Ribetnya ketemu dokter

Udah tiga minggu berlalu sejak gue publish post tentang anak sakit yang diajak ke open pre-school dan sejak itulah pula gue ikutan sakit sampai sekarang.  Sakitnya mah sakit bisa, sekedar flu doang. Cuma emang flunya paket lengkap sih, dari pilek, batuk, plus demannya juga kadang-kadang.

Karena gue sedang hamil jadi gue agak hati-hati dalam memilih obat yang bisa gue konsumsi. Dalam kasus ini gue memilih untuk banyakin istirahat dan minum air anget aja (kadang minum air jahe hangat) untuk bantu ngeredain batuk. Rasanya hal itu cukup membantu juga sih, karena memang setelah 1-2 minggu, flu gue agak mereda, badan juga udah kerasa enak, tinggal batuknya aja yang masih kenceng yang akhirnya gue beli obat batuk yang aman buat bumil di apotik.

Sayangnya gue ga tau kenapa, beberapa hari yang lalu tiba-tiba aja flu gue balik lagi dan seperti memulai prosesnya dari awal. Badan gue kembali demam. Pilek yang tadinya udah sembuh pun mulai meler lagi. Pas nyokap gue tau, seperti biasa beliau langsung maksain gue untuk pergi kedokter. Nah kali ini gue harus jelasin berulang kali kenapa ga segampang itu ke dokter kalo di Helsingborg (tadinya gue mau nulis Swedia, tapi takutnya beda kota beda pula kasusnya, jadi gue tulis Helsingborg aja deh).

Kenapa ribet banget kalo mau ke dokter kalau di sini? Well.. kurang lebih begini lah bedanya:

Pertama, untuk mendapat bantuan kesehatan gue hanya bisa pergi ke Vårdcentralen (bisa dibilang semacam puskesmas kali yaa) terdekat. Itu pun setelah nunggu laaaaaama, belum tentu 100% gue akan ketemu dokter juga. Sering kali proses konsultasi hanya berenti di proses pertama, yaitu ketemu susternya aja dan dialah yang memutuskan apakah gue perlu ke dokter atau ga. Hal ini sempet gue alami ketika tulang pundak gue sakit banget dan suster hanya bilang “ok, ini kamu punya semacam inflammation dan cuma bisa istirahat aja. Nanti sembuh sendiri kok“. Ngik banget  karena saat itu gue ngerasa udah kayak mau copot tangannya.

Kedua, kalau pun kita maksa mau ketemu dokter (yang biasanya akan diikuti dengan tatapan sinis dari susternya), belum tentu juga bisa langsung ketemu dokter hari itu juga. 1-2 minggu menunggu itu kayaknya udah hal yang biasa banget deh. Lagi-lagi itu pula yang gue alami waktu pundak gue sakit. Gue pergi ke kantor dokter spesialis yang dirujuk sama susternya (setelah gue maksa mau periksa ke dokter), mendaftar dan baru dipanggil 2-3 minggu setelah proses pendaftaran gue lakukan. Saat itu rasa perih di pundak gue udah beransur menghilang dan ketika pihak kliniknya nelpon, gue cuma bilang “ga perlu, udah sembuh sendiri“. Asem banget.

Ketiga, gue ga bisa langsung potong jalan juga pergi ke RS. Karena ibu-ibu hamil yang udah mengalami kontraksi aja masih bisa disuruh pulang kalo dianggep belum mau melahirkan (padahal tau sendiri lah yaaa, sakitnya kontraksi itu kayak apa), apalagi gue yang diliat cuma flu doang (biar kata batuk ngejegok kayak leher mau lepas). Jadi daripada capek-capekin hati dan kaki, mending ga usahlah sekalian.

Hal terakhir yang bikin gue males ke vårdcentralen untuk “usaha” ketemu dokter adalah… gue harus jalan kaki kesana. Dimana di Indonesia kalo badan lemes, dll ke dokter tinggal naik mobil, becak atau ojek untuk sampe ke tempat tujuan, musti jalan kaki sendiri itu rasanya MUALAAAASS luar biasa. Apalagi gue musti dorong stroller turun bukit ke kliniknya dan kembali mendaki bukit untuk sampai ke rumah tanpa ada kepastian bakal ketemu dokter juga. Haaaah.. sutralah ya bokk.

So… karena pengalaman pahit itulah gue berpikir lebih baik banyak istirahat, minum air hangat dan obat batuk aja supaya cepet sembuh flunya. Abis sakit yang lebih “parah” aja masih bisa disuruh nunggu berminggu-minggu, apalagi cuma common flu yang emang kayak mba Ria dan Arman bilang di bawah, obatnya cuma istirahat aja. Alhamdulillah sih sejauh ini kondisi gue mulai berangsur membaik walau memang prosesnya agak lebih lama. Daripada ngarepin ke dokter mulu dan jatohnya nambah sakit hati doang. Kan kan kan? Hehehe

Oh well… the down side living in Helsingborg.. hadapi ajaaaah.. *minum obat batuk*.

Advertisements

More about Bébé

An Indonesian who currently living in Helsingborg, Sweden. A wife and a mom of two cute baby girls. A gadget-freak, manga lover and k-pop listener. Has a passion for photography. Love traveling and cooking.

62 thoughts on “Ribetnya ketemu dokter

  1. justpipit

    Cepet sehat ya mbak..katanya taro bawang merah di sudut ruangan bisa meringankan flu..tapi yaa..aku mah ga tahan baunya..hehehe

    Reply

    1. Bébé

      bawang merah ya? sepertinya aku pernah baca juga soal itu. Kayaknya kalo aku coba, suami yang bakalan protes duluan deh.. :haha:

      Reply

      1. Dina

        Iya dee walopun baunya ga begitu enak ya, tapi kasi bawang merah yang udah dikupas ditiap sudut ruangan, sama air panas aku kasih minyak kayu putih, semerbak ya bau kamar jadi bau bayi hehehhe, minum yang hangat plus lemon dan jahe, semoga cepat sembuh bumil

        Reply

        1. Bébé

          Pingin coba tapi pasti dapet pelototan suami nih mba.. LOL.. jahe sama lemonnya dulu aja deh.. 😆
          Aamiin.. makasih mba..

          Reply

  2. ohdearria

    Minum madu sama lemon dan air anget Be, emang aga lama tapi membantu koq. Sama kyk disini kl cuma flu2 gitu ke dokter juga disuruh pulang aza disuruh byk minum makan buah dan istirahat. Lama aza ya Be prosedur utk ketemu dokternya. Disini si ga gitu, kita tlp ke GP trus kl lagi lucky di hari yg sama bisa dapet appointment kalo ga ya paling besokkannya ga sampai seminggu dua minggu gitu.

    Get better soon. Maybe chicken soup will help too?

    Reply

    1. Bébé

      Kalau untuk penyakit yang “lebih serius” masih bisa mba maksa supaya ketemu dokter cepet. Tapi kalau flu agak tipis harapannya.. sigh
      Ah iya.. madu sama lemon yaa.. hiks.. kayaknya harus dicoba. masalahnya aku ga suka.. huhuhu.. 🙁

      Btw.. makasih mba doa sama sarannya.. ^_^

      Reply

      1. ohdearria

        Biar ga suka kudu dipaksa Be, aku juga da suka si tapi drpd tepar lebih ribet lagi? Semangat!
        Eh aku seneng nih reply-an-nya kluar di wordpress tanpa harus ke web kamu Be??????

        Reply

        1. Bébé

          Hahaha iya mba. Apalagi mular nular ke orang rumah nih sakitnya.

          Sistem kolom komennya aku ganti skrg. Cuma smiley2nya jadi ilang. Huhuhu

          Reply

  3. pinkuonna

    Get well soon, Bebe ☺☺

    Reply

    1. Bébé

      aamiin.. makasih Inong.. 🙂

      Reply

  4. Diana

    Wah..panjang ya perjuangan buat ketemu dokternya. 🙁
    Ini selalu seperti ini ya? Apa mungkin ada RS swasta yang bisa didatangi? Sedih jadinya kalo dah sakit tapi ‘minta’ bantuan dokter pun sulit 🙁
    Oh ya, Get wel soon yah 😀

    Reply

    1. Bébé

      Untuk RS di Helsingborg cuma ada 1 semata wayang.. :D, kalo ada paling private doctor gitu tapi ya ongkosnya lumayan juga. Jadi kecuali terpaksa banget (atau emergency pas wiken), agak sayang kalo ke dokter swasta.

      Aamiin.. makasih yaaa.. ^_^

      Reply

      1. Diana

        Hehehe.. Owwww, gitu yah..
        Oke, semoga cepet sembuh dan sehat-sehat terus yah biar-ga-usa-nyari-dokter 😀

        Reply

        1. Bébé

          Aamiin.. Sama2 yaaa ??

          Reply

  5. zbethz

    Cepet sembuh Be… Wah susah ya kalau sakit di sana. Apa sistemnya dibikin susah gitu supaya orang-orang nggak abuse asuransi ya? ‘Dikit-dikit ke dokter, udah dibayarin asuransi ini…’ Eh pake asuransi kan dirimu? Kalau di sini dokter swasta nggak ada, adanya dokter yang melayani asuransi private atau asuransi public. Nah yg private itu bayar preminya mahil ?

    Reply

    1. Bébé

      Kayaknya emang dibikin susah karena sistemnya nyaris gratis yaa. Jadi ada max bayar biaya kesehatan 1000kr/tahun kalo ga salah. Dan setelah 1000kr itu gratis. Jadi kalo dikit2 ke dokter emang bakalan cepet banget lewat dari batasan max.nya itu.

      Reply

  6. herli

    Be, aku waktu hamil 2 bulan juga pernah kena flu berattttt banget. Dokter gak mau resepin obat, cm nyaranin minum air hangat+perasan air lemon+madu. And it work.. 3 hari kemudian sembuh.. Selanjutnya aku selalu stock lemon dan madu dirumah. Sampai skr usia kehamilan 8 bulan, udah gak pernah lg kena flu berat.. semoga membantu

    Reply

    1. Bébé

      Waaah.. kayaknya emang lemon sama madu yaaaah.. Udah bbrp sarannya sama.. Huhuhu.. Kayaknya harus (terpaksa) dicoba nih.. Abis aku ga sukaaa T_T

      Btw… iya kalau lagi hamil gini pasti disaraninnya banyak istirahat sama minum yang alami gitu yaa.. Jarang yang ngasih obat2an.

      Reply

  7. Arman

    kalo flu biasa emang pasti dokter gak mau ketemu karena toh gak bisa diapa2in kan be. kalo virus kan gak ada obatnya. kudu istirahat aja.
    moga2 cepet sembuh ya…

    Reply

    1. Bébé

      Nah itu dia juga Man. Makanya pas di suruh ke dokter juga gw males karena itu. Pasti emang bakal disuruh pulang lagi karena obatnya cm istirahat doang. Cuma kmrn musti debatan panjang sama ortu karena biasa kalo di Indonesia kan ke dokter trus dikasih anti biotik :sigh:

      Reply

      1. Arman

        hahaha. kan kita udah dewasa be. gak perlu semua yang ortu ngomong diturutin kan? hahaha. kita juga sama kok, tiap kali pasti nyokap nyuruh2 ke dokter. ya di iya-iya-in aja lah. hahaha. lha gimana juga kalo mau daftar dokter lewat telp kan ditanay dulu kenapa. kalo jelasin ternyata sekedar common cold ya pasti dibilang gak usah dateng. 😛

        Reply

        1. Bébé

          Hahaha.. Iya kayaknya besok2 gw iya2in aja deh kayak lo gitu. Biar ga panjang debatnya. Udahlah sakit malah makin pusing jelasinnya ke orang rumah ???

          Reply

          1. Arman

            get well soon ya be!

            Reply

            1. Bébé

              Aamiin. Thank you Man ?

              Reply

  8. cerita4musim

    Speedy recovery yoo Be !

    Disini jg susah dikasih obat sih tp urusan ketemu dokter lumayan gampang kecuali dokter spesialis. Normalnya tiap orang punya home doctor yang tau riwayat kita walaupun cuman demam, disuruh ke rumah jg mau tuh dokter asal bersedia bayar extra 🙂

    Reply

    1. Bébé

      Thank you Feb.
      Ahaaa.. Enak juga ya kalo ada gt. Jadi setidaknya kl emergency bgt ga takut duluan bakal di tolak2in karena dianggep kurang “akut” sigh

      Reply

  9. janne

    Mba bebe, di sana ada buah pear coklat & belimbing ga? Kl ada, bole coba jus 2 buah itu trs kasi garem dikit. Di Singapur tu diyakinin bisa ngebantu kl batuk. Aku pun pas hamil cobain dan mayan sukses apalagi pear coklat kan emang ademin bgt ya.
    Cepet sembuh ya!

    Reply

    1. Bébé

      Hmmm harus liat dulu deh ke supermarket. Tp yg pasti belimbing susah banget dapetnya. Hehehe..

      Aamiin. Makasih yaaa??

      Reply

  10. Ridha

    Di gtb bisa kok langsung ketemu dokter klo ke vårdcentralen. Bayar 100kr emang. Tapi ya modelnya ky dokter di Indonesia. Datang, daftar, di tanya keluhannya apa terus ya sudah langsung nunggu disitu. Kok di Helsingborg ribet gitu ya? Keburu sembuh duluan klo nunggu 1-3minggu ikutansebel

    Reply

    1. Bébé

      Di Malmö dulu juga agak lebih gampang Dha. Aku ga pernah sih ke dokter kalo flu, tp untuk keluhan lain sempet ke vårdcentralen dan dikasih ketemu dokter langsung. Ga tau nih di Hbg kenapa lebih ribet. Pdhl penduduknya lbh dikit drpd Malmö ?

      Reply

  11. Qonita

    Semoga cepet sembuh be ?
    Mgkn krn dsana dokter gratis jd klo common cold ga usahlah ke dokter hihi
    Tp sakit g sakit tetep bayar tax..jd klo g ke dokter rugi jg sih yaa #eh plakk

    Reply

    1. Bébé

      Thank you..
      Hahaha.. Kl flu emg kyknya bakal dipulangin sih. Kecuali kasih gejalanya agak lebay dikit ?

      Reply

  12. sdrsashaa

    get well soon mbak Be 🙂

    Reply

  13. tiwie

    Speedy recovery bumil,,, aduuh itu rasanya nyesek bgd dah. Dokter langganan aku gitu. Dia malah suggest istirahat, banyak minum air putih, makan buah dan swmua hal yg natural. Intinya sih, bangun imunitas tubuh lebih baik. Yatapi kan mbok ya di cek dlu gituh (maunya akuuh :'( ) mana tau sakitnya beda biar kata di telpon dijelasin gejala2nya g jauh2 dr flu juga -menurut die-
    Cpt sembuh ya mommy Jo. Sehat2 semuanya,, go away all the virus ??

    Reply

    1. Bébé

      Makasih Wie..
      iya emang pasti disini juga disaraninnya banyak istirahat aja. Apalagi kalo bumil ga bisa dikasih banyak obat juga.. Huhu

      Reply

  14. Joeyz14

    Kenapa di Indonesia gampang? Karena komersil kali ya…dikit2 antibiotik pdhal kalau virus ngapain antibiotik. Btw aku juga baru sembuh tipes dan dbd be….huhu sehat2 kamu ya bumil. Mamah2 kalau sakit rasanya kek mau kiamat dunia….

    Reply

    1. Bébé

      Huhuu.. iya.. senangnya udah sembuh ya Jo.
      Nah ituu.. ortuku tuh salah satu yang mikirnya kalo sakit (walau cuma ga enak badan aja), pasti tiba2 minumnya antibiotik sigh udah dibilangin juga ga bisa. kebiasaannya gitu soalnya, tambah sugesti pula. Jadilaaaah..

      Aamiiin.. makasih ya Jo..

      Reply

  15. Siwi

    Coba essensial oil aja yg skrg juga lg happening, Bebe.. Banyak yg cucok kok, plus aman buat anak2 dan ibu hamil. Yg penting istirahat dan banyak makan enak, biar virus2nya pergi jauh, Get well soon yaa 😀 😀

    Reply

    1. Bébé

      Aamiiin.. makasiiih. Kalau essensial oil harus cari dulu nih.. hahaha..

      Reply

  16. Melissa

    wah, kalo disini pasti udah di diagnosa radang tenggorokan dan langsung di jejelin antibiotik sama si dokter :p
    kmrn ini jg aku batuk pilek be, sampe 2 minggu blm sembuh. Tapi ya aku antepin aja, sama di boost pake madu + lemon tiap hari 2x. Lumayan meringankan walopun gak langsung menyembuhkan. Semangat be!!

    Reply

    1. Bébé

      Waaaah.. semoga udah sembuh skrg ya Mel batuk pileknya.
      Ahahaha.. soal antibiotik tuh.. harus pinter2 cari dokter yang ga asal main kasih antibiotik yaa. tapi pasiennya juga kadang malah minta sih, karena kebiasaan.. ckckck

      Reply

  17. zilko

    Get well soon ya Be.

    Ribet banget ya buat ke dokter aja memang…

    Reply

    1. Bébé

      thank you Ko. Makanyaaa.. emang lebih enak sehat yaa daripada harus ribet2 ke dokter.. Huhuhu

      Reply

  18. Helena

    Be, baru ini komen ke blog mu, karena malas bgt dr blogspot ribet dan kadang kaga masuk . Aku baru py niat mau nulis ttg pengalaman aku ke rs mora. Sangkin uda langganannya aku kesana hahahahaha. Sec keseluruhan hampir mirip lah be… Ujung ujungnya badan aku sendiri yang sembuhkan. Tar aku nulis deh ttg rs mora sebagai perbandingan. Aku punya sedikit trik. Hihihi

    Reply

    1. Bébé

      huaaa.. hayok mba di share. Aku mau liat tips2nya.. Hihihi..
      Ini kayaknya tiap kommun tuh beda2 ya standarnya. Jadi susah nyamain satu sama lain.

      Reply

  19. Tri

    Hi be, di canada jg sama. Kayaknya kalo universal healthcare memang begitu prakteknya ya. Di sini ada 811 line untuk info kesehatan. Jadi kalo mau tanya2 dan bs hubungin ke nomer itu. Get well soon be

    Reply

    1. Bébé

      Aamiin.. makasih.
      Di sini juga ada hotline kesehatan gitu. Bisa buat sekalian booking waktu dokter juga (kalau bisa maksanya.. LOL). Tapi emang seringnya buat konsultasi ringan aja sih, soalnya yang jawab suster. bukan dokter jaga juga.

      Reply

  20. akhmad muhaimin azzet

    Bnener, Mbak, banyakin minum air putih hangat, saya merasakan manfaatnya bagus buat kesehatan. Bila berkenan, plus minum habatusauda.

    Reply

    1. Bébé

      Iya air hangat bantu banget. apalagi kalo dikasih lemon gt ya katanya. Habatusauda itu apa ya?

      Reply

  21. fitri3boys

    wah lama ya flunya,,,,moga lekas sehat lagi ya

    Reply

    1. Bébé

      aamiin.. makasih mba. Iya nih lama banget. kayaknya gara2 aku bandel juga sih sempet minum yang dingin2 padahal belum sembuh.. hehehe

      Reply

  22. nh18

    ketemu susternya aja dan dialah yang memutuskan apakah gue perlu ke dokter atau ga

    Wah … ternyata suster disana punya otoritas untuk itu ya …
    sepengetahuan saya … suster/perawat di sini hanya membantu dokter … dan tidak boleh melakukan inisiatif apa-apa sebelum dikonsulkan dengan dokter …
    and yes … mereka biasanya bentar-bentar telp dokter … bentar-bentar telp dokter … hehehe

    Cepet Sembuh Be

    salam saya

    Reply

    1. Bébé

      Hihihi.. otoritas suster di sini lumayan gede Om. Tapi yang pasti mereka ga bisa ngasih resep obat. Paling cuma nyaranin obat yang ada di pasaran aja (itu pun biasanya cek ulang ke database kesehatan dulu). Yang dikasih ke dokter biasanya yang emang harus diperiksa detail atau kira2 butuh resep obat khusus.

      aamiin.. makasih Om.

      Reply

  23. Dina

    Minum madu aja rutin setiap hari Be..
    Aku juga kemarin awal hamil sempet sakit gtu, trus minumin madu tiap hr, ga sakit2 lagi deh ampe skrg..
    Btw Gws ya..?

    Reply

  24. andyhardiyanti

    Flu paket lengkap itu gak enak banget 🙁 dan serba salah minum obatnya buat bumil 🙁
    Lekas sehat ya be :*

    Reply

  25. niee

    Kalau untuk beli obat ribet gak mbak?

    Reply

    1. Bébé

      Untuk obat sih ga ribet Niee.. Asal bukan obat yang pakai resep ya.

      Reply

      1. niee

        ohh syukur lah mbak ya. Soalnya aku bisa stress kalau sakit gak minum obat. hahahaa

        Reply

        1. Bébé

          Hahaha.. Aku malah kmrn cuma minum obat batuk aja Niee. Abis hamil takut juga kebanyakan minum obat.

          Reply

  26. pipit

    kesannya di sana dokternya kurang banget, jadi dibatasi gitu ketemuannya 😛

    Reply

    1. Bébé

      Ga tau deh kalau kurang apa ga. tapi emang kalo ga parah2 banget ga dikasih deh ketemu dokter 🙁

      Reply

Why not leave a comment. It's free of charge :P