pernah kena pijet pun langsung dengan muka mupeng ngantri giliran. Rasanya… maknyuuusss.. tangan panas-panas gitu kayak aliran darahnya lancar lagi. Enak abiisss.

Kelar pijet aku cari-cari adek dan si Bubu yang ternyata lagi nonton pertunjukan salah satu seniman. Pas lagi awal-awal mulai tiba-tiba dia narik adekku ketengah-tengah “arena” untuk bantuin atraksinya dia yang menggunakan sepeda. Orangnya kocak banget dan acaranya pun seru.

Ga jauh dari Notre Dame ada sebuah jembatan kecil yang di sepanjang railing kanan dan kirinya penuh dengan gembok. Ini adalah jembatan ke dua di Paris yang dipakai untuk pasang gembok-gembok itu. Mitosnya adalah kalau ada pasangan yang pasang gembok di jembatan itu, hubungan mereka bakalan awet. Kalo ga salah di Spanyol juga ada ya jembatan kayak gini? Eniwei, bagi yang pingin ninggalin gembok di sana tapi ga bawa gemboknya.. No worries.. Ada yang jualan gembok lengkap dengan spidolnya kok.

anyone familiar with that small bookstore??

  • Palace of Versailles

Aaaah.. the beautiful chateau of Versailles. Istana yang megah banget ini lokasinya agak di luar kota Paris, sekitar 45 menit naik kereta dari stasiun metro di daerah Eiffel Tower. Kami datang kesana pagi-pagi dengan harapan bisa melihat seluruh isi istananya sebelum jam makan siang. Sampai di halaman istananya kami buru-buru mau masuk ke dalam gedung yang ada loket tiketnya, cuma kok ya sepi amat? Perasaan mobil sama orang-orangnya banyak deh. Trus kok ga ada yang kerja.. nggg.. Ternyata sodara-sodaraaaa.. hari senin itu istananya tutup doooooong… #ngik

Untuk menutup rasa kecewa, akhirnya kami hanya berjalan-jalan di taman belakang istana ini yang luasnya naujibilah gede bangeeeeet.. Kepikirannya cuma satu, dulu tukang kebunnya ada berapa orang ya? -____-“

Anyway, untuk menjelajahi taman di istana Versailles kita bisa jalan kaki atau nyewa buggy dan nyetir sendiri. Harga sewa buggy-nya aku lupa berapa, tapi kalo ga salah di atas €10 untuk 20 menit. Ngok, mending buat makan deh duitnya.

  • Arc de Triomphe

Monumen yang letaknya di ujung jalan ChampsÉlysées ini indah banget waktu malam. Kita pun bisa naik sampai bagian atapnya. Jam bukanya pun lumayan malem. Untuk naik ke atas, harus olahraga sedikit karena metodenya cuma 1… naik tangga… Ga aneh kan kalo sekarang eike kurus kering gini? hahahaha..

Sampai di atas, kita bisa melihat menara Eiffel dari kejauhan. Kita juga bisa foto sepanjang jalan ChampsÉlysées dari sana. Sayangnya penggunaan tripod dilarang keras di tempat ini. Jadi night photo agak-agak sulit yaaah..

  • Moulin Rouge

Awalnya kami udah niat pingin nonton pertunjukan Feerie di Moulin Rouge. Tapi pas liat harga tiketnya di website langsung balik kanan bubar jalan grak. Harga perorangnya 1 jutaan cyiin.. yuk mari ah.. Mending kita makan bebek goreng aja deh ampe muntah. Karena ga kesampean nonton di dalem, supaya tetep bisa gaya setidaknya foto-foto aja di depannya.. Ya ga sih? hehehehe..

  • Champs-Élysées

Bagi penggemar belanja, tempat ini ga bisa dilewatin. Sepanjang jalan isinya tokoooo semua. Mau cari dari yang merek biasa sampai yang luar biasa ada di sini.

  • Disneyland Paris

miKiMooooosssss…

Untuk tempat yang satu ini aku tulis di post berikutnya aja yaaaaah.. Kepanjangan kalo dipasang di sini..

* * * *

So that’s how we spent our days in Paris.. It was tiring as hell but it was also filled with fun. Oh iya, tentang “I’m not amused with Paristhingy.. Jadi gini, pas otw ke salah satu stasiun besar di Paris dari airport ternyata jalan tolnya muaceeeet bener. Aku yang udah didetox total dari yang namanya antrian mobil di jalan pastinya langsung uring-uringan. Belum lagi malam itu kami punya jadwal ke Eiffel Tower kan.. makin bete lah jadinya. Udah gitu sampai stasiunnya kalau mau beli tiket di alat otomatis cuma mau pakai koinan aja. Ebuseeeeet, ya kali deh kita ngumpulin koinan €1 & €2 kemana-mana. Alhasil kami harus ngantri panjang di loket-loket tiket yang petugasnya ga bisa bahasa inggris… *sigh*. Intinya sih mungkin karena udah capek dan emang keburu-buru jadi bawaannya semua itu bikin bete. Setelah besokannya jalan lebih santai, baru deh bisa menikmati Paris yang seharusnya.

Btw, mau ngingetin lagi.. diakhir cerita jalan-jalan ini ada GA perdanaku loh.. So terus baca kisahnya yaaa..

*Bahasa Prancis di bagian atas adalah hasil translate mbah google, kalo ade sale sale kate maapin aje ye…

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

75 thoughts on “The Holiday (Part 3: Paris)

    1. Bébé

      Ini kenapa kok tiba2 yeay? O__O

      Reply

      1. randompeps

        ngejar pertamax dulu baru komen beneran HAHAHAHHA! lo lagi otw ke belande ye? adeeeeh gue ga bisa berkata-kata deh baca jurnal lo di atas. cuma mau bilang kalo gue iri. cukup sekian dan terima tiket jakarta-paris 🙄

        Reply

        1. Bébé

          Buahahahaha… Iya lagi di Amsterdam sekarang..

          Tapi kirimin gw tiket swedia – jepang yaks.. 😛

          Reply

  1. Chita

    Wow, cakep-cakep fotonya Be! Apalagi yang di depan Louvre Museum, cantik banget! 🙂

    Seru juga pengalamannya, jadi berasa ikutan jalan-jalan. Emang yah selalu aja ada kejadian yang out-of-mind pas liburan. Aku juga begitu. Tapi sukurlah semuanya berakhir menyenangkan! 🙂

    Hmm… itu toko bukunya looks familiar, hmmm… Oh iya, ini sempet muncul di Before Sunset-nya Ethan Hawke. Jadi inget film itu yang rasanya panjaang banget… Barusan aku liat di wikipedia, ternyata sempet dipake untuk film Midnight in Paris, tapi aku belum nonton filmya. 🙂

    Reply

    1. randompeps

      midnight in paris filmnya bagus Chit, nonton deh http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/headspin.gif

      Reply

      1. Bébé

        Aku udah nonton jugaaaa… Lumayan baguuss.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

        Reply

        1. Chita

          Oya? Catet.. nanti kalo ke blockbuster aku cari pilemnya 😉

          Reply

          1. Bébé

            Adekku juga jadi penasaran sama Midnight in Paris nih.. Kayaknya bakalan nonton lagi.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/evilsmirk.gif

            Reply

    2. Bébé

      maaciii..

      Iya chit.. Kalo ga ada cerita bodohnya kadang berasa kurang seru yaa… ^_^

      Reply

      1. Chita

        Iya donk, kan yang memorable biasanya malah kejadian-kejadian yang out of mind gitu hahahahaha… 😀 *tunjuk diri sendiri*

        Reply

        1. Bébé

          Di Belanda malah makin banyak yang out of mind nih.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/big_eyed.gif

          Reply

  2. zilko

    Yaa, kebanyakan temanku juga begitu Be. “Kecewa” dengan Paris katanya. Tapi kalau menurutku sih itu karena mereka (kebanyakan yang kecewa gini biasanya cewek sih, huahaha 😆 ) udah expect terlalu tinggi sama Paris gitu deh. Makanya saking tingginya ekspektasi, jadi kecewa deh waktu beneran disana, huahaha. Sementara aku kan biasa-biasa aja gitu, makanya waktu ke Paris dulu malah rasanya seneng banget, wkakakaka http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/laugh.gif. Paris keren sih menurutku http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    Btw, aku baru tahu lho naik Menara Eiffel gitu bisa beli tiketnya online. Dulu aku ngantri dong, dan ngantrinya total ada deh 2 jam. Tapi lumayan sih kalau beli on the spot gitu kita bisa beli sampai yang lantai 3 (rugi ah kalau cuma sampe lantai 2 aja, dari lantai 3 pemandangannya keren abis soalnya. Dan kita bisa foto vertikal ke bawah kan, jadi kelihatan badannya Menara Eiffel dari puncak gitu http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif). Dan itu ngantri beneran lama banget. Untuk beli tiket ngantri, dan di lantai duanya mesti ngantri lagi untuk naik lift ke lantai 3, hahaha…

    Lho Be, masuk taman yang di belakangnya Versailles itu juga bukannya bayar ya?? http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gif Soalnya dulu aku mesti bayar gitu (walau masuk gedung istananya (dan Louvre) gratis soalnya ada residence permit sini dan berumur di bawah 26, huahaha http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/banana_cool.gif).

    Masakan Prancis memang enak!! Dan enaknya itu nggak hanya dari rasa kan Be, tapi dari teknik masaknya! Inget banget dulu makan bebek, rasanya enak, dan itu tekstur dagingnya bisa oke banget gitu dong! Bisa lembut banget dan terasa ‘mahal’, hahaha… .

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Aku sih ga ada bayangan apa2 soal Paris Ko.. Cuma sebelumnya baru dari Berlin yang lebih tourist friendly langsung kaget aja rasanya.. Hihihi

      Nah itu diaaa.. Bubu itu anti banget sama ngantri.. Apalagi sampe 2 jam gitu.. Bisa2 dia uring2an sendiri.. >_< yah setidaknya keluargaku udah sempet naik sampe summit hihihi.. Hmmm.. Kemaren sih gratis2 aja tuh Ko.. Loketnya ga dibuka, malah disekeliling istananya penuh sama orang lagi beberes gitu deh. Jadi pada cuek keluar masuk..

      Reply

  3. me chan

    bebeeee,, ngeces deh liat foto-fotonya.. bagusssss banget, emang kotanya cantik, plus yg fotoin juga top hihihi..

    fotonya bebe sama bubu romance bener deh, kereeeeen. Buset deh itu louvre rame bener be? apa lagi musim liburankah disana? jangan2 emang sepanjang tahun rame begonohttp://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wacko.gif

    di tunggu cerita mikimoss nyaa..

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi romantissss yaaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_whistle3.gif

      louvre itu emang selalu rameeee banget. Apalagi kalau musim panas pas lagi high season gt.. Aduuuh… Serem bayanginnya.. ^_^

      Reply

  4. Anggie

    Maaauuu donggg ngikut ke Paris.. Bener2 hrs di noted jadwal kapan istana n museum tutup neyyy… Nabung dulu aaahhh…

    Reply

    1. Bébé

      Iyaa.. Soalnya kalo kayak aku gitu, rasanya pedih banget. Kecele abisss… >_< ayo nabuuing.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

      Reply

  5. Novi

    hahhaha liat foto Louvre yang rame, aku jadi keinget dulu pas kesana banyak bgt lukisan sepi, ramenya cuman di bagian monalisa, yg lainnya gak ada yg liat, padahal museumnya gede banget.

    Reply

    1. Bébé

      Hahahaha.. Bener banget mba.. Kelar dari ikutin jalur yg dikasih sama audio guidenya, kita2 jalan2 sendiri kelilingin museumnya… Banyak banget tempat yang sepi-sepi…

      Reply

  6. Bibi Titi Teliti

    Aih Bebeeeeee….
    keren keren banget poto nyaaaa…

    terutama yang bagian macaroon *eh, salah pokus*…hihihi..

    Dan notre dame ituh, emang beneran indah yah be,…
    jadi inget pelm kartun hunchback of notredame ituh…kayak disney yah…hihihi..

    Dan GA apa niiiih…apaaaa…gak sabar..gak sabaaaar…hihihi…

    Reply

    1. Bébé

      Macaronsnya gonjreng2 ya mba warnanya… Hihihi

      Notre Dame emang bagus banget mba… Aku belum pernah nonton filmnya sih, tp jadi kebayang sendiri si hunchback lagi nongkrong di atapnya.. Hihihi

      Ahahaha.. GA kecil2an aja kok mba… 😀

      Reply

  7. ridha

    Keren gila beeeeee… pengeeeeeen 🙁 🙁

    Musium, menara, disneyland semuanya keren….

    Oia, klupaan terus nih.. dirimu dan adik kaya anak kembar loh.. hihihi.. mirip banget *oot* 😀

    Reply

    1. Bébé

      Masa sih Dha? Padahal aku ngelianya beda loh.. Ga mirip.. >_< hihihi... Sayang ga ada poyoco land yaaa.. Kalo ada pasti Alyzza seneng banget tuh.. 😀

      Reply

  8. Jeanette @ Mary's Pastry Lab

    huaaaaa jadi kangen Parisssss… kalo mau nyari tempat akomodasi yang murah & enak bisa coba airbnb.com juga beeee =) hotel2 buat di Eropa biasanya mahal, nah kalo di airbnb dengan harga yg sama uda bisa dapet kamar yang lebih ok di daerah yang bagus juga…

    Reply

    1. Bébé

      Iya, tadinya udah niatan mau pake itu.. Cuma si bubu ga tertarik.. Jadi ya udahlah.. Hahaha..

      Reply

  9. ninarahmaizar

    beeeee…. seperti yang udah2 mau kasih semua jempoool buat foto2 kamuuuu
    jadi berasa ikutan liburan keparis juga deh gw :p
    Btw, udah gk sabaran nih menanti GA (demen gratisan) hahahaa

    Reply

    1. Bébé

      Maaciiii..

      Hahaha.. Tunggu yaa.. Belum pulang nih.. :((

      Reply

  10. dani

    Pengen ke sanaa.
    Makasih ya Bebeeee. Hehehe.
    jadiin paris target jalan-jalan.

    Gw gak sadar ada bahasa perancis di awal postingan sampe di akhir. Trus gw scroll balik ke atas karena ga percaya. Huehehehehe

    Reply

    1. Bébé

      Sama2.. semoga lancar rejekinya ya Dan.. jadi bisa boyong sekeluarga jalan2 ke Eropa.. jangan lupa mampir Swedia bawain bebek goreng.. hihihihi..

      Nyahahahaha.. masa sih ga keliatan? kirain bahasa Swedia ya? 😛

      Reply

  11. niee

    Aaahhh.. suka dengan ceritanya mbak be.. jadi pengen ke paris deh (ya dari dulu emang pengen seh) hihihi

    Reply

  12. charissarhanie

    dua kali ke paris, dua2nya ga pernah naek eiffel karena jiper sama angin dingin. tapi dua kali ke louvre tetep aja masih pengen kesono lagi. yes, i am truly a geek..

    btw ya be, pas gue masuk versailles palace, yg pertama gue pikirin,”kasian banget tukang pelnya, hahahaha” Gede abis cyinnn…

    ah jadi pengen ke paris lagiiiii….

    Reply

    1. Bébé

      Yah Rani.. kok ga naik? padahal kan cuantik pemandangannya… hihihi.. Kalo ke Louvre gw juga mau lagi.. tapi kayaknya tu museum kagak pernah sepi ya.. >__< buahahahaha.. gw sayangnya ga bisa liat dalemnya Ran.. jadi ga kepikiran soal yang ngepelin.. cuma ya itu, halamannya kan gede buanggeeeet.. kalo main petak umpet bisa lama ketemunya tuh.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/muhaha.gif

      Reply

  13. Angela

    Ah Paris! Love love love Paris! Kotanya cuantik pisan nggak heran ya sering dibuat shooting felm.

    Foto2nya keren as always be.

    Reply

    1. Bébé

      Iya Ngel… fotogenik banget emang kotanya.

      Thank you yaks.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/cozy.gif

      Reply

  14. Ristin

    Seneng bacanya.. Aku serasa ikut jalan – jalan, seperti komen yg aku bilang sebelumnya..hehe.. Lanjut lagi cerita di amsterdam yaa.. Can’t wait.. Hahaha…wah bener emang dep.. Ga bisa berkata – kata banyak lagi aku… Emang bikin tambah mupeng!iri juga pengen ke paris.. Hihihihi…

    Reply

    1. Bébé

      Siph siph… baru balik nih mba.. nanti lanjut dulu sama cerita disneyland yaaaah.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/grin.gif

      Reply

  15. dee ayu

    Seru banget ni liburan panjangnya. Mudah2an someday aq bisa liat langsung menara eiffel.aamiin. Hehehe.. Bagus benerr… Ditunggu jalan2 di disneylandnya…

    Reply

    1. Bébé

      Iyaaa.. seru tapi capeeeee.. hahaha.. Amiiiin..
      Oke oke… udah ga sabar juga pingin cerita.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/mrenges.gif

      Reply

  16. Desi

    Ya ampyuuunn cantik banget yaa menara eiffelnyaa..
    ini sih bener2 keajaiban dunia yang musti diliat secara langsung, eh eiffel salah satu keajaiban dunia ga sih ? sotoy deh gue..http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/gril_toungue.png
    tapi emang kereeeen..http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

    bener2 Eiffel I’m in love yaa…http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_wink.gif

    Reply

    1. Bébé

      nggg.. curiganya sih bukan deh Des.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/joyful.gif

      Hahahah.. eiffel i’m in love banget.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_heart.gif

      Reply

  17. Aninda

    di foto aja udah keren-keren begini gimana aslinya ya kak? mupeeeeng..

    aku suka banget deh foto kak bebe n bubu di depan taman Versailles itu. so sweet gimana gituuu.. hihihi..

    pokoknya ga sabar pengen baca terusan cerita jalan-jalannya.. Disneyland.. Amsterdam.. wiii.. can’t wait!!

    Reply

    1. Bébé

      Maaciiiih… hihihi.. romatiiissss yaaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/blush.gif

      Siaaaaap.. ga sabar juga mau ceritaaaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_mail.gif

      Reply

  18. ellalae

    uwaaa… lama tak BW ceritanya udh 2 part aja.. 😀
    itu foto kalian b2 berpelukan lucu banget sih..
    digedein kak.. pajang di rmh 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Iya Ella kemana aja ciiiiiiih..

      Unyu yah foto berduanya.. aku juga suka..
      Hmm.. ok juga tuh idenya http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/thinking.gif

      Reply

  19. arman

    huaaaaaaaa baguuuuuusssss…. pengen ke eiffel!!!! dan pengen ke louvre juga walaupun gua juga gak suka museum tapi pengen aja ke sana. hahaha.

    jadi pas kalian ke louvre, bokap nyokap lu ngapain dong? nungguin di luar gitu?

    gua juga denger katanya hotel di paris mahal2 banget ya. emangnya berapaan be hotel nya gitu? dan ternyata hotel lu deket juga ama eiffel ya…

    Reply

    1. Bébé

      Ahahahahaha.. Louvre mah kudu musti harus didatengin Man.. sayang kalo ga. Pasti Andrew juga bakalan suka banget deh.. ^^

      Ortu gw ya jalan2 di luar aja.. belanja2 cari souvenir. Soalnya pas banget Louvre itu deket daerah toko2 gitu deh.. thihihi

      Hotel gw jauh man sama Eiffel.. musti ganti metro 1 kali trus jalan kaki lagi.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif

      Reply

  20. ~Amela~

    huaaa.. foto2nya cantik banget mbak.. cantiiik.. itu bookstore pernah muncul di film kan y? tapi aku lupa filmnya, before sunset kah?

    Reply

    1. Bébé

      Teng teng teng teng… betul betul… Iya, emang dari film before sunset.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_good.gif

      Reply

  21. dea

    waaa seru banget yaa …
    itu makanan nya aku mau banget mbak .. xixixix http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/scenic.gif

    Reply

    1. Bébé

      Makanan yang mana nih? abis kan ada banyak.. hihihi…

      Reply

  22. Mayya

    Percaya gak percaya, baca postinganmu ini be, aku langsung berdoa!
    Mudah2an suatu hari kami sekeluarga bisa kesana, amin!

    Spechless deh liat foto-foto super duper kerennya be! Wlopun udah sering liat artikel sana-sini tentang Paris, tetep deh, ceritamu yang paling menarik hati ^____^

    GA? Siapa takut? Hadiahnya oleh2 dari Paris yak? *ngarep*

    Reply

    1. Bébé

      Amiiiiin May.. You’ll never know kan.. siapa tau emang ada rejekinya ke Paris one day.. ^^

      Hmmm.. GAnya ditunggu yaa..

      Reply

  23. saidah

    Pokoknya kereeeeeeeennn abueeess mbak bebe huhuhuuu pengeeeeenn…aku belom baca storynya hihihi ini baru liat2 fotonya doang 😀 krn baru bw kesini lg, aku suka tampilan baru blognya mbaaaakk…fresh yaaa *ambil kacamata baca2 ceritanya lg*

    Reply

    1. Bébé

      Hihihihi.. wah lebih suka theme yang baru ya? aku masih mikir2 mau balik ke yang lama nih.. ^^

      Reply

  24. e.r.l.i.a

    akuh mau ikuuuuuut…. *nyempil dikoper bebe*
    elo kok sama kayak SN sih be, nggak suka Paris. Tetep aja sih, gue mah mau kalo diajak kesana, huahahahahahhaaha

    Reply

    1. Bébé

      Tapi Er.. ntar gw overweight dong bawaan bagasinyaaaaa *ditimpa dex*

      Hahahahahah.. bukannya ga suka Er, cuma kesan pertamanya kurang oke ajah.. ga kayak Berlin gt.. Tapi sekarang mah suka2 aja sih.. ;D *biar diajak bubu jalan2 ke sana lagi*

      Reply

  25. etty

    Ini fotonya bikin ngiri, walopun kurang ramah turis tapi kan cantik dan fotogenik banget ya kotanya.
    Ayoo cepetan dibikin sambungan postingannya *digetok kamera*

    Reply

    1. Bébé

      Hooh sih.. itu dia yang bikin betah di sana.. Kayaknya banyak tempat hunting foto yang ok banget…

      Bikin dulu yaaaaaaaaa…

      Reply

  26. Rina

    Huwaaa…akhirnya terbuka juga ni blog…internet eike sejak balik ke indo lelet lambreta lamborgini ough! Seru banget beee jalan2nya! So jealousssss hehehe…

    Reply

    1. Bébé

      Igh emang segitu lambretanya kah koneksi di sana? ngebayanginnya horor banget http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/startled.gif

      Seruuuuu… tapi capeee.. mungkin karena lagi sakit yaa.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_cry.gif

      Reply

  27. Angel

    Foto yg pertama bagus bangetttt, Be. yg Eifel malem2 😀

    Itu museum udah kaya pasar aja rapet ga bisa gerak hahaha 😀

    Reply

    1. Bébé

      Tengkyu.. itu ngambilnya malem terakhir ke Eiffel.. besokannya cuma ke disneyland abis itu bubay Paris.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_yes.gif

      Reply

  28. zipora maria

    Foto kamu berdua sama Bubu, mesra banget kayak lagi prewed aja http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wink.gif

    Reply

    1. Bébé

      Ihihihihi… kan biar rasanya kayak pasangan baru.. http://bebenyabubu.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/blush.gif

      Reply

  29. Bucket of Cherries

    Oh no, lg kangen sama Paris eh nemu postingan inih. Jadi tambah pengen baliiikk! Oiya, mau sekedar berbagi nih. Kalau mau experience macarons ter-enak ada di La Duree http://www.laduree.fr/ ada salah satu satu cabangnya yg di Paris, di Champs-Élysées. Tapi ya gitu, aduuh antri nya panjang tapi dijamin gak rugi karena venue nya cantiiikk bangeett! Pokoknya ga nyesel deh, kantongnya aja yang nyesel huehehe :p

    Reply

    1. Bébé

      Iya, kemarin bener2 ga kepikiran gitu buat nanya2 tempat macarons yang paling ok dimana.. sadarnya pas udah di hotel. Padahal lewat Champs-Élysées dua kali.. –“

      Reply

  30. Ratri

    Halo Bebe,

    Salam kenal 🙂 Mau tanya, itu gimana caranya bs dapet foto waktu malem dan terang banget?
    Pengen bs foto kayak gt, apalagi di Paris. Saya mau kesana bulan Juni, ada niatan foto prewed disitu, hehe.
    Foto prewednya pakai tripod (maklum pelajar, sambil menyelam minum air).
    Dulu foto di London malem2 gelap semua, sedih.
    Makasih ya jawabannya

    Cheers,

    Ratri

    Reply

    1. Bébé

      Heeeeeh.. maafkan kelewat komennya.. lama bangeeet :hide: :tears: :tears:
      Kalau malam dan pakai tripod harus pakai slow speed supaya terang. Tapi memang objectnya ga boleh gerak sama sekali.
      jadi kalau untuk foto berdua agak susah yaaa.. Kecuali bisa diem banget supaya ga ngeblur

      Reply

  31. The perfect travel partner | { a Memory Bliss }

    […] mereka ga keberatan untuk misah sebentar dan melakukan kegiatan sendiri-sendiri. Seperti waktu di Paris kemarin, gue + Bubu + adek gue masuk ke Louvre sementara ortu karena ga suka liat-liat museum memilih […]

    Reply

  32. Permai Sari Molyana Yusuf

    Hai bee….
    nyasar kemari niiih, liat namanya bebe dan swedia, ampuuuun ternyata satu grup tapi baru kenal bebe disini tutupmukapakeloyang
    Ini karena aku cari cari info Paris, karena emang tahun ini pas liburan ester pengen ngajakin anak anak jalan. Thanks sharingnya yaaa, as usual fotonya boooo kereeen….

    btw anyway, anaknya lucuuuu iiih… titip cium cubit gemes yaaa

    Reply

  33. The London Trip – Shopping Trip to Bicester Village | BebenyaBubu

    […] penasaran banget sama La Vallee Village yang di Paris. Nyeseeeel waktu kesana tahun 2012 lalu ga nyempetin mampir juga. Oh well, memang mungkin artinya harus ngajak paksuami lagi ke […]

    Reply

  34. neng ayu

    hi mba.. waktu itu ke Paris bulan apa? kayanya dingin2 – panas gitu yah costume nya hehe

    Reply

    1. Bébé

      Halo.. sori baru liat komennya. Masuk ke spam folder ?
      Aku waktu ke Paris bulan Sept. Jadi suhunya masih tengah2 gitu deh. Kalo malam dan berangin agak dingin, tapi kalau siang masih enak.?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *